Web BPKP Kaltim Diapresiasi Sebagai Destinasi Badan Pencegahan Korupsi

 
Pada Kamis (07/11/2019) bertempat di Hotel Swiss-Bell Samarinda, Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Timur menggelar kali kedua penganugerahan Web Award Badan Publik. 
 
M. Khaidir selaku Komisioner Komisi Informasi Provinsi Kaltim dalam sambutannya mengatakan berdasarkan hasil monitoring terhadap 1.700 badan publik di wilayah Kaltim hanya 361 badan yang memiliki website. Berdasarkan hasil penilaian panitia terdapat 41 website badan publik yang mendapat award pada 14 kategori tahun ini meliputi desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten, OPD provinsi, DPRD, hingga instansi vertikal. 
 
Terjadi peningkatan jumlah website badan publik yang cukup signifikan  dibanding tahun sebelumnya yakni ada 7 OPD di lingkungan Pemprov Kaltim masuk kategori atau level website menuju informatif dibanding tahun lalu hanya 2 OPD. Kemudian ada 10 PPID utama Pemkab dan pemkot yang memiliki website informatif dibanding tahun sebelumnya hanya 4 PPID. Serta ada 7 DPRD yang memiliki website dibanding tahun sebelumnya hanya 5 DPRD. 
 
Pada tahun ini Perwakilan BPKP Provinsi Kaltim mendapat web award sebagai apresiasi atas Komitmen Destinasi Pencegahan Korupsi. 
 
M. Khaidir juga menyebutkan bahwa penilaian atas website kali ini tidak dinilai sekedar berdasar jumlah kunjungan, melainkan juga termasuk format tampilan dan kemudahan akses bagi pengguna atau masyarakat untuk memperoleh  informasi sesuai dengan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik. 
 
(Humas BPKP Kaltim-cakbro/lutfi)