Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara

Pengukuhan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara
17 Desember 2018 14:53:35 / kaltara / dibaca: 169 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Peran BPKP yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh jajaran BPKP perwakilan Provinsi Kalimantan Utara di bawah pimpinan Kepala perwakilan yang baru, yang berfokus pada 4 hal, yaitu Pengawasan Proyek Strategis Nasional (evaluasi ketahanan energi), Peningkatan Ruang Fiskal Pemerintah Daerah (peningkatan pendapatan dan efisiensi dan efektivitas belanja), Pengamanan Keuangan dan Aset Daerah (Perhitungan Kerugian negara, Audit klaim, penyesuaian harga) dan Peningkatan Governance System (Bimtek, Pelatihan atau Coaching Clinic).

Tanjung Selor, Senin (17/12) - Pengukuhan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara dilaksanakan di Aula Pertemuan Gedung Gabungan Dinas II (Gadis II) Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara oleh Gubernur Kalimantan Utara Dr. Ir. H. Irianto Lambrie dan disaksikan oleh Deputi Kepala BPKP Bidang PIP Bidang Polhukkam PMK Ernaldy Sudarmanto. Pengukuhan dilaksanakan menyusul terbitnya Keputusan Kepala BPKP Nomor: KEP-228/K/SU/2018 Tanggal 23 November 2018 tentang Pengangkatan dan Pemindahan Pejabat Struktural di Lingkungan BPKP yang memutuskan pengangkatan Sutrisno sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara menggantikan Alexander Rubi Satyoadi yang selanjutnya menjabat sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi. Nampak hadir pada acara pengukuhan Bupati Bulungan, Bupati Nunukan, Walikota Tarakan, Wakil Bupati Malinau, dan Wakil Bupati Tana Tidung, serta tamu undangan penting lainnya.

Acara pengukuhan dilaksanakan bersamaan dengan acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Kegiatan (DIPA) Tahun 2019 dan penyerahan Alokasi Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2019 oleh Kantor Wilayah Pelayanan Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Utara. Pada kesempatan tersebut, Deputi Kepala BPKP Bidang PIP Bidang Polhukkam  PMK juga berkesempatan menyerahkan Laporan Hasil Quality Assurance (QA) Maturitas SPIP Provinsi Kalimantan Utara yang telah berhasil mencapai level 3 (terdefinisi) kepada Gubernur Kalimantan Utara.

Dalam kesempatan itu, Ernady menegaskan kembali peran BPKP yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh jajaran BPKP perwakilan Provinsi Kalimantan Utara di bawah pimpinan Kepala perwakilan yang baru, yang berfokus pada 4 hal, yaitu Pengawasan Proyek Strategis Nasional (evaluasi ketahanan energi), Peningkatan Ruang Fiskal Pemerintah Daerah (peningkatan pendapatan dan efisiensi dan efektivitas belanja), Pengamanan Keuangan dan Aset Daerah (Perhitungan Kerugian negara, Audit klaim, penyesuaian harga) dan Peningkatan Governance System (Bimtek, Pelatihan atau Coaching Clinic).

Sementara itu dalam mengawali sambutannya, Irianto mengucapkan selamat kepada Sutrisno yang telah dipercaya BPKP untuk promosi menjabat sebagai kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara dan mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Alexander Rubi Satyoadi yang telah menunjukkan kinerja yang sangat baik selama menjabat sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara.

Selanjutnya, Irianto juga menekankan pentingnya akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah dan menyatakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara sebagai provinsi yang masih muda usia secara konsisten telah dan akan terus  berkomitmen penuh mewujudkan akuntabiltas pengelolaan keuangan yang baik dengan terus bekerja keras dan menjaga integritas. Hal ini tercermin, menurut beliau, antara lain melalui diperolehnya opini WTP 4 tahun berturut-turut sejak pertama diaudit oleh BPK pada tahun 2015, masuk 5 besar zona integritas, persentase tertinggi atas tindak lanjut hasil audit BPK se Indonesia, Peringkat ke 2 tindak lanjut hasil pengawasan Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Indeks demokrasi terbaik ke 3 se indonesia, Zona hijau tingkat kepatuhan yang dikeluarkan Ombudsman Indonesia, Tingkat Maturias SPIP Level 3 dan kapabilitas APIP level 3 yang masih dalam proses QA di BPKP. Hasil yang telah dicapai tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara serta kerjasama yang baik dengan stakeholder/mitra kerja, salah satunya adalah BPKP. Oleh karena itu, Irianto berharap Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara yang baru dapat terus meningkatkan kerja sama dengan Pemerintah Daerah di Provinsi Kalimantan Utara di masa-masa yang akan datang.

BPKP Kaltara... Rumah kebaikan Kita Bersama.

(Humas Perwakilan BPKP Prov. Kaltara)



Share      

Berita Terkait:

14 Pebruari 2019 17:09:42 / kaltara / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Kegiatan penyaluran Dana Zakat Profesi
06 Pebruari 2019 16:18:36 / kaltara / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
PENGAMBILAN SUMPAH PNS DAN PENANDATANGANAN PAKTA INTEGRITAS DI LINGKUNGAN PERWAKILAN BPKP PROVINSI K
18 Desember 2018 18:52:38 / kaltara / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Membangun Semangat Organisasi dan Kebersamaan
03 Desember 2018 13:34:10 / kaltara / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Berita Foto: Deteksi Dini Penyalahgunaan Narkoba
23 Oktober 2018 06:17:53 / kaltara / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP Kaltara Berpartisipasi Pada Hari Oeang


Profil Perwakilan
Tugas Pokok dan Fungsi
Sekapur Sirih
Visi dan Misi
Struktur Organisasi dan SDM
Wilayah Kerja
Informasi Publik
Ringkasan Laporan Keuangan
Ringkasan Anggaran
Perjanjian Kinerja
Indikator Kinerja Utama
Laporan Kinerja
Rencana Umum Pengadaan
Daftar Barang Milik Negara (BMN)

Kontak Kami

Perwakilan BPKP Provinsi Kaltara

 
Jln. Yos Sudarso No. 34, Tarakan 77112
Telp. (0551) 22855, 3806421
Fax. (0551) 22855
Email : kaltara@bpkp.go.id