BPKP Kaltim Jadi Tuan Rumah Kegiatan Diseminasi QA Atas Proses Reviu Inspektorat Daerah

(Balikpapan,31/72019) Hal tersebut disampaikannya pada saat membuka kegiatan diseminasi serentak Juklak Penjaminan Kualitas atas Proses Reviu Inspektorat Daerah, Juklak Evaluasi DAK Fisik Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana Gempa Bumi Tahun Anggaran 2018 dan 2019 serta Juknis Analisis Penganggaran Prioritas Nasional dalam APBD TA 2019.  

Kegiatan tersebut diikuti oleh 19 Perwakilan BPKP yang meliputi wilayah Jawa, Sumatera dan Kalimantan dan akan berlangsung sampai dengan hari Jum’at tanggal 2 Agustus 2019.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan doa dan sambutan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur. Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur, Adil Hamonangan Pangihutan menyampaikan ucapan selamat datang kepada Deputi Kepala BPKP Bidang PPKD dan jajarannya, Koordinator Pengawasan Bidang APD, pengendali teknis dan seluruh peserta diseminasi.

Selanjutnya, Adil Hamonangan menyampaikan rasa terimakasih kepada Deputi Kepala BPKP Bidang PPKD karena ditunjuk sebagai tuan rumah kegiatan tersebut. Adil Hamonangan juga menyampaikan kondisi geografis Provinsi Kalimantan Timur pada umumnya dan Kota Balikpapan khususnya, sebagai tempat berlangsungnya acara.

Kepala Perwakilan berharap kegiatan diseminasi dapat berlangsung dengan lancar dan jajaran Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur siap mendukung sepenuhnya kelancaran penyelenggaraan tersebut.

Sebelum membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan diseminasi, Deputi Kepala BPKP Bidang PPKD dalam arahannya kembali menekankan 4 fokus pengawasan kedeputian PPKD yang harus dilaksanakan oleh Perwakilan BPKP meliputi pencapaian target maturitas SPIP level 3, pencapaian kapabilitas APIP level 3, implementasi Siskeudes Versi 2.0 dan implementasi Simda Perencanaan serta Simda SAKIP. Deputi Kepala BPKP Bidang PPKD juga menekankan pentingnya transfer knowledge dari auditor senior kepada para auditor yang lebih muda melalui kegiatan Program Pelatihan Mandiri (PPM) yang bertanggungjawab seperti dalam kegiatan audit, analisa kontrak pekerjaan konstruksi dan lain-lain.

Sebagai narasumber kegiatan diseminasi, selain berasal dari jajaran Kedeputian PPKD, juga menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Bapak Danang yang memberikan paparan terkait dengan Kebijakan DAK Tahun 2019.

 

Humas BPKP Kaltim