Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara

BPKP Kaltara adakan Workshop PK APIP dan Siskeudes dalam rangka HUT BPKP Ke-36
04 Mei 2019 13:41:08 / kaltara / dibaca: 69 kali / Kat: Sosialisasi/Workshop

Tarakan, Jumat (3/5) – Salah satu dari rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Ke-36 BPKP, Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara menyelenggarakan workshop dengan topik “Peluncuran dan workshop Bonline serta Sosialisasi Sistem Informasi Risiko PengelolaanKeuangan Desa dan BUMDes” di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara Jl. Yos Sudarso no.34 Tarakan.

Narasumber Workshop adalah Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara Sutrisno dan Korwas P3A Abdul Syukur.Peserta Workshop adalah para Inspektur, auditor berasal dari seluruh Inspektorat di Provinsi/ Kabupaten/ Kota wilayah Kalimantan Utara, dan seluruh pegawai Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara.

Bonline adalah sebuah aplikasi berbasis internet yang membantu proses penyelenggaraan bimbingan teknis peningkatan kapabilitas APIP (PK APIP) di Provinsi/Kabupaten/Kota menuju level 3. Dengan aplikasi ini, APIP dapat men-download contoh infrastruktur yang akan dibuat, setelah itu meng-upload infrastruktur yang telah dibuat. Selain itu APIP juga dapat melihat sejauh mana infrastrktur PK APIP yang telah dibuat dan dapat melihat pemenuhan pada Daftar Uji nya.

Aplikasi Sistem Informasi Risiko Pengelolaan Keuangan Desa dan BUMDes membantu Pemerintah Daerah dalam melakukan monitoring serta mitigasi risiko yang ada pada Keuangan Desa dan BUMN Desa. Dengan demikian Pemerintah Daerah dapat menentukan langkah lebih lanjut untuk melakukan pengendaliannya.

Pada sambutannya Sutrisno mengatakan aplikasi yang sedang dibangun ini sangat bermanfaat bagi peningkatan kapabilitas APIP dan pengelolaan Keuangan Desa serta BUMDes. “Sesuai dengan Nawacita yaitu membangun Indonesia dari pinggiran, dan perkembangan dana desa dari tahun ke tahun semakin besar di sisi lain terjadi beberapa kasus terkait keuangan desa dan BUMDes. Oleh karena itu disinilah diperlukan aplikasi Sistem Informasi Risiko Pengelolaan Keuangan Desa dan BUMDes”, ungkap Sutrisno.

(Humas BPKP Kaltara)



Share      

Berita Terkait:

08 Nopember 2018 15:43:58 / kaltara / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Jam Pimpinan Deputi Investigasi di BPKP Kaltara


Profil Perwakilan
Tugas Pokok dan Fungsi
Sekapur Sirih
Visi dan Misi
Struktur Organisasi dan SDM
Wilayah Kerja
Informasi Publik
Ringkasan Laporan Keuangan
Ringkasan Anggaran
Perjanjian Kinerja
Indikator Kinerja Utama
Laporan Kinerja
Rencana Umum Pengadaan
Daftar Barang Milik Negara (BMN)
Kontak Kami

Perwakilan BPKP Provinsi Kaltara

 
Jln. Yos Sudarso No. 34, Tarakan 77112
Telp. (0551) 22855, 3806421
Fax. (0551) 22855
Email : kaltara@bpkp.go.id