Sosialisasi Pedoman Pengawasan Intern PBJ Tahun 2018 bagi APIP se-Provinsi Kalimantan Tengah

Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional untuk peningkatan pelayanan publik dan pengembangan perekonomian nasional dan daerah, untuk itu perlu adanya pengaturan yang memberikan pemenuhan nilai manfaat yang sebesar-besarnya (value for money) dan kontribusi dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri, peningkatan peran Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Usaha Menengah serta pembangunan berkelanjutan.
Perpres Nomor 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sebagai penyempurnaan terkini dari perpres 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah harus benar-benar dipahami oleh APIP sebagai pengawal setiap program pemerintah agar dapat terlaksana sesuai dengan aturan dan kebijakan yang berlaku.
 
Perwakilan BPKP Provinsi kalimantan Tengah sebagai pembina APIP pada Provinsi Kalimantan Tengah bekerja sama dengan Tim dari BPKP Pusat dan LKPP menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pedoman Pengawasan Intern Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2018 bagi APIP kab/kota se-Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penyamaan persepsi tentang pengawasan intern yang dilaksanakan oleh APIP atas Pengadaan    Barang/Jasa Pemerintah. 
Kegiatan sosialisasi dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 21 s.d 22 November 2018 bertempat di Aula Inspektorat Provinsi Kalimantan Tengah .
 
Acara dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah, Herman Hermawan. Peserta kegiatan sosialisasi ini adalah APIP dari Inspektorat kabupaten/kota se-Provinsi Kalimantan Tengah. Narasumber pengisi acara sosialisasi Pedoman Pengawasan Intern Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2018 berasal dari  Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Linda Mikowati dengan materi Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang /Jasa Pemerintah,  DirekturI PPKD BPKP Mulyana dengan materi Pedoman Umum Pengawasan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, serta Auditor BPKP Didit Eko Suparyanto dengan materi Pedoman Probity Audit
 
Hari Kedua Sosialisasi Pengawasan Intern Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah disampaikan oleh Adi Widodo, Auditor BPKP dengan materi Pedoman Audit Pengadaan Barang/Jasa pemerintah dan materi Pedoman Reviu Pengadaan Barang/Jasa Pemertintah. Sesi terakhir diisi oleh M. Bachtiar Auditor BPKP dengan materi Pedoman Pengawasan Lainnya atas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.
Kegiatan berlangsung dengan lancar dari awal hingga akhir acara, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah, Herman Hermawan menutup acara sekaligus memberikan apresiasi kepada seluruh peserta yang hadir dalam sosialisasi.
 
(fajar)