Perwakilan BPKP Provinsi Lampung

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Lampung

Penyerahan LAPGUB kepada Gubernur Lampung
21 Pebruari 2014 09:59:07 / lampung / dibaca: 12167 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

“Terima kasih kepada BPKP yang telah turut mengawasi dan membimbing Pemerintah Provinsi Lampung menuju yang lebih baik, jangan sampai kesalahan yang sama berulang” hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Lampung, MS Joko Umar Said ketika menerima Laporan Hasil Pengawasan atas Kualitas Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Negara/Daerah pada Provinsi Lampung tahun 2013 dari Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Iman Achmad Nugraha di ruang rapat Kantor Wakil Gubernur Lampung, Kamis 20/02/2014.

Lebih lanjut Joko Umar Said menginstruksikan kepada seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Lampung melalui Inspektur Provinsi, Harun Al Rasyid agar permasalahan yang dihadapai terkait dengan pengelolaan keuangan negara/daerah dikonsultasikan kepada BPKP Lampung. “Setapak demi setapak Pemerintah Provinsi Lampung menuju yang lebih baik dari sebelumnya” tegas Joko Umar Said.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Iman Achmad Nugraha dalam kesempatan itu juga menguraikan secara singkat kepada Wakil Gubernur Lampung tentang perspektif akuntabilitas 4.0 yang meliputi pelaporan keuangan, kebendaharaan umum negara/daerah dan pengelolaan aset, perwujudan iklim kepemerintahan yang baik dan bersih, serta pengelolaan program lintas sektor. Keempat akuntabilitas tersebut telah sesuai dengan strategi pengawasan BPKP selama ini yang meliputi preemptif, preventif, dan represif.

“Namun dalam implementasinya tetap lebih mengedepankan aspek preemptif dan preventif tanpa mengabaikan aspek represif” tegas Iman Achmad Nugraha. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengawasan preventif terkait perwujudan iklim pemerintahan yang baik, telah berhasil diperoleh koreksi positif (menguntungkan keuangan daerah) kurang lebih sebesar Rp1,5 milyar, dan koreksi positif kurang lebih sebesar Rp3,6 milyar terkait penerimaan Negara.

Sehari sebelumnya, Rabu (19/2/2014) secara detail isi laporan dan saran perbaikan telah dibahas dan disampaikan kepada Inspektorat Provinsi Lampung. “Secara rinci isi laporan akuntabilitas dan saran perbaikan telah kami bahas sebelumnya dengan Inspektorat Provinsi” terang Iman Achmad Nugraha. “Pembahasan tersebut sangat penting sehingga antara BPKP dan Inspektorat Provinsi Lampung sudah satu bahasa dalam upaya peningkatan kualitas akuntabilitas di wilayah Provinsi Lampung dan dalam upaya menindaklanjuti saran perbaikan” urai Iman Achmad Nugrahadi dampingi Kabid APD, Agus Wibowo, Kabid AN, Mujono, dan Kabid Investigasi, Y. Joko Sapta.

Laporan Hasil Pengawasan yang disampaikan oleh Perwakilan BPKP Provinsi Lampung merupakan bentuk informasi dari Instansi Vertikal di daerah kepada Gubernur sebagai wakil pemerintah di wilayah provinsi sesuai PP 19 tahun 2010 sebagaimana telah diubah dengan PP 23 tahun 2011. Sehingga keberadaan Perwakilan BPKP di wilayah provinsi akan terasa manfaatnya bagi Gubernur.

(Humas Lampung/P)



Share      

Berita Terkait:

05 Mei 2017 18:17:09 / lampung / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP Jadi Andalan untuk Wujudkan Good Governance
14 Pebruari 2017 10:30:53 / lampung / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Wagub Lampung Harapkan Pengawalan dari BPKP
19 Desember 2016 15:32:58 / lampung / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Siskeudes Terbukti Meningkatkan Kinerja Pemerintah Desa
08 September 2016 08:53:30 / lampung / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP Siap Kawal APIP di Wilayah Provinsi Lampung
03 Oktober 2014 10:30:53 / lampung / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Bupati Pringsewu Kunjungi Perwakilan BPKP Provinsi Lampung