Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah

Reviu RKA untuk Peningkatan Kualitas APBD
02 Oktober 2018 08:58:40 / kalteng_admin / dibaca: 1153 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Perwujudan peran APIP yang efektif sesui amanat PP 60 tahun 2008 meliputi memberikan keyakinan yang memadai atas ketaatan, kehematan, efisiensi dan efektifitas pencapaian tujuan penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah, memberikan peringatan dini dan meningkatkan efektifitas manajemen resiko dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah dan memelihara dan meningkatkan kualitas tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah.Salah satu kegiatan untuk melaksanaan amanat ketentuan tersebut adalah dengan melakukan reviu RKA.

Dalam rangka peningkatan kualitas penyusunan dokumen perencanaan dan penganggaran tahunan daerah, serta untuk menjamin konsistensi dan keterpaduan antara perencanaan dan penganggaran agar menghasilkan APBD yang berkualitas serta menjamin kepatuhan terhadap kaidah-kaidah perencanaan dan penganggaran, Kepala Daerah harus menugaskan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) sebagai quality assurance untuk melakukan reviu atas dokumen perencanaan dan penganggaran daerah yakni reviu atas RKPD/perubahan RKPD, Rencana Kerja SKPD/Perubahan Rencana Kerja SKPD, KUA-PPAS/KUPA-PPAS Perubahan, RKA-SKPD/RKA-SKPD Perubahan dan RKA-PPKD/RKA-PPKD Perubahan sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2018 tentang Reviu atas Dokumen Perencanaan Pembangunan dan Anggaran Tahunan Daerah. Berkenaan dengan reviu RKA SKPD dan RKA PPKD yang akan segera dilaksanakan oleh masing-masing Inspektorat di Provinsi Kalimantan Tengah, untuk membekali pengetahuan reviu bagi pereviu, Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan Bimbingan Teknis Reviu RKA yang diikuti oleh peserta dari 10 Inspektorat dari 15 Inspektorat yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah. Total peserta sebanyak 55 orang dan kegiatan dilaksanakan di Aula Inspektorat Kabupaten Kotawaringin Barat. Selaku ketua panitia, Korwas P3A Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah, Rustam, mengharapkan agar kegiatan yang termpat kegiatannya diselenggarakan secara bergilir pada beberapa Inspektorat, dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas SDM masing-masing inspektorat yang merupakan bagian dari peningkatan kapabilitas APIP.

Kegiatan bimbingan teknis dibuka oleh Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat, Suyanto, yang juga mantan Inspektur Kabupaten Kotawaringin Barat. Dalam sambutannya beliu mengharapkan agar APIP di Kalteng menjadi satu unity dimana jika beberapa APIP sudah mencapai level 3 akan tetapi masih ada APIP yang tertinggal di Level 1 atau 2 maka saling membantu untuk secara bersama-sama mencapai level sesuai target RPJMN. Suyanto juga menekankan agar APIP agar berperan sebagai early warning system dan jangan takut untuk mengingatkan Kepala Daerah. Kepada Narasumber bimtek yang seluruhnya dari Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah, Suyanto, meminta agar semua pengetahuan yang dimiliki diberikan kepada Inspektorat dan guru bimtek jangan takut kalah dengan muridnya.

Kegiatan bimbingan teknis reviu RKA dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 1 dan 2 Oktober 2018 dengan materi hari pertama meliputi gambaran umum penyusunan APBD dimana materi ini dimaksudkan agar peserta memahami preses penganggaran termasuk didalamnya proses penyusunan RKA, materi kedua gambaran umum reviu RKA untuk memberikan pemahaman pentingnya reviu RKA dan kapan reviu dilaksanakan dikaitkan dengan proses penyusunan APBD, materi ketiga Pedoman Reviu dokumen perencanaan dan penganggaran daerah tahunan sesuai Permendagri 10 tahun 2018 yang lebih difokuskan pada Reviu penganggaran. Hari kedua dilaksanakan praktek reviu dengan mengambil data dari Aplikasi SIMDA Keuangan dan diharapkan peserta dapat memanfaatkan aplikasi SIMDA Keuangan yang telah diimplementasikan pada sebagian besar pemda di Provinsi Kalimantan Tengah untuk pelaksanaan reviu RKA.

Humas BPKP Kalteng - rst



Share      

Berita Terkait:

26 Oktober 2018 09:55:26 / kalteng_admin / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Wawancara stakeholder eksternal APIP untuk memperoleh informasi dan persepsi tentang APIP
16 Oktober 2018 07:07:39 / kalteng_admin / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Membumikan Audit Kinerja di Inspektorat Pemda
09 Oktober 2018 05:12:35 / kalteng_admin / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Bimtek Peningkatan Kapabilitas APIP Lanjutan, untuk berkompetisi secara positif
26 Juli 2018 20:22:53 / kalteng_admin / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Peran dan layanan APIP harus dapat memberikan nilai tambah bagi stakeholder
26 Juli 2018 17:28:08 / kalteng_admin / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Angka Kredit Jabatan Fungsional Auditor dan Permasalahannya


Profil BPKP Kalimantan Tengah
Produk dan Layanan
Visi dan Misi
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Tugas dan Fungsi
Sambutan Kaper
Situs Terkait
Link Pemda di Propinsi Kalimantan Tengah
Wisata Kuliner Kalimantan Tengah
Kegiatan Utama
Program dan Kegiatan
Fokus Pengawasan Tahun 2018
Pelayanan Publik
PERJANJIAN KINERJA
LAKIP
RENSTRA
LAPORAN KEUANGAN
LRA
DAFTAR ASET DAN INVENTARIS

PERWAKILAN BPKP
PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
Jalan Adonis Samad No. 18
Palangka Raya
Telp (0536) 3225107; (0536) 3229626
Fax (0536) 3226664
email kalteng@bpkp.go.id ; prolap_kalteng@bpkp.go.id

PETA LOKASI