Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah

Wawancara stakeholder eksternal APIP untuk memperoleh informasi dan persepsi tentang APIP
26 Oktober 2018 09:55:26 / kalteng_admin / dibaca: 1037 kali / Kat: Kapabilitas APIP

APIP harus memberikan nilai tambah bagi stakeholder ekstrnal dan pandangan eksternal APIP terkait kompetensi dan integritas SDM APIP harus dirangkum sebagai informasi tambahan. Kedua informasi tersebut diperoleh melalui wawancara dengan stakeholder eksternal APIP.

Dalam minggu ini (22 Oktober 2018 s.d 26 Oktober 2018) setidaknya 2 APIP di Provinsi Kalimatan Tengah telah dilakukan Quality Assurance Kapabilitas APIP Level 3 yaitu Inspektorat Kabupaten Seruyan dan Inspektorat Kabupaten Katingan. Salah satu prosedur QA adalah wawancara dengan pihak stakeholder eksternal pengguna jasa layanan APIP. Wawancara dengan stakeholder eksternal dimaksudkan untuk memperoleh informasi menurut persepsi dan harapan pihak yang diwawancarai untuk memperkuat hasil penilaian kapabilitas terhadap enam elemen yang dinilai yaitu peran dan layanan, pengelolaan SDM, praktik profesional, manajemen kinerja, dan akuntabilitas, hubungan dan struktur organisasi serta tata kelola organisasi. Wawancara terhadap stakeholder eksternal dilakukan kepada :

1. Pimpinan Instansi Pemerintah yang diaudit (auditee) dengan maksud untuk memperoleh informasi sekaligus meyakinkan bahwa APIP telah memberikan nilai tambah bagi instansi yang diaudit dan kompetensi SDM serta integritas SDM APIP.

2. Pimpinan SKPD yang berada dibawah Pemda yang sama dimaksudkan untuk memperoleh informasi sekaligus untuk meyakinkan bahwa APIP telah bekerja sama dan memberikan nilai tambah bagi instansi yang diaudit. wawancara dianjurkan kepada Kepala Bappeda, BPKAD, Bagian Organisasi dan BKD.

3. Wawancara kepada pimpinan instansi/lembaga pemerintah yang memiliki tugas dan fungsi pengawasan (BPKP dan APIP lainnya) dimaksudkan untuk memperoleh gambaran kapabilitas APIP dalam menjalin hubungan dengan instansi atau lembaga pemerintah yang memiliki tugas pengawasan seperti BPKP dan APIP lain.

4.Wawancara kepada auditor eksternal pemerintah (BPK) dimaksudkan untuk memperoleh gambaran kapabilitas APIP dalam menjalin hubungan dengan auditor eksternal pemerintah khususnya terkait dengan hasil audit eksternal. wawancara ini terkait dengan elemen 5 hubungan dan struktur organisasi.

5. Wawancara kepada lembaga legislatif (DPRD) adalah untuk memperoleh gambaran kapabilitas APIP dalam menjalin hubungan dengan lembaga legislatif selaku wakil rakyat yang bertugas melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas eksekutif.

Hasil wawancara untuk selanjutnya dilakukan analisis secara komprehensif dengan cara menggabungkan informasi yang diperoleh melalui reviu dokumen dan observasi dengan informasi yang diperoleh berdasarkan hasil wawancara.

APIP LEVEL 3 - BISA



Share      

Berita Terkait:

16 Oktober 2018 07:07:39 / kalteng_admin / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Membumikan Audit Kinerja di Inspektorat Pemda
09 Oktober 2018 05:12:35 / kalteng_admin / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Bimtek Peningkatan Kapabilitas APIP Lanjutan, untuk berkompetisi secara positif
02 Oktober 2018 08:58:40 / kalteng_admin / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Reviu RKA untuk Peningkatan Kualitas APBD
26 Juli 2018 20:22:53 / kalteng_admin / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Peran dan layanan APIP harus dapat memberikan nilai tambah bagi stakeholder
26 Juli 2018 17:28:08 / kalteng_admin / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Angka Kredit Jabatan Fungsional Auditor dan Permasalahannya


Profil BPKP Kalimantan Tengah
Produk dan Layanan
Visi dan Misi
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Tugas dan Fungsi
Sambutan Kaper
Situs Terkait
Link Pemda di Propinsi Kalimantan Tengah
Wisata Kuliner Kalimantan Tengah
Kegiatan Utama
Program dan Kegiatan
Fokus Pengawasan Tahun 2018
Pelayanan Publik
PERJANJIAN KINERJA
LAKIP
RENSTRA
LAPORAN KEUANGAN
LRA
DAFTAR ASET DAN INVENTARIS

PERWAKILAN BPKP
PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
Jalan Adonis Samad No. 18
Palangka Raya
Telp (0536) 3225107; (0536) 3229626
Fax (0536) 3226664
email kalteng@bpkp.go.id ; prolap_kalteng@bpkp.go.id

PETA LOKASI