Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur

Ringkasan Akuntabilitas Kinerja

Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur adalah salah satu dari 34 perwakilan BPKP yang ada di daerah, yang sampai dengan tahun 2017 memiliki tugas untuk memberikan dukungan atas pelaksanaan tugas dan fungsi BPKP di bidang pengawasan intern di wilayah Provinsi Kalimantan Timur.

Hasil penilaian atas 27 indikator kinerja program selama tahun 2017menunjukkan bahwa 11indikator kinerja program melampaui target, 5 indikator kinerja program sesuai target, dan 11indikator kinerja program belum mencapai target.

Ringkasan capaian kinerja delapan sasaran program tersebut di atas, adalah sebagai berikut:

1. Perbaikan Pengelolaan Program Prioritas Nasional dan Pengelolaan Keuangan Negara/Korporasi

  • Indikator Perbaikan Tatakelola, Manajemen Risiko, dan Pengendalian Intern Pengelolaan Program Nasional pada tahun 2017 terealisasi 39,18% atau mencapai 71,24% dari target sebesar 55%.
  • Indikator Persentase Tindak Lanjut Rekomendasi Tata Kelola, Manajemen Risiko dan  Pengendalian Intern Pengelolaan Korporasi pada tahun 2017 tidak terealisasi atau tidak dapat mencapai target sebesar 10%.

2. Meningkatnya efektifitas hasil pengawasan keinvestigasian

  • Indikator Persentase hasil pengawasan keinvestigasian yang dimanfaatkan di persidangan pada tahun 2017 terealisasi 52,63% atau mencapai 131,58% dari target sebesar 40%.
  • Indikator Persentase hasil pengawasan keinvestigasian yang dimanfaatkan oleh APH  pada tahun 2017 terealisasi 100% atau mencapai 142,86% dari target sebesar 70%.
  • Indikator Persentase hasil pengawasan keinvestigasian yang dimanfaatkan oleh K/L/P/K pada tahun 2017 terealisasi 100% atau mencapai 166,67% dari target sebesar 60%.
  • Indikator Persentase hasil hasil audit penyesuaian harga yang dimanfaatkan oleh K/L/P/K  pada tahun 2017 terealisasi 100% atau mencapai 142,86% dari target sebesar 70%.
  • Indikator Persentase hasil hasil audit klaim yang dimanfaatkan oleh K/L/P/K pada tahun 2017 terealisasi 100% atau mencapai 142,86% dari target sebesar 70%.

3.  Meningkatnya penyelesaian hambatan pelaksanaan pembangunan nasional

Capaian sasaran program tahun 2017 ditunjukkan oleh capaian satu indikator kinerja Persentase penyelesaiaan hambatan kelancaran pembangunan, pada tahun 2017 tidak terealisasi atau tidak dapat mencapai target sebesar 70%.

4.  Meningkatnya kualitas tata kelola pemerintah dan korporasi dalam pencegahan korupsi

Capaian sasaran program tahun 2017 ditunjukkan oleh capaian satu indikator kinerja Persentase  K/L/P/K yang mengimplementasikan FCP (termasuk FRA), pada tahun 2017 terealisasi 80% atau mencapai 160% dari target sebesar 50%.

5.  Meningkatnya kepedulian K/L/P/K dan masyarakat terhadap korupsi

Capaian sasaran program tahun 2017 ditunjukkan oleh capaian satu indikator kinerja Persentase K/L/P/K anggota Komunitas Pembelajar Anti Korupsi (KPAK) yang mengimplementasikan sistem pengaduan masyarakat, pada tahun 2017 tidak terealisasi atau tidak dapat mencapai target sebesar 70%.

