Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan

Diklat Audit Investigatif bagi APIP Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan
25 Juni 2019 07:57:38 / kalsel / dibaca: 267 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Deputi Bidang Investigasi BPKP Iswan Helmi juga memberikan sambutan dan membuka Diklat Audit Investigatif secara resmi. Beliau menyampaikan bahwa setelah mengikuti diklat audit investigatif ini, dibutuhkan upaya pengembangan SDM yang berkelanjutan dan terus menerus terkait audit investigatif. Hal ini disebabkan karena untuk menjadikan seorang auditor investigatif handal, tidak hanya ditentukan oleh pengetahuan, tetapi lebih ditentukan oleh pengalaman karena untuk kasus yang sejenis dibutuhkan pendekatan yang berbeda-beda, bisa dengan cara-cara yang intimidatif maupun dengan cara-cara yang scientific, serta dari berbagai segi ilmu, sehingga auditor investigasi harus memiliki kompetensi yang mumpuni dan dalam prosesnya membutuhkan waktu.

Pada tanggal 24 Juni 2019 bertempat di Aula Gedung Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkas) Provinsi Kalimantan Selatan, telah dilaksanakan Acara Pembukaan Diklat Audit Investigatif  bagi APIP Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan. Pembukaan diklat dihadiri oleh Deputi Bidang Investigasi BPKP Iswan Helmi, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan Herman Hermawan, Inspektur Provinsi Kalimantan Selatan Awi Sundari, Pejabat Struktural dan Korwas di Lingkungan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan, Widyaiswara, serta 43 orang peserta dari Inspektorat Daerah se-Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan dan Kepolisian Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan Herman Hermawan menyampaikan bahwa Sasaran yang ingin dicapai dari diselenggarakannya Diklat Audit Investigatif ini adalah agar peserta diklat mendapatkan pemahaman secara komprehensif tentang tugas-tugas keinvestigasian, memiliki kompetensi yang baik dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan audit investigatif, serta dapat melakukan transfer knowledge kepada auditor di lingkungan unit kerjanya masing-masing.

Dalam kesempatan yang sama, Inspektur Provinsi Kalimantan Selatan Awi Sundari juga memberikan sambutan dalam acara tersebut. Beliau menyampaikan bahwa seiring dengan berjalan waktu, APIP memiliki peran yang semakin strategis karena APIP semakin dibutuhkan dalam mewujudkan clean government dan good governance. Oleh karena itu, APIP didorong untuk senantiasa meningkatkan kualitas SDMnya, salah satu caranya adalah dengan mengikuti Diklat Audit Investigatif. Dengan adanya diklat ini, diharapkan agar APIP memiliki gambaran terkait audit investigatif sehingga dapat lebih vokal apabila terjadi hal-hal yang tidak sesuai serta agar APIP tidak kalah mental apabila berhadapan dengan Aparat Penegak Hukum pada saat bekerja sama dalam penanganan suatu masalah.

Dalam acara pembukaan tersebut, Deputi Bidang Investigasi BPKP Iswan Helmi juga memberikan sambutan dan membuka Diklat Audit Investigatif secara resmi. Beliau menyampaikan bahwa setelah mengikuti diklat audit investigatif ini, dibutuhkan upaya pengembangan SDM yang berkelanjutan dan terus menerus terkait audit investigatif. Hal ini disebabkan karena untuk menjadikan seorang auditor investigatif handal, tidak hanya ditentukan oleh pengetahuan, tetapi lebih ditentukan oleh pengalaman karena untuk kasus yang sejenis dibutuhkan pendekatan yang berbeda-beda, bisa dengan cara-cara yang intimidatif maupun dengan cara-cara yang scientific, serta dari berbagai segi ilmu, sehingga auditor investigasi harus memiliki kompetensi yang mumpuni dan dalam prosesnya membutuhkan waktu.

Diklat Audit Investigatif  bagi APIP Wilayah Provinsi Kalimantan Selatandiselenggarakan selama 5 hari kerja mulai tanggal 24 s.d. 28 Juni 2019. Melalui Diklat Audit Investigatif ini, diharapkan agar APIP mampu meningkatkan kapasitasnya dalammelaksanakan audit investigatifsehingga APIP mampu mengidentifikasi dan mengungkapkan kecurangan atau kejahatan dengan menggunakan prosedur dan teknik-teknik yang umumnya digunakan dalam suatu penyelidikan atau penyidikan terhadap suatu kejahatan.



Share      

Berita Terkait:

18 September 2017 09:23:49 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Penutupan Diklat Penjenjangan Auditor Muda bagi Inspektorat di Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan
02 Agustus 2017 07:36:18 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pembukaan Diklat Reviu LKPD bagi Auditor di Lingkungan APIP se Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan
29 Nopember 2016 15:37:35 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Meminimalisasi Risiko Hukum Dalam Penugasan Pengawasan
16 Mei 2016 15:56:36 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pemkot Banjarmasin Mendukung BPKP Kalsel Memajukan APIP Berkelas Dunia
20 April 2016 15:31:15 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Tingkatkan Keahlian Audit dengan Workshop Digital Media Acquisition & Triage


PROFIL
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Tugas dan Fungsi
Sejarah
Produk & Layanan
Wilayah Kerja
DOKUMEN PUBLIK
ATURAN PERILAKU PEGAWAI BPKP
LAPORAN KEUANGAN
DOKUMEN SAKIP
Rencana Strategis (Renstra)
Laporan Kinerja Triwulanan
Perjanjian Kinerja (Perkin)
Laporan Kinerja (LKj)
Perkin Eselon III & IV
PROGRAM DAN KEGIATAN
Jadwal Kegiatan dan Anggaran
Target Program dan Kegiatan
 
KONTAK KAMI
Perwakilan BPKP Prov. Kalimantan Selatan

Alamat :
Jl. Jend. A. Yani Km. 32,5
Banjarbaru - 70711
Telp: (0511) 4781116
Fax. : (0511) 4774501

E-mail :

kalsel@bpkp.go.id

humas.kalsel@bpkp.go.id

----------------------------------------------------

Sosial Media BPKP Kalimantan Selatan

 

______________________________

Sosial Media BPKP Pusat

 

 

BANUA BAPADAH EDISI KE-6

SEPTEMBER 2016
 

UNDUH DI SINI

 

  Sejarah


 Galeri Foto


    

  Peta Wilayah