SIMDA Integrated sebagai Solusi Akuntabilitas Pemerintah Kabupaten Lingga

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lingga H. Juramadi Esram, Kepala Baperlitbang Lingga M. Asward, Inspektur Lingga Said Sudrajat beserta beberapa pejabat struktural dari Baperlitbang. Adapun maksud kedatangan rombongan dari Kabupaten Lingga adalah terkait dengan keinginan Kabupaten Lingga untuk menggunakan SIMDA Integrated.  Kedatangan rombongan disambut langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau Indra Khaira Jaya dan Koordinator Pengawasan Bidang P3A Saut Parulian Pasaribu serta PFA bidang APD.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau Indra Khaira Jaya mengapresiasi keinginan dari rekan-rekan Kabupaten Lingga untuk mencoba mengimplementasikan SIMDA Integrated. Selanjutnya Indra menjelaskan bahwa BPKP memiliki misi untuk membantu Pemerintah Daerah di mana BPKP memiliki sebuah Aplikasi yang dapat memberikan bagi Pemerintah Daerah dan tentunya akan menjadikan pengelolaan keuangan dan kinerja daerah lebih akuntabel, aplikasi tersebut adalah SIMDA Integrated. “Aplikasi ini nantinya akan terintegrasi mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaporan sampai dengan akuntabilitas kinerja pemerintah daerah”, ujar Indra.

Selanjutnya dipaparkan mengenai gambaran singkat SIMDA Integrated oleh Tim Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau. Dijelaskan bagaimana SIMDA Integrated merupakan suatu aplikasi yang sangat komprehensif dan bisa membantu Pemerintah Daerah dalam menyelesaikan permasalahan integrasi antara perencanaan dan penganggaran serta pelaporan kinerja yang lazim terjadi selama ini. Di dalam SIMDA Integrated  melingkupi ASB dan SSH, RPJMD dan Renstra, RKPD dan Renja, Penganggaran dan SAKIP. Setelah paparan disampaikan, Indra menambahkan bahwa yang penting dalam pengimplementasian SIMDA Integrated ini adalah komitmen yang kuat bersama antara Kabupaten Lingga dan Perwakilan BPKP Kepulauan Riau.

Setelah pemaparan disampaikan, beberapa tanggapan disampaikan oleh rombongan Kabupaten Lingga. Rombongan Kabupaten Lingga menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya dan berharap agar kerjasama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau dapat berjalan dengan lancar.

(Humas BPKP Kepri)