Perwakilan BPKP Provinsi Lampung

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Lampung

Review Mission STAR di Provinsi Lampung
02 Desember 2016 15:01:23 / lampung / dibaca: 437 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Ibu Sally Salamah, Ak, M.Prof.Acc., CA., pada tanggal 23 dan 25 November 2016 mendampingi Tim Review Mission program STAR untuk bertemu dengan Pengelola Program STAR di Universitas Lampung, mahasiswa beasiswa STAR, jajaran Pemerintah Kota Bandar Lampung dan Pemerintah Provinsi Lampung. Tim Review Mission STAR terdiri dari perwakilan Asian Development Bank (ADB) yaitu Ibu Deeny Simanjuntak, Kasubdit LPB Hankam II BPKP selaku Ketua Sekretariat STAR Bpk. Sasono Adi, Perwakilan dari Bappenas, dan jajaran pengelola STAR di BPKP Pusat dan Perwakilan BPKP Provinsi Lampung.

Pada kesempatan pertama review mission dilaksanakan di Kampus Universitas Lampung, dihadiri oleh Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Mahrinasari, S.E., M.Sc, pengelola STAR di program S1 dan S2, mahasiswa beasiswa STAR yang terdiri dari tiga angkatan S2 dan dua angkatan S1. Berbagai hal didiskusikan pada kesempatan ini terkait dengan program STAR. Selain itu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung berkenaan menjadikan Perwakilan BPKP Provinsi Lampung sebagai obyek penelitian bagi mahasiswa yang tengah menyusun skripsi maupun tesis. Pada kesempatan sebelumnya Perwakilan BPKP Provinsi Lampung sudah memberikan bimbingan terkait penyusunan skripsi bagi mahasiswa STAR di kantor perwakilan. Pemberian bimbingan dan menjadikan kantor Perwakilan BPKP Provinsi Lampung sebagai obyek penelitian diharapkan dapat mempercepat proses study rekan-rekan mahasiswa sekaligus memberikan masukan untuk kepada kantor perwakilan dalam rangka peningkatan kinerja maupun perbaikan proses bisnis.

Kegiatan review mission berikutnya adalah bertemu dengan Sekretaris Daerah Kota Bandar Lampung Bpk. Badri Tamam. Pada kesempatan ini beliau didampingi oleh Kepala DPPKAD, Kepala BKD, dan Inspektur. Pemerintah daerah sebagai user dari para peserta kegiatan STAR memberikan masukan dan harapannya kepada tim. Selain pendidikan gelar, Pemkot Bandar Lampung mengharapkan masih dapat diberi kesempatan untuk mengikutkan SDM-nya pada diklat-diklat teknis  yang diselenggarakan BPKP termasuk diklat yang dilaksanakan dari dana STAR. Dari sisi pengelola STAR disampaikan harapan kepada sekretaris daerah dan seluruh jajaranya untuk dapat memastikan penempatan kembali para lulusan beasiswa program gelar STAR sesuai dengan bidang ilmu yang didapat, dalam hal ini ditempatkan sebagai auditor di APIP atau pengelola keuangan di masing-masing SKPD.

Missionterakhir di Provinsi Lampung adalah diskusi dengan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Bpk. Sutono. Sekretaris daerah didampingi oleh para pimpinan SKPD pemerintah provinsi yang menangani pengelolaan keuangan, pengawasan, dan sumber daya manusia yang berkaitan derat dengan Program STAR. Dalam pertemuan tersebut sekretaris daerah menyatakan bahwa program STAR sangat sejalan dengan program pemerintah Provinsi Lampung yaitu mebuat standar kompetensi dan mensertifikasi SDM untuk masing-masing kompetensi. Program STAR berkontribusi dari sisi kompetensi auditor selaku pengawas intern pemerintah dan kompetensi pengelola keuangan. Pada kesempatan ini Sekda Provinsi Lampung juga mengucapkan terima kasih atas adanya program STAR yang salah satunya memberikan program beasiswa, beliau mempunyai pengalaman empiris terkait sulitnya kesempatan untuk mendapatkan program seperti ini di masa awal beliau menjadi PNS.



Share      

Berita Terkait:

17 Oktober 2016 13:57:06 / lampung / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
APIP Diharapkan Menjadi Fasilitator Penyelenggaraan Manajemen Risiko
19 September 2016 16:02:40 / lampung / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Menyelenggarakan Diklat Pembentukan Auditor Pertama dengan pola PNBP
24 Mei 2016 13:04:37 / lampung / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Kuliah Umum Dr Binsar H Simanjuntak Ak., MBA., CMA., CFrA. bagi Mahasiswa Beasiswa STAR UNILA
28 April 2016 16:25:49 / lampung / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Siskeudes, Kunci Sukses Pengelolaan Keuangan Desa
03 Nopember 2015 16:32:17 / lampung / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
APIP sebagai Early Warning System