Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau

Sambutan Kaper

Assalamu'alaikum Wr. Wb,
Salam Sejahtera bagi kita semua.

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, karena atas berkat ramat dan hidayah serta ijin-Nya pada September 2011 telah terbentuk Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau dilanjutkan dengan hadirnya situs ini pada Februari 2012 di hadapan kita semua. Semoga kehadiran Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau dapat mendorong dan meningkatkan kualitas akuntabilitas pemerintahan dalam pengelolaan keuangan Negara bagi para stakeholders dan bersama situsnya  menjadi media untuk mengenal lebih jauh tentang Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau.

Tuntutan transparansi dalam penerapan good governance, mendorong Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau untuk menyajikan informasi yang berguna bagi stakeholders. Dalam situs ini, kami sajikan informasi, antara lain mengenai tugas pokok, produk dan layanan, kegiatan utama dan kegiatan pendukung, serta informasi singkat tentang kinerja yang telah dicapai.

Melalui visi “ Menjadi Auditor Intern Pemerintah yang Responsif, Interaktif dan Terpercaya untuk mewujudkan Akuntabilitas Keuangan Negara yang Berkualitas”, kami senantiasa berupaya untuk memaknai peran dan kehadiran BPKP di Propinsi Kepulauan Riau sebagai mitra bagi para stakeholders dalam meraih visi masing-masing. Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), BPKP mendukung peningkatan akuntabilitas pemerintahan dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan negara melalui fungsi :

  • Pengawasan intern terhadap akuntabilitas keuangan negara atas kegiatan tertentu, yaitu kegiatan yang bersifat lintas sektoral, kegiatan kebendaharaan umum negara berdasarkan penetapan Menteri Keuangan, dan kegiatan lain berdasarkan penugasan Presiden;
  • Reviu atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat sebelum disampaikan Menteri Keuangan kepada Presiden;
  • Pembinaan penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.

Selanjutnya sesuai Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2011 tentang Percepatan Peningkatan Akuntabilitas Keuangan Negara, peran BPKP semakin nyata dengan melaksanakan tugas :

  • Asistensi kepada kementerian/lembaga/pemerintah daerah untuk meningkatkan pemahaman bagi pejabat pemerintah pusat/daerah dalam pengelolaan   keuangan negara/daerah, meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan meningkatkan kualitas laporan keuangan dan tata kelola;
  • Evaluasi terhadap penyerapan anggaran kementerian/lembaga/pemerintah daerah, dan memberikan rekomendasi langkah-langkah strategis percepatan penyerapan anggaran; dan
  • Audit tujuan tertentu terhadap program-program strategis nasional yang mendapat perhatian publik dan menjadi isu terkini.

Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau siap bekerjasama dalam percepatan peningkatan kualitas akuntabilitas pengelolaan keuangan negara. Semoga situs ini dapat memberikan manfaat, khususnya dalam membangun good governance di seluruh wilayah Provinsi Kepulauan Riau. Amin.



Wassalamuala'ikum Wr. Wb.

Batam, 27 Agustus 2015
Kepala Perwakilan

Panijo


Share   

PUBLIKASI / LAYANAN PUBLIK

Berisi informasi dan pengumuman serta informasi layanan publik lainnya.


GALERI FOTO


PELANTIKAN KEPALA PERWAKILAN