BPKP Kalteng Satker Terbaik Pertama dalam Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tahun 2018

Dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Pelaksanaan APBN Tahun 2018 dan Langkah-Langkah Pelaksanaan APBN Tahun 2019 yang diselenggarakan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah pada hari Selasa, 19 Februari 2019, Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah dinobatkan sebagai Satuan Kerja Terbaik Pertama dalam pencapaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggara (IKPA) Tahun 2018 di lingkungan KPPN Palangka Raya, untuk kategori Satuan Kerja dengan Pagu Anggaran Sedang (5 s.d. 20 Milyar).

Penghargaan diterima langsung oleh Kepala Perwakilan, Herman Hermawan dari Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah, ibu Ratih Hapsari Kusumawardini. IKPA tersebut merupakan ukuran capaian kinerja pelaksanaan anggaran yang diukur dari 12 indikator, yaitu :

  1. Pengelolaan Uang Persediaan
  2. Data Kontrak
  3. Kesalahan SPM
  4. Retur SP2D
  5. Halaman III DIPA
  6. Revisi DIPA
  7. Penyelesaian Tagihan
  8. Rekon LPJ Bendahara
  9. Perencanaan Kas
  10. Penyerapan Anggaran
  11. Dispensasi SPM
  12. Pagu Minus

Skor IKPA yang dicapai Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah sebagai Satker Terbaik Pertama adalah 99,38, sedangkan Terbaik Kedua diperoleh Direktorat Reserse dan Kriminal Umum Polda Kalteng (skor 99,32), dan Terbaik Ketiga diterima oleh Rumah Tahanan Negara Palangka Raya (skor 99,24).

Sedangkan satker dengan kategori Pagu Anggaran Besar (di atas 20 Milyar), dicapai oleh Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Tengah (Terbaik I), BPS Provinsi Kalimantan Tengah (Terbaik II), dan Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional Provinsi Kalimantan Tengah (Terbaik III). Selanjutnya untuk satker dengan kategori Pagu Anggaran Kecil ( s.d. 5 milyar) diraih oleh BPS kab.  Gunung Mas (Terbaik I), Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya (Terbaik II), dan BNN Kota Palangka Raya (Terbaik III).

Kepala Perwakilan menyampaikan terima kasih kepada seluruh pegawai Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah seraya berpesan agar prestasi tersebut dipertahankan dan ditingkatkan.

Pada sesi terakhir FGD, Kakanwil DJPb Provinsi Kalimantan Tengah melakukan pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah, dalam rangka memperingati Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2019.