Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa dan Penanganan Bantuan Sosial ke Pemkab Tanah Laut dan Pemkab Tapin

Pada hari pertama, tim bertemu dengan Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) untuk memperoleh informasi tentang penyaluran Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa (BLT-DD) di Kantor DPMD, Pelaihari. Berdasarkan informasi dari Kadis DPMD, penyaluran BLT-DD sebagian besar belum terealisasi dikarenakan Pemerintah Desa masih dalam proses pengajuan calon penerima BLT-DD dan diverifikasi oleh Dinas Sosial. Pada hari yang sama tim melakukan konfirmasi ke tiga desa di Kecamatan Pelaihari yaitu Desa Atu Atu, Desa Tampang, dan Desa Tungkaran.

Di hari kedua, tim melakukan konfirmasi ke dua desa di Kecamatan Takisung yaitu Desa Batilai dan Desa Ranggang. Selain itu, tim bertemu dengan Kepala Dinas Sosial mendapatkan informasi terkait penyaluran penerima Bansos. Menurut Kadinsos, Bantuan Sosial dari APBN dan APBD Kabupaten Tanah Laut sudah disalurkan ke KK di beberapa desa di Kabupaten Tanah Laut dengan menerbitkan SK Penerima Bansos setiap bulannya, sedangkan Bansos dari APBD Provinsi Kalimantan Selatan belum ada pencairan.

Minggu berikutnya, hari Selasa dan Kamis tanggal 12 dan 14 Mei telah dilakukan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Desa dan Penanganan Bantuan Sosial pada Pemerintah Kabupaten Tapin diwakili oleh Tim dari Bidang APD. Kegiatan ini dilakukan untuk mendapatkan informasi terkaitpencairan Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa (BLT-DD) yang berpengaruh pada APBDesa dan pencairan Bantuan Sosial dari APBD dan dari APBN (Kemensos) terkait penanganan COVID-19.

Pada hari pertama, tim bertemu dengan Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) untuk memperoleh informasi tentang penyaluran Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa (BLT-DD) di Kantor DPMD, Rantau. Berdasarkan informasi dari Kadis DPMD, penyaluran BLT-DD sebagian sudah realisasi, sedangkan yang belum realisasi masih dalam tahap Musyawarah Desa Khusus dan masih dalam proses tinggal pencairan. Pada hari yang sama tim melakukan konfirmasi ke dua desa di Kecamatan Tapin Utara yaitu Desa Jingah Babaris dan Desa Badaun. Di hari kedua, tim melakukan konfimasi ke dua desa di Kecamatan Bungur yaitu Desa Bungur dan Desa Timbung. Selain itu, tim bertemu dengan Kepala Dinas Sosial mendapatkan informasi terkait penyaluran penerima Bansos maupun BLT-DD. Menurut Kadinsos, Bansos dari APBD Provinsi Kalimantan Selatan dan ABPD Kabupaten Tapin akan disalurkan sekaligus dengan penerima sekitar 5000 KK.