6.  Meningkatnya Kualitas Penerapan SPIP Pemda/Korporasi

  • Indikator Maturitas SPIP Pemerintah Provinsi  (level 3) pada tahun 2017  terealisasi 0% sesuai dengan target (100%).
  • Indikator Maturitas SPIP Pemerintah Kabupaten/kota (level 3) pada tahun 2017 terealisasi 40% atau mencapai 80% dari target sebesar 50%.
  • Indikator Maturitas SPIP Pemerintah Propinsi  (level 2) pada tahun 2017 tidak terealisasi atau tidak dapat mencapai target sebesar 100%.
  • Indikator Maturitas SPIP Pemerintah Kabupaten/kota (level 2) ) pada tahun 2017 terealisasi 10% atau mencapai 33,33% dari target sebesar 30%.
  • Indikator Maturitas SPIP Pemerintah Propinsi  (level 1) pada tahun 2017 terealisasi 100% atau mencapai 0% dari target sebesar 0%.
  • Indikator Maturitas SPIP Pemerintah Kabupaten/kota (level 1) terealisasi 50% atau mencapai minus 50% dari target sebesar 20%.
  • Indikator Persentase BUMN/anak perusahaan dengan skor GCG baik *) pada tahun 2017 terealisasi 100% atau mencapai142,86% dari target sebesar 70%.
  • Indikator Persentase BUMN/anak perusahaan yang kinerjanya berpredikat minimal A (baik) *) pada tahun 2017 terealisasi 100% atau mencapai 185,19% dari target sebesar 54%.
  • Indikator Persentase BUMD yang Kinerjanya Minimal Berpredikat Baik dari BUMD Yang Dibina pada tahun 2017 terealisasi 66,67% atau mencapai 123,46% dari target sebesar 54%.
  • Indikator Presentase BLUD yang Kinerjanya Minimal Baik dari BLUD yang Dibina pada tahun 2017 terealisasi 50% atau mencapai 83,33% dari target sebesar 60%.

7. Meningkatnya Kapabilitas Pengawasan Intern Pemda

Capaian sasaran program tahun 2017 ditunjukkan oleh capaian enam indikator kinerja, dengan ringkasan sebagai berikut:

  • Indikator Kapabilitas APIP Pemerintah Provinsi (Level 3) pada tahun 2017 terealisasi 100% atau mencapai 100% dari target sebesar 100%.
  • Indikator Kapabilitas APIP  Pemerintah Kabupaten/Kota(Level 3) pada tahun 2017 terealisasi 40% atau mencapai 133,33% dari target sebesar 30%.
  • Indikator Kapabilitas APIP Pemerintah Provinsi (Level 2) pada tahun 2017 terealisasi 0% atau mencapai 100% dari target sebesar 0%.
  • Indikator Kapabilitas APIP  Pemerintah Provinsi (Level 2) pada tahun 2017 terealisasi 30% atau mencapai 125% dari target sebesar 40%.
  • Indikator Kapabilitas APIP  Pemerintah Provinsi (Level 1) pada tahun 2017 terealisasi 0% atau mencapai 100% dari target sebesar 0%.
  • Indikator Kapabilitas APIP  Pemerintah Kabupaten/Kota(Level 1)  pada tahun 2017 terealisasi 30% atau mencapai 100% dari target sebesar 30%.

 

8.  Meningkatnya Kualitas Pelayanan Dukungan Teknis dalam Pengawasan BPKP

Capaian sasaran program tahun 2017 ditunjukkan oleh capaian satu indikator kinerja, yaitu Persepsi Kepuasan Layanan Kesesmaan pada tahun 2017 terealisasi dengan skala 6,965 atau mencapai 99,50% dari target skala 7.

Uraian lengkap terkait akuntabilitas kinerja Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur 2017 dapat dilihat di Laporan Kinerja 2017.


Share   
PROFIL BPKP KALIMANTAN TIMUR
Profil Pimpinan
Tugas dan Fungsi
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Barang Milik Negara
Visi dan Misi
Beranda
Agenda Pimpinan
APARAT PENGAWASAN INTERN PEMERINTAH
Telaah Sejawat APIP
SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH
Sekilas tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)
BULETIN INTERNAL
Buletin Etam
DAFTAR INFORMASI PUBLIK
Informasi Berkala
Informasi Serta Merta
Informasi Tersedia Setiap Saat
Prosedur Layanan Informasi
AKUNTABILITAS
Kegiatan dan Anggaran
Ringkasan Laporan Keuangan
Ringkasan Akuntabilitas Kinerja
Pengumuman Pengadaan Barang dan Jasa
Ringkasan LHKPN
Galeri Foto Kegiatan
INFORMASI LAIN
Himpunan Peraturan Jabatan Fungsional Auditor

 

KONTAK:

Jl. MT Haryono No. 19, Samarinda 

Telepon: 0541-743063 

Faksimil: 0541-743141 

Surat-E: kaltim@bpkp.go.id; layanan.informasi_kaltim@bpkp.go.id