Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau

Upacara HUT BPKP ke-36 sebagai momentum pengembangan kompetensi SDM BPKP dan APIP
31 Mei 2019 09:20:51 / kepri / dibaca: 702 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Batam (31/05) - Upacara Peringatan HUT BPKP telah dilaksanakan di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau dan turut mengikuti upacara peringatan pada hari ini yaitu Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau Indra Khaira Jaya beserta para pegawai, Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun beserta para pejabat struktural di wilayah Kepulauan Riau.

Peringatan Ulang Tahun BPKP pada hari ini, merupakan momentum yang strategis, dilihat dari tiga hal. Pertama, momentum untuk melakukan refleksi 36 tahun perjalanan BPKP. Kedua, momentum penghujung RPJMN 2015-2019. Ketiga, titik untuk melakukan transformasi pengembangan kompetensi SDM BPKP dan APIP secara berkelanjutan.

Sejak terbentuk di tahun 1983 hingga saat ini, BPKP menghadapi tantangan, lingkungan strategis, dan kebutuhan stakeholders yang dinamis. Setidaknya kita dapat membagi perjalanan BPKP dalam tiga fase, yaitu fase assurance, fase strategic business partner dan fase trusted advisor.  

Setelah melalui 3 fase tersebut, Kepercayaan dan ekspektasi tinggi para stakeholders terhadap BPKP membawa konsekuensi pada tuntutan terhadap integritas, inovasi, dan profesionalisme yang lebih tinggi. BPKP dituntut untuk mampu meningkatkan kualitas dan kecepatan hasil pengawasan. Informasi pengawasan yang dihasilkan harus dipastikan relevan, tepat waktu dan tepat kualitas, serta utuh, sehingga betul-betul dapat diandalkan oleh pengambil keputusan. 

Sebagaimana diamanatkan oleh Presiden, mulai tahun 2019 pemerintah akan fokus pada pembangunan kualitas sumber daya manusia untuk meningkatkan daya saing bangsa.  Peningkatan kualitas SDM juga menjadi agenda penting bagi BPKP. Dalam dinamika lingkungan yang semakin volatile, uncertain, kompleks, dan ambigu, BPKP dituntut untuk mampu mengkapitalisasi keunggulan kompetitif yang dimilikinya, berupa SDM pengawasan berpengalaman yang tersebar di 34 Provinsi.

Keunggulan kompetitif tersebut harus terus ditingkatkan melalui pembelajaran berkelanjutan. Oleh karena itu, usia 36 tahun merupakan momentum yang tepat bagi BPKP untuk mentransformasi pengembangan kompetensi SDM pengawasannya, termasuk SDM APIP, melalui pembentukan Government Internal Audit Corporate University atau disingkat GIA Corpu. GIA Corpu yang Insya Allah akan kita launching pada hari ini mengemban misi besar sebagai School of Public Sector Governance yang diharapkan dapat menghasilkan SDM yang mampu melaksanakan prinsip dan budaya berakuntabilitas.

Telah cukup bukti bahwa aset pengetahuan  yang dimiliki BPKP memperoleh apresiasi dunia internasional. Sebagai contoh, Bank Dunia memberikan apresiasi yang tinggi kepada BPKP dalam mendukung Local Government and Decentralisation Project, yang kemudian  dijadikan sebagai best practice skema pembiayaan di negaranegara berkembang. Selain itu,  keberhasilan Indonesia mengadopsi IACM dalam pengembangan Kapabilitas APIP menjadi best practice yang dipelajari oleh negara lain.

Menutup upacara pada hari ini, Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun turut mengapresiasi kinerja Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau yang telah mengawal pembangunan dan membina SPIP beserta APIP di wilayah Kepulauan Riau.

(Humas BPKP Kepri)



Share      

Berita Terkait:

21 Agustus 2019 11:43:52 / kepri / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Peringatan HUT RI ke-74
21 Agustus 2019 11:03:24 / kepri / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Memperingati Idul Adha 1440 H
21 Agustus 2019 10:53:24 / kepri / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Setetes Darah Berguna Bagi Sesama
30 Juli 2019 08:40:20 / kepri / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Pelantikan Auditor Madya dan Koorwas P3A BPKP Kepri
10 Juli 2019 17:03:04 / kepri / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Bentuk Tali Asih Kepada Tenaga Harian Lepas


TENTANG KAMI
Kata Pengantar
Tugas dan Fungsi
Struktur Organisasi
Visi dan Misi
Komposisi SDM
Wilayah Kerja
INFORMASI PUBLIK
Permohonan Informasi
Informasi Berkala
Informasi Serta Merta
Informasi Setiap Saat
LAYANAN PUBLIK
Kotak Pengaduan

 

WEB TERKAIT                     

 

PROFIL BPKP KEPRI



 

 

 

 

 

 

MAJALAH


EDISI I

 

EDISI II

 

 

 

PUBLIKASI / LAYANAN PUBLIK

Berisi informasi dan pengumuman serta informasi layanan publik lainnya.


GALERI FOTO


PELANTIKAN KEPALA PERWAKILAN