Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara

Sosialisasi SPIP di Polda Kaltara
10 Oktober 2018 08:10:45 / kaltara / dibaca: 40 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

(Tanjung Selor/09/10/2018) Bertempat di Gedung Grand Ballroom, Tanjung Selor, Bulungan, Perwakilan BPKP Provinsi Kaltara memberikan sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) kepada jajaran di lingkungan Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Utara

Kepala Perwakilan (Kaper) BPKP Prov Kaltara, Alexander Rubi Satyoadi dalam sambutannya menyatakan beberapa issue berkaitan dengan pentingnya implementasi SPIP, antara lain adanya pengaruh ekstern yang mempengaruhi pencapaian tujuan organisasi dan target dalam RPJMN 2016-2019 dimana seluruh Kementerian/Lembaga diharapkan maturitas SPIP-nya berada pada level 3. Kaper juga menyatakan bahwa sebenarnya SPIP ini bukan merupakan hal baru dalam pemerintahan, karena setiap organisasi pasti sudah mempunyai sistem pengendalian masing-masing. Hanya saja, untuk instansi pemerintah, Pemerintah Indonesia telah mengatur bahwa standar yang disepakati untuk digunakan adalah Sistem Pengedalian Intern Pemerintah yang diatur dalam PP Nomor 60 tahun 2008 yang diadopsi dari konsep COSO.

Selanjutnya dalam arahannya sekaligus membuka acara, Kapolda Kaltara, Indrajit menyatakan sebagai Polda yang baru berdiri tentu masih banyak kekurangan baik kualitas maupun kuantitas SDM terutama dalam pengelolaan keuangan. Inilah salah satu pentingnya kita harus memahami SPIP agar nanti saat ada pemeriksaan keuangan, oleh BPK maupun Irwasum, tidak ada masalah lagi. Kapolda juga menyatakan bahwa tentu tidak cukup hanya kegiatan sekali ini dapat menyelesaikan seluruh masalah, dibutuhkan sinergi lanjutan antara Irwasda dan BPKP dalam meningkatkan pemahaman dan implementasi SPIP.

Polda Kaltara merupakan pelaksana tugas Kepolisian RI di wilayah Kalimantan Utara yang resmi berdiri sejak tanggal 8 Januari 2018. Pelaksanaan sosialisasi kepada jajaran di Polda Kaltara ini direncanakan berlangsung selama 2 hari pada tanggal 9 – 10 Oktober 2018. Sosialisasi merupakan salah satu tindak lanjut Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

SPIP merupakan amanat PP 60 tahun 2008 tentang SPIP yang harus diimplementasikan oleh seluruh instansi pemerintah di Indonesia. SPIP merupakan sistem yang bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan negara, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

BPKP sesuai amanat PP 60 merupakan pembina SPIP yang meliputi penyusunan pedoman teknis penyelenggaraan SPIP, sosialisasi SPIP, pendidikan dan pelatihan SPIP, pembimbingan dan konsultansi SPIP dan peningkatan kompetensi auditor aparat pengawasan intern pemerintah. Dalam pelaksnaan di daerah dilaksanakan oleh Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara. (AS)

 



Share      

Berita Terkait:

08 Oktober 2018 19:55:52 / kaltara / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Groundbreaking Pembangunan Gedung BPK dan Pelantikan Pengurus IAI
15 Agustus 2018 09:37:52 / kaltara / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Pelantikan Koordinator Pengawasan Bidang Akuntan Negara
05 Juni 2018 09:02:48 / kaltara / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Ramadan, Partisipasi Masyarakat Meningkat


Profil Perwakilan
Tugas Pokok dan Fungsi
Sekapur Sirih
Visi dan Misi
Struktur Organisasi dan SDM
Wilayah Kerja
Informasi Publik
Perjanjian Kinerja
Indikator Kinerja Utama
Laporan Kinerja
Kontak Kami

Perwakilan BPKP Provinsi Kaltara

 
Jln. Yos Sudarso No. 34, Tarakan 77112
Telp. (0551) 22855, 3806421
Fax. (0551) 22855
Email : kaltara@bpkp.go.id