Hasil Pelaksanaan Program dan Kegiatan BPKP

Ringkasan Kinerja BPKP 2015

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) telah menyusun Rencana Strategis (Renstra) Tahun 2015-2019 yang memuat visi, misi, tujuan, sasaran, dan kegiatan, dilengkapi dengan indikator kinerja dan target yang akan dicapai, serta rencana pendanaan dalam tahun 2015-2019, yang selanjutnya menjadi acuan dalam penyusunan Kebijakan Pengawasan (Jakwas) dan Perjanjian Kinerja (Perkin) setiap tahun.

Visi BPKP adalah menjadi Auditor Internal Pemerintah RI Berkelas Dunia untuk Meningkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Nasional. Sebagai Auditor Internal Pemerintah RI, BPKP berperan membantu pemerintah dalam meningkatkan akuntabilitas keuangan negara, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, serta membantu upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi sebagaimana diamanatkan dalam RPJMN 2015-2019.

Untuk mewujudkan visinya, BPKP memiliki tiga misi, yaitu
(1) Menyelenggarakan Pengawasan Intern terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Nasional guna Mendukung Tata Kelola Pemerintahan dan Korporasi yang Bersih dan Efektif; (2) Membina Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah yang Efektif; serta (3) Mengembangkan Kapabilitas Pengawasan Intern Pemerintah yang Profesional dan Kompeten.

Dalam mencapai visi dan misi tersebut, BPKP menetapkan tiga tujuan strategis yang akan dicapai dalam tahun 2015-2019, yaitu: (1) Peningkatan Kualitas Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Nasional yang Bersih dan Efektif; (2) Peningkatan Efektivitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah; dan (3) Peningkatan Kapabilitas Pengawasan Intern Pemerintah yang Profesional dan Kompeten.

Uraian capaian kinerja tiga sasaran strategis tersebut di atas, adalah sebagai berikut.

1.    Meningkatnya Kualitas Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Nasional

Capaian sasaran strategis tahun 2015 ditunjukkan oleh capaian satu indikator kinerja, yaitu Indeks Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Program Prioritas. Pada tahun 2015, realisasi indikator kinerja ini adalah skala 1, atau mencapai 100% dari target.

2.    Meningkatnya Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

Capaian sasaran strategis tahun 2015 ditunjukkan oleh capaian empat indikator sasaran strategis, dengan ringkasan sebagai berikut:

  • Indikator Maturitas SPIP K/L(Level 3) pada tahun 2015 terealisasi 2,41%, atau mencapai 60,25% dari target sebesar 4%;
  • Indikator Maturitas SPIP Pemerintah Provinsi (Level 3) pada tahun 2015 belum terealisasi dari target sebesar 5%;
  • Indikator Maturitas SPIP Pemerintah Kabupaten/Kota (Level 3) pada tahun 2015 terealisasi sebesar 0,79%, atau mencapai 15,75% dari target sebesar 5%;
  • Indikator Efektivitas SPI Korporasi pada tahun 2015 belum ditargetkan sehingga  belum dilakukan pengukuran kinerja.

3.    Meningkatnya Kapabilitas Pengawasan Intern Pemerintah pada Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah

Capaian sasaran strategis tahun 2015 ditunjukkan oleh capaian tiga indikator sasaran strategis, dengan ringkasan sebagai berikut:

  • Indikator Kapabilitas APIP K/L (Level 3) pada tahun 2015 terealisasi 2,41%, atau mencapai 48,20% dari target sebesar 5%;
  • Indikator Kapabilitas APIP Pemerintah Provinsi (Level 3) pada tahun 2015 belum terealisasi dari target sebesar 6%;
  • Indikator Kapabilitas APIP Pemerintah Kabupaten/Kota (Level 3) belum realisasi dari target sebesar 2%.

Kinerja yang telah mencapai target secara umum didukung oleh BPKP secara proaktif menjalin kerjasama dengan K/L dalam meningkatkan akuntabilitas keuangan negara serta kemampuan instansi pemerintah baik pusat maupun daerah yang meningkat dalam pengelolaan akuntabilitas keuangan. Kinerja terkait peningkatan maturitas SPIP dan kapabilitas APIP yang belum mencapai target disebabkan pedoman yang masih dalam tahap pengembangan pada tahun 2015.

Uraian selengkapnya dapat dilihat di Laporan Kinerja BPKP 2015


Share   
Loading the Player...
Video Lainnya