KUNJUNGAN TIM BAPPENAS KE PERWAKILAN BPKP KALIMANTAN SELATAN

Tim Bappenas diterima Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan, Edy Karim dan pejabat struktural BPKP Kalimantan Selatan.  Kepala Perwakilan menjelaskan kegiatan pembinaan SPIP yang dilakukan di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan meliputi tahapan knowing  melalui kegiatan sosialisasi pada seluruh pemda dan instansi vertikal di daerah, fasilitasi penyusunan Peraturan Kepala Daerah tentang penyelenggaraan SPIP, penyusunan juklak dan pembentukan Satgas SPIP serta Diklat bagi Satgas SPIP. Pada tahap Mapping  telah dilakukan pemetaan dengan metode Diagnostic Assessment pada delapan Pemda serta monitoring atas perbaikan SPIP hasil Diagnostic Assessment  pada tiga Pemda.  Kegiatan pembinaan lainnya adalah Bimbingan dan konsultasi SPIP kepada pemda dalam membangun infrastruktur implementasi SPIP.  Pembinaan SPIP yang dilakukan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan berdasarkan Pedoman-pedoman yang ditetapkan dengan Peraturan Kepala BPKP.

Lebih lanjut Edy Karim menjelaskan bahwa BPKP juga membantu Pemda dalam meningkatkan kualitas akuntabilitas keuangan daerah melalui Bimtek/asistensi  pengelolaan keuangan daerah khususnya peningkatan kualitas laporan keuangan daerah agar memperoleh opini WTP dari hasil audit BPK.  Disamping itu BPKP juga membantu pemda menyusun SAKIP dan reviu LAKIP  dalam upaya meningkatkan akuntabilitas kinerja pemerintah daerah. Edy Karim menambahkan implentasi SPIP dan peningkatan kualitas laporan keuangan memerlukan komitmen yang konsisten dari Kepala Daerah dan seluruh aparat pemda melalui rencana aksi yang rinci dan terukur.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan mengucapkan terima kasih atas kunjungan Tim Bappenas, dan mengharapkan hasil monitoring dapat memberikan informasi umpan balik bagi penyempurnaan RKP khususnya dalam pembinaan SPIP. [Humas KalSel/Ggh-MS]