KOORDINASI DENGAN KAJATI DAN KAPOLDA:FORKOPIMDA BERPERAN DALAM PEMULIHAN EKONOMI DAERAH DAN SOSIAL

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan Rudy M. Harahap didampingi Korwas Bidang Investigasi Ngatno melakukan koordinasi dengan Kejaksaan Tinggi dan Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan, Rabu (5/5). Rudy diterima langsung oleh Kepala Kejaksaan Tinggi,Rudi Prabowo Aji, dan Kepala Kepolisian Daerah, Irjen Pol. Rikhwanto.

Rudy M. Harahap ingin mempererat kerja sama antara Perwakilan BPKP dengan Kejaksaan Tinggi dan Kepolisian Daerah, terutama dalam penanganan kasus-kasus yang berindikasi tindak pidana korupsi dan pengawasan.

Pada kesempatan tersebut, Rudi Prabowo menyampaikan terima kasih kepada Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan yang telah bekerja sama dengan baik. Ia berharap kerja sama tersebut dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi ke depannya.

Sementara itu, Rikhwanto juga berharap terus terjalin komunikasi Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan dengan Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan, khususnya dalam hal penanganan tindak pidana korupsi.

Ia juga berharap Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan bersama instansi vertikal lainnya dapat memfasilitasi upaya pemulihan ekonomidi Kalimantan Selatan,seperti menjadikan usaha-usaha informal lebih ber-image positif.

Misalnya, membantu labeling usaha-usaha informal tersebut menjadi badan usaha formal, dalam bentuk PT atau CV. Dengan demikian, mereka akan berpeluang menjadi pembayar pajak ke depannya.

Rudy menyambut baik keinginan Kapolda tersebut. “Peran Kapolda sangat strategis karena Kapolda adalah anggota dewan governansi daerah melalui Forkopimda,” katanya. Melalui rapat Forkopimda, Kapolda bisa memberikan arahan untuk mensinergikan berbagai usaha di suatu daerah, tambahnya.

“Forkopimda bisa memerankan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan sebagai sekretaris Forkopimda untuk memonitor arahan-arahan Forkopimda terkait pemulihan ekonomi dan penanganan sosial ke depannya,” tutur Rudy. 

(Kominfo BPKP Kalsel/UR)