Biro Humas Setprov Kaltim Fasilitasi Kegiatan Sosialisasi Uji Kompetensi Wartawan

SAMARINDA – Hal tersebut disampaikannya pada saat memberikan sambutan pada acara Sosialisasi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang merupakan program dari Biro Humas Setprov Kaltim yang  memfasilitasi penyelenggaraan pengukuran kompetensi wartawan Kaltim melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW). 
 
“Ini merupakan program kerjasama kita agar wartawan di Kaltim semakin berkualitas. Apalagi pelaksanannya merupakan tuntutan penjabatan UU Pers,” kata Kasubag Internal dan Eksternal Biro Humas Setprov Kaltim, Andik Riyanto saat menyampaikan laporan panita pelaksanaan Sosialisasi UKW Kaltim 2018, di Pendopo Lamin Etam, Rabu (14/11).
 
Tidak hanya sosialisasi, Humas Prov. Kaltim juga menfasilitasi bagi wartawan untuk mengikuti sertifikasi uji kompetensi secara gratis.
 
Kepala Bagian Internal-Eksternal Humas Pemprov Kaltim, Andik Riyanto mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan yang ke-2 setelah tahun 2013 diikuti 15 peserta.
 
Sementara, tahun 2018 meningkat jumlah pesertanya bukan 15 lagi, tetapi ada 21 peserta, disayangkan ditingkat utama  masih belum ada yang mengukuti kegiatan ini, yang mengikuti hanya tingkat muda sebanyak 14 orang dan untuk tingkat madya hanya 7 orang.
 
Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi yang membuka acara tersebut mengajak wartawan di Kaltim harus mampu berperan meluruskan berita hoax yang beredar secara luas. Itu bisa dilakukan dengan cara melaksanakan tugas secara profesional menggali maupun mencari informasi secara detail dan benar agar berita yang disampaikan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.
 
Humas BPKP Kaltim - Lutfi Budiarto