Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau

Dirgahayu BPKP ke-35!
09 Juli 2018 17:04:43 / kepri / dibaca: 605 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Peringatan HUT BPKP di Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau pada hari ini (30/05), merupakan momentum yang strategis dilihat dari 3 hal yaitu perjalanan panjang BPKP selama 35 tahun mengawal akuntabilitas keuangan dan pembangunan, dan selama 10 tahun sebagai pembina SPIP, serta 1 tahun sebelum berakhirnya periode RPJMN 2015-2019 dan Rencana Strategis BPKP.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau Panijo menyampaikan bahwa BPKP saat ini dipercaya pemerintah menjadi ujung tombak di bidang pengawasan intern. Aktualisasi dari peran tersebut adalah Kepala BPKP seringkali diundang untuk hadir dalam Sidang Kabinet Paripurna, Rapat Terbatas ataupun Rapat Intern, yang membahas agenda strategis pemerintah untuk kesejahteraan rakyat. Sehingga, memungkinkan BPKP untuk memberikan informasi yang relevan dengan kebutuhan pemangku kepentingan.

Era baru BPKP ditandai dengan terbitnya PP Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah atau SPIP. Selain sebagia auditor intern pemerintah, BPKP berperan khusus sebagai pembina SPIP di lingkungan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Keberhasilan penyelenggaraan SPIP juga sangat ditentukan oleh efektivitaws tugas dan fungsi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). "Presiden menaruh perhatian khusus dalam Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP ini", ujarnya.

Perlu upaya yang lebih sistematis dan lebih kuat lagi untuk mencapai target maturitas SPIP dan kapabilitas APIP level 3 sebesar 85% pada tahun 2019.Oleh karena itu, peringatan HUT BPKP ke-35 tahun 2018 ini harus dimaknai sebagai momentum yang tepat untuk melakukan refleksi dan akselerasi pembinaan penyelenggaraan SPIP dan peningkatan kapabilitas APIP.

Di samping pencapaian target di atas, BPKP harus pula dapat memastikan bahwa pengawalan pembangunan yang kita lakukan dapat memberikan kontribusi yang signifikasn terhadap mencapaian target-target pembangunan nasional yang bersifat strategis yaitu pendidikan, kesehatan, penanggulangan kemiskinan, ketahanan pangan, infrastruktur, dan konektivitas, pembangunan kewilayahan, pertahanan dan keamanan, penegakan hukum dan reformasi birokrasi.

BPKP juga telah melakukan pengawalan pada 245 proyek strategis nasional beserta crash program, misalnya program padat karya tunai, program penurunan stunting, program pembangunan Papua dan Papua Barat. Terlebih lagi untuk penggunaan Dana Desa yang mengalami peningkatan tiap tahun memerlukan peran BPKP untuk memastikan penggunaan anggaran yang tepat sasaran, efisien, efektif, dan akuntabel dengan membangun aplikasi Siskeudes.

Di tahun 2018 ini, terdapat beberapa event internasional yang diselenggarakan di Indonesia yaitu Asian Games dan Asian Para Games pada bulan Agustus mendatang, dan BPKP mempunyai tugas untuk mengawal akuntabilitas pelaksanaan event tersebut.

Apa yang telah dilakukan oleh BPKP tersebut merupakan kontribusi nyata BPKP dalam membantu pemerintah mencapai tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat dengan memastikan pengelolaan keuangan negara dan pembangunan yang berkualitas.

Mengakhiri amanat ini, saya mengingatkan kepada seluruh insan BPKP, bahwa tugas dan tanggungjawab yang harus diemban oleh BPKP semakin berat. Oleh karena itu, saya mengajak warga BPKP untuk senantiasa menjunjung tinggi dan menerapkan nilai-nilai PIONIR dalam setiap pelaksanaan tugas, mengidentifikasi, menganalisis, serta mengevaluasi produk dan proses bisnis yang sudah out of date serta yang perlu dikembangkan, mengubah mindset kita untuk dapat berpikir dan bertindak dalam melaksanakan pengawasan yang bersifat makro stratejik dan lintas sektoral, meningkatkan sinergi dan koordinasi pengawasan dengan institusi/lembaga pemerintah lainnya, dan fokus bekerja dengan baik, mengembangkan kompetensi dan profesionalitas serta menjaga lingkungan kerja yang kondusif.

(Humas BPKP Kepri/Reza MY)

 

 



Share      

Berita Terkait:

01 Agustus 2018 18:46:00 / kepri / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Penyerahan Laporan Hasil Pengawasan BPKP Kepri Semester I Tahun 2018
09 Juli 2018 17:04:30 / kepri / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Family Gathering, Bersama Kita Bisa!
15 Pebruari 2018 19:50:32 / kepri / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Kunjungan Kerja Komisi XI DPR RI ke Kepri
15 Pebruari 2018 18:39:14 / kepri / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Wujudkan Akuntabilitas Kepri yang Lebih Baik
08 Juni 2017 09:15:25 / kepri / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Kawal Kantor Baru Perwakilan BPKP Kepulauan Riau!


PUBLIKASI / LAYANAN PUBLIK

Berisi informasi dan pengumuman serta informasi layanan publik lainnya.


GALERI FOTO


PELANTIKAN KEPALA PERWAKILAN