Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan

Apresiasi Anggota DPR RI atas Capaian Implementasi SISKEUDES di Kabupaten Balangan
09 Mei 2018 09:47:59 / kalsel / dibaca: 110 kali / Kat: Sosialisasi

Apresiasi disampaikan oleh Bapak Saiful Rasyid selaku anggota Komisi XI DPR RI kepada Kabupaten Balangan atas pencapaian implementasi aplikasi SISKEUDES secara menyeluruh 100%. Apresiasi juga ditujukan kepada BPKP selaku auditor internal pemerintah dalam fungsinya melakukan Fungsi Pembinaan, khususnya terkait pengelolaan dana desa.

Apresiasi disampaikan oleh Bapak Saiful Rasyid selaku anggota Komisi XI DPR RI kepada Kabupaten Balangan atas pencapaian implementasi aplikasi SISKEUDES secara menyeluruh 100%. Apresiasi juga ditujukan kepada BPKP selaku auditor internal pemerintah dalam fungsinya melakukan Fungsi Pembinaan, khususnya terkait pengelolaan dana desa. Dalam kesempatan ini pula, anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Kalimantan Selatan I ini berjanji akan menaikkan anggaran bagi BPKP guna meningkatkan Fungsi Pembinaannya.

Paringin, 8 Mei 2018. Hari Selasa bertempat di Aula Kantor Bupati  dilaksanakan Workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa dengan Aplikasi SISKEUDES di Kabupaten Balangan. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh SOPD, Camat, dan 154 Kepala Desa dan jajaran perangkat desa pada Kabupaten Tabalong. Kegiatan ini resmi dimulai oleh Asisten III Kabupaten Balangan pada pukul 10.00 WITA.

Acara workshop yang dipandu oleh Kepala Kehumasan dan Protokoler Bapak Tamrin selaku moderator. Workshop ini menghadirkan narasumber dari beberapa pihak yang terkait dengan pengelolaan dana desa. Narasumber pertama berasal dari