Coaching Clinic Aplikasi SIA BUMDes Provinsi Kaltara Tahun 2020

TARAKAN - Kamis (22/10), telah diselenggarakan kegiatan Coaching Clinic Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi Badan Usaha Milik Desa (SIA BUMDes) Provinsi Kalimantan Utara Tahun 2020 yang pelaksanaannya bertempat di aula kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara. Acara tersebut dilaksanakan selama 3 hari, yakni mulai tanggal 22 s.d 24 Oktober 2020.
 
Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Bidang (Kabid) Ekonomi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Kalimantan Utara Hasan Basri. Selanjutnya, sambutan dari Pelaksana Tugas Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara R. Bimo Gunung Abdulkadir.
 
Tujuan dilakukannya kegiatan tersebut yakni guna mewujudkan BUMDes yang dapat menyusun laporan keuangan, sehingga dapat digunakan sebagai alat untuk mengambil keputusan para stakeholder BUMDes, seperti Pemerintah Desa sebagai pemberi modal dan APIP selaku pengawas pelaksanaan Dana Desa. Adapun manfaat dari kegiatan tersebut yakni terwujudnya akuntabilitas yang memadai tentang transaksi yang dilakukan oleh BUMDes.
 
Pelatihan SIA BUMDes ini diberikan kepada 5 BUMDes dari Kabupaten Bulungan yang merupakan salah satu pilot project implementasi SIA BUMDes di Indonesia. Kegiatan tersebut diselenggarankan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kalimantan Utara.
 
(Kominfo BPKP Kaltara)