Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur

Gubernur Meminta BPKP Beperan Aktif Dalam Pengawalan Persiapan Operasional Bandara APT Pranoto
24 Mei 2018 15:59:18 / kaltim / dibaca: 1117 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Kini masyarakat punya dua pilihan, seperti dikatakan oleh Gubernur Kalimantan Timur beberapa waktu yang lalu, "masyarakat Samarinda dan sekitarnya memiliki dua pilihan ketika ingin ke luar daerah. Yakni, tetap melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan dengan melintasi jalur umum maupun jalan tol atau melalui Bandara APT Pranoto".

 

Bandara APT Pranoto yang memiliki landasan pacu 2.250 meter dan sudah siap memfasilitasi pendaratan serta lepas landas pesawat komersial. Sejak 29 Maret lalu, telah ke luar aeronautical information publication (AIP) atau buku publikasi yang berisi informasi navigasi penerbangan untuk bandara ini. Isinya, berupa pengumuman navigasi ke seluruh dunia hingga 50 hari setelahnya, atau pada operasional perdana, 24 Mei 2018.

 
Pengelolaan Bandara APT Pranoto, diserahkan kepada Angkasa Pura I, yang juga menjadi operator di Bandara Sepinggan. “Kebutuhan air, listrik, sudah siap. Pengerjaan runway sepanjang 2.250 meter telah rampung sudah siap untuk didarati,” tuturnya Maret lalu.
 
Nota Kesepahaman antara PT Angkasa Pura (Persero) dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tentang rencana kerjasama pengelolaan Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung Aji Pranoto Samarinda pun telah dibahas sehari sebelum peresmian.
 
Sebelum pengelolaannya diserahkan ke Angkasa Pura I, saat ini Bandara APT Pranoto ditangani UPT Temindung. Unit tersebut telah menangani proses verifikasi dari Kementerian Perhubungan, sampai ditargetkan rampung dan siap diresmikan.
 
Terkait dengan opersioanal Bandara, Gubernur minta Perwakilan BPKP Prov. Kalimantan Timur untuk mengawal penyusunan perjanjian kerja sama dalam persiapan pengelolaam Bandara APT Pranoto Samarinda antara PT Angkasa Pura I dg Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Disamping dalam upaya pengamanan asset-asset pemerintah.
 
Dengan telah diresmikannya Bandara  Aji Pangeran Tumenggung Aji Pranoto, Kini masyarakat punya dua pilihan, seperti dikatakan oleh Gubernur Kalimantan Timur beberapa waktu yang lalu, "masyarakat Samarinda dan sekitarnya memiliki dua pilihan ketika ingin ke luar daerah. Yakni, tetap melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan dengan melintasi jalur umum maupun jalan tol atau melalui Bandara APT Pranoto.".
 
Akhirnya impian warga Samarinda yang sudah bertahun-tahun  memimpikan  adanya bandara berskala besar pada hari ini 24 Mei 2018  telah terwujud.
Gubernur Provinsi Kalimantan Timur DR. H. Awang Farouk Ishak hari ini menyaksikan penerbangan perdana di Bandara tersebut.
 
 
Dengan demikian Bandara Temindung yang dibangun ada bulan november 1973 yang awal mulanya dibangun untuk keperluan yang sangat mendadak pemerintah daerah Kalimantan timur bersama Pertamina P.T Pelita air Service ) mengadakan kerjasama untuk membangun sebuah lapangan terbang Temindung di Samarinda dengan kontruksi sederhana ( pasangan steel plate ) diatas tanah, kini tinggal kenangan. Selamat Tinggal Bandara Temindung.
 
Humas BPKP Kaltim - Lutfi Budiarto


Share      

Berita Terkait:

03 Januari 2019 10:51:35 / kaltim / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Kasubag Keuangan BPKP Kaltim
21 Desember 2018 14:06:30 / kaltim / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP Kaltim Raih Penghargaan Kepatuhan atas Regulasi
21 Desember 2018 13:03:36 / kaltim / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Pegawai Baru Semangat Baru
21 Desember 2018 12:58:49 / kaltim / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Upacara Peringatan Hari Ibu ke-90 Tahun 2018
21 Desember 2018 12:36:44 / kaltim / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Upacara Bela Negara 2018