Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah

Bimtek Peningkatan Kapabilitas APIP Lanjutan, untuk berkompetisi secara positif
09 Oktober 2018 05:12:35 / kalteng_admin / dibaca: 1203 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Kapabilitas APIP Level 3 sebagaimana target RPJMN harus dapat dicapai oleh setiap Inspektorat dalam tahun 2018 maju 1 tahun karena tahun 2019 adalah tahun politik. Tiga Inspektorat secara bersama dimbimbing oleh Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah agar menuju level 3 dan diharapkan dapat berkompetisi mana yang lebih dahulu dapat mencapai level yang diharapkan

Bertempat di Aula Inspektorat Kabupaten Barito Selatan di Buntok pada hari senin 8 Oktober 2018, Sekretaris Daerah Kabuoaten Barito Selatan, Edi Kristianto, membuka bimbingan teknis Peningkatan Kapabilitas APIP Lanjutan yang diikuti oleh peserta dari 3 Inspektorat yaitu Inspektorat Kabupaten Lamandau, Inspektorat Kabupaten Gunung Mas dan Inspektorat Kabupatrn Barito Selatan selaku tuan rumah. Jumlah peserta bimbingan teknis sebanyak 30 orang termasuk pejabat struktural dan fungsional yang ada di Inspektorat Kabupaten Barito Selatan. Bimbingan teknis akan berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 8 Oktober 2018 sampai dengan  tanggal 10 Oktober 2018.

Penggagas kegiatan, Rustam, selaku Koordinator Pengawasan Bidang Perencanaan Pelaporan dan Pembinaan APIP dalam sambutannya menjelaskan bahwa APIP dikatakan sudah mencapai level 3 (integrated) jika APIP telah mampu menilai efisiensi, efektifitas dan  ekonomis suatu kegiatan dan mampu memberikan konsultasi pada tata kelola manajemen resiko dan pengendalian intern. Kegiatan bimtek lanjutan dimaksudkan untuk memantau tindaklanjut hasil pelaksanaan Bimtek PK APIP terdahulu, mengarahkan ke-tiga APIP agar memenuhi infrastuktur Kapabilitas APIP Level 3 yang belum terpenuhi dan membuat kesepakatan kesanggupan untuk dilakukan Quality Assurance dengan jadwal waktu maksimal pada akhir bulan November 2018. Kedala dalam pemenuhan kapabilitas APIP level 3 yang umum ditemukan pada setiap inspektorat yaitu pelaksanaan audit kinerja belum dilakukan dan kegiatan tersebut belum dijadwalkan dalam PKPT, Inspektorat belum menyusun perencanaan pengawasan yang berbasisi resiko, belum melakukan analisa resiko atas daftar/identifikasi resiko yang dibuat oleh masing-masing SKPD disamping SKPD sendiri yang belum membuat identifikasi resiko dan proses pengawasan manajemen kepada Inspektorat belum terpola mulai dari belum ditunjuknya satgas hingga petugas yang ditunjuk belum berperan secara optimal. Permasalahan-permasalahan tersebut hendaknya dapat dipecahkan dalam pelaksanaan bimbingan teknis kali ini.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Selatan, Edi Kristianto, mengharapkan agar kualitas Auditor di Inspektorat dituntut untuk memiliki pengetahuan dan kemampuan melebihi pegawai di SKPD lain karena nantinya Inspektorat akan menerima konsultasi dari SKPD maupun dari Desa-Desa. Berkaitan dengan peningkatan kualitas SDM tersebut maka untuk keseragaman pemahaman agar tidak terjadi perbedaan dalam memberikan pendapat/advise maka diperlukan upaya salah satunya dengan melakukan Bimbingan teknis. tiga inspektorat yang secara bersamaan dilakukan bimbingan teknis peningkatan kapabilitas APIP oleh Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah diharapkan dapat berkompetisi secara positif untuk mencapai level 3.

Humas BPKP Kalteng - rst



Share      

Berita Terkait:

26 Oktober 2018 09:55:26 / kalteng_admin / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Wawancara stakeholder eksternal APIP untuk memperoleh informasi dan persepsi tentang APIP
16 Oktober 2018 07:07:39 / kalteng_admin / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Membumikan Audit Kinerja di Inspektorat Pemda
02 Oktober 2018 08:58:40 / kalteng_admin / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Reviu RKA untuk Peningkatan Kualitas APBD
26 Juli 2018 20:22:53 / kalteng_admin / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Peran dan layanan APIP harus dapat memberikan nilai tambah bagi stakeholder
26 Juli 2018 17:28:08 / kalteng_admin / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Angka Kredit Jabatan Fungsional Auditor dan Permasalahannya


Profil BPKP Kalimantan Tengah
Produk dan Layanan
Visi dan Misi
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Tugas dan Fungsi
Sambutan Kaper
Situs Terkait
Link Pemda di Propinsi Kalimantan Tengah
Wisata Kuliner Kalimantan Tengah
Kegiatan Utama
Program dan Kegiatan
Fokus Pengawasan Tahun 2018
Pelayanan Publik
PERJANJIAN KINERJA
LAKIP
RENSTRA
LAPORAN KEUANGAN
LRA
DAFTAR ASET DAN INVENTARIS

PERWAKILAN BPKP
PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
Jalan Adonis Samad No. 18
Palangka Raya
Telp (0536) 3225107; (0536) 3229626
Fax (0536) 3226664
email kalteng@bpkp.go.id ; prolap_kalteng@bpkp.go.id

PETA LOKASI