Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara

Verifikasi Capaian PKH (Program Keluarga Harapan) Kota Tarakan
01 Maret 2018 10:41:04 / kaltara / dibaca: 1087 kali / Kat: Evaluasi

Tarakan, 28 Februari 2018. Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara melakukan kegiatan Verifikasi Pencapaian Disbursement Link Indikator (DLI) Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2017. Kegiatan ini merupakan dukungan verifikasi serupa oleh BPKP terhadap capaian PKH yang merupakan tanggung jawab Kementerian Sosial (Kemensos), kegiatan ini dilakukan secara serentak di 34 provinsi di Indonesia pada minggu kedua bulan Februari 2018.

Tujuan verifikasi adalah untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa laporan kinerja yang disampaikan oleh Kementerian Sosial sesuai dengan DLI yang telah disepakati Bank Dunia, dihitung secara akurat dengan bukti-bukti yang relevan dan memadai. Kegiatan ini dilaksanakan pada minggu ke-3 bulan Februari 2018.

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin (KM), atau dalam istilah internasional dikenal sebagai Conditional Cash Transfer (CCT). PKH mulai dilaksanakan di Indonesia pada tahun 2007, sebagai upaya membangun sistem perlindungan sosial kepada keluarga miskin dan rentan, membantu mengurangi beban pengeluaran keluarga dan meningkatkan kualitas kesehatan dan pendidikan sebagai investasi bagi  generasi masa depan. Melalui PKH, keluarga miskin didorong untuk memiliki akses dan memanfaatkan pelayanan sosial dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, dan pendampingan, termasuk akses terhadap berbagai program perlindungan sosial lainnya yang merupakan program komplementaritas  secara berkelanjutan. Pemerintah telah memperluas cakupan kepesertaan PKH, dari 3,5 juta keluarga pada tahun 2015 menjadi 6 juta keluarga (atau sekitar 9 persen dari jumlah penduduk) pada akhir tahun 2016. Perluasan ini telah menjadikan PKH sebagai  program CCT terbesar ketiga di dunia.

Kementerian Sosial yang bertugas sebagai pelaksana PKH juga bertanggung jawab atas pelaksanaan pada Program untuk Hasil (PforR). Bank Dunia akan mencairkan dana senilai $200 juta selama empat tahun mendatang berdasarkan capaian sembilan indikator terkait pencairan dana (DLI) untuk PKH. Dengan mengaitkan pencairan dana dengan pencapaian hasil yang nyata dan bisa diverifikasi, fokus PforR berubah dari pembiayaan input menjadi pembiayaan pencapaian atas hasil, yang melibatkan konsensus lintas sektoral untuk melaksanakan reformasi.

Kegiatan verifikasi oleh Tim BPKP Kaltara dilakukan dengan melakukan evaluasi dokumen, wawancara dengan pelaksana PKH Kota Tarakan, dan pihak lain yang terlibat. tim juga melakukan wawancara terhadap peserta PKH. Peserta PKH di Kota Tarakan sampai dengan Desember 2017 mencapai 2.181 keluarga.



Share      

Berita Terkait:

14 Maret 2018 08:59:54 / kaltara / dibaca: kali / Kat: Evaluasi
BPKP Evaluasi Tata Kelola Beras di Wilayah Kaltara


Profil Perwakilan
Tugas Pokok dan Fungsi
Sekapur Sirih
Visi dan Misi
Struktur Organisasi dan SDM
Wilayah Kerja
Informasi Publik
Perjanjian Kinerja
Indikator Kinerja Utama
Laporan Kinerja
Kontak Kami

Perwakilan BPKP Provinsi Kaltara

 
Jln. Yos Sudarso No. 34, Tarakan 77112
Telp. (0551) 22855, 3806421
Fax. (0551) 22855
Email : kaltara@bpkp.go.id