Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau

Menjawab Tantangan Pengelolaan Keuangan Daerah pada Pemerintah Kabupaten Natuna
15 April 2019 13:48:02 / kepri / dibaca: 281 kali / Kat: Sosialisasi/Workshop

Ranai (15/04) - Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau bersama dengan Pemerintah Kabupaten Natuna menyelenggarakan Sosialisasi tentang Peran SPIP dalam Tata Kelola Keuangan Daerah sebagai bentuk tindak lanjut atas Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

Turut hadir dalam sosialisasi pada hari ini, yaitu Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau Indra Khaira Jaya beserta jajarannya, Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti, Asisten III Izwar Asfawi, Inspektur Natuna Moh. Husen, seluruh Kepala OPD dan Sekretaris OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna.

Ngesti Yuni Suprapti, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa untuk mendukung terwujudnya Tata kelola pemerintahan yang baik, maka penyelenggaraan negara dan  pengelolaan keuangan negara diselenggarakan secara akuntabilitas, efisien, efektif dan berorientasi pada hasil, sehingga hasil pembangunan dapat sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan dirasakan manfaatnya dengan menggunakan sumber daya yang ada seoptimal mungkin. “Pertanggungjawaban keuangan yang akuntabel, pelaksanaan program dan kegiatan yang efisien dan efektif, serta kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku dapat tercermin melalui penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dengan baik”, ujarnya.

Ngesti menambahkan, melalui SPIP, akan menghasilkan kinerja yang optimal, terhindar dari adanya penyimpangan prosedur, laporan keuangan yang dihasilkan pemerintah  dapat dipercaya, adanya pengamanan asset pemerintah dan kegiatan yang dilaksanakan sejalan dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku. Menutup sambutannya, Ngesti mengharapkan agar SPIP di lingkungan masing-masing OPD senantiasa terus diterapkan serta mengapresiasi Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau dalam mengawal keuangan daerah dan SPIP di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna.

Indra Khaira Jaya, dalam paparannya, menyampaikan kunci keberhasilan SPIP, yaitu tone of the top, komitmen kuat, sadar risiko, dokumentasi sistem pengendalian yang baik, serta perbaikan dan evaluasi secara terus-menerus. “Kami berupaya melalui coaching clinic, workshop, sosialisasi, asistensi mengenai pengelolaan keuangan daerah, pengelolaan BMD, perencanaan pembangunan daerah, dan implementasi SIMDA sebagai bentuk penguatan SPIP dan tata kelola keuangan daerah”, tuturnya.

Menutup sosialisasi pada hari ini, Indra mengharapkan agar Pemerintah Kabupaten Natuna tetap meningkatkan sinergi pengelolaan keuangan daerah dan SPIP bersama Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan untuk menjawab tantangan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 mengenai Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

(Humas BPKP Kepri / Reza MY)

 



Share      

Berita Terkait:

12 Pebruari 2019 15:02:44 / kepri / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Lingga
25 Oktober 2018 16:17:07 / kepri / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Analisis Standar Belanja : Arti Pentingnya dalam Integrasi E-Planning dan E-Budgeting
08 Juni 2017 09:13:36 / kepri / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Tingkatkan Kualitas Penyerapan Anggaran, PBJ, Dana Desa, dan Tender Pra DIPA Bersama BPKP
08 Juni 2017 09:10:38 / kepri / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Wujudkan Kepri Bebas Hoax
08 Juni 2017 09:08:51 / kepri / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Wujudkan Perencanaan yang Lebih Baik dengan SIMDA Perencanaan


TENTANG KAMI
Kata Pengantar
Tugas dan Fungsi
Struktur Organisasi
Visi dan Misi
Komposisi SDM
Wilayah Kerja
INFORMASI PUBLIK
Permohonan Informasi
Informasi Berkala
Informasi Serta Merta
Informasi Setiap Saat
LAYANAN PUBLIK
Kotak Pengaduan

 

WEB TERKAIT                     

 

PROFIL BPKP KEPRI



 

 

 

 

 

 

MAJALAH


EDISI I

 

EDISI II

 

 

 

PUBLIKASI / LAYANAN PUBLIK

Berisi informasi dan pengumuman serta informasi layanan publik lainnya.


GALERI FOTO


PELANTIKAN KEPALA PERWAKILAN