Perwakilan BPKP Provinsi Lampung

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Lampung

Wagub Lampung Buka Rapat Pemutakhiran Tindak Lanjut Pemeriksaan
03 Oktober 2014 08:43:39 / lampung / dibaca: 3775 kali / Kat: Evaluasi

“Satu-satunya Inspektorat yang fungsional (Auditor) di Lampung adalah saya, waktu saya Inspektur di Kabupaten Lampung Utara” ungkap Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri saat membuka rapat Pemutakhiran Data dan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Tahun 2014, di aula Inspektorat Provinsi Lampung, Rabu (17/9). “Seorang Inspektur seharusnya seorang auditor” jelas Bachtiar.

Bachtiar Basri juga mengungkapkan sudah lama melakukan kerja sama dengan BPKP, sejak sebagai Inspektur Pembantu, Inspektur, Sekretaris Daerah, Pejabat Bupati, Bupati dan sekarang Wakil Gubernur Lampung sehingga mengetahui kualitas BPKP. “BPKP jagonya (ahlinya) pengawasan, jangan diragukan kemampuannya dalam bidang pengawasan” jelas mantan Pejabat Bupati dan Bupati Tulang Bawang Barat tersebut dihadapan Inspektur Provinsi/Kabupaten/Kota di wilayah Lampung, Kepala SKPD Pemerintah Provinsi, dan Asisten III Sekda Provinsi Lampung.

Terkait pemutahiran data dan tindak lanjut, menurut mantan Sekretaris Daerah Lampung Utara tersebut dikarenakan ada temuan pemeriksaan baik pemeriksaan dari Internal maupun eksternal auditor yang belum ditindaklanjuti, jika sudah ditindaklanjuti sudah tidak perlu pemutakhiran data. “Tindak lanjuti semua temuan yang ada di Instansi saudara” instruksi Bachtiar Basri.

Menurut Bachtiar tanggung jawab tindak lanjut temuan hasil pemeriksaan ada pada masing-masing pimpinan satker dan seharusnya setiap temuan pemeriksaan harus segera ditindaklanjuti, kalau tidak mau menindaklanjuti menunjukan ketidakpatuhan pada pimpinan dan aturan.

Menyinggung peranan Inspektorat, menurut Bachtiar Basri pengawasaan Inspektorat mestinya menjamin bahwa pelaksanaan telah sesuai dengan perencanaan, sedangkan pengendalian diperlukan untuk memastikan perencanaan telah dilaksanakan. “Seharusnya hasil kerja SKPD sebelum naik (dilaporkan) ke Bupati harus diperiksa oleh Inspektorat.” terang Bachtiar. Oleh sebab itu menurut Bachtiar perlu ada upaya-upaya peningkatan kualitas SDM Inspektorat di daerah.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Iman Achmad Nugraha juga mengajak Inspektorat Provinsi/Kabupaten/Kota untuk membentuk Asosiasi Auditor Intern Pemerintah (AAIPI) sebagai wadah untuk saling bertukar pikiran dan wawasan, serta berdiskusi sehingga akan meningkatkan pengetahuan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).  “Nantinya  AAIPI akan ditetapkan dengan Keputusan Gubernur Lampung” jelas Iman Achmad Nugraha dengan didampingi kepala Bidang APD, Agus Wibowo.

Berkenaan dengan kualitas SDM, menurut Iman Achmad Nugraha BPKP melalui program STAR Project telah memberikan beasiswa S2 Akuntansi di Universitas Lampung kepada 27 orang dan rencananya juga akan segera ada program beasiswa untuk S1. Beasiswa tersebut diberikan kepada pengawai pengelola keuangan dan Inspektorat di wilayah Provinsi Lampung.

Dalam rapat tersebut disimpulkan bahwa tindak lanjut hasil pengawasan diperlukan sebagai upaya perbaikan manajemen pemerintahan, sehinga permasalahan yang sama tidak terulang lagi di masa yang akan datang. Inspektur Provinsi/Kabupaten/Kota harus harus berperan dalam pengawasan dan pengendalian di Pemerintah Daerah masing-masing.

   

(Humas Lampung/P)



Share      

Berita Terkait:

30 April 2018 16:09:08 / lampung / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
Hasil Review BPKP: Jalan Tol Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang Sudah 50% Per Triwulan I 2018
12 Nopember 2012 15:27:57 / lampung / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
BPKP Lampung Jawab DPR


Profil BPKP Lampung
Kata Pengantar
Visi, Misi dan Nilai
Struktur Organisasi
Dukungan SDM
Rencana Strategis
Stakeholder / Mitra Kerja
Tugas, Wewenang dan Fungsi
Video Profil
Daftar Informasi Publik
Informasi Serta Merta
Informasi Setiap Saat
Permohonan Informasi Publik
Informasi Berkala
Perencanaan dan Kinerja
Perjanjian Kinerja
Produk dan Layanan
Peningkatan Governance System
Pengamanan Aset
Peningkatan Ruang Fiskal
Pengawalan Pembangunan Nasional

Penerimaan CPNS BPKP Tahun 2018 (Resmi)

Pengumuman Hasil Ujian Sertifikasi Auditor

hasil ujian jfa Lampung

HUBUNGI KAMI:

 

PERWAKILAN BPKP PROVINSI LAMPUNG

Jalan. Basuki Rahmat  No.33

Teluk Betung Selatan, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Telp.  (0721) 483129

Fax . (0721) 481550

Kode Pos: 35215

Email : lampung@bpkp.go.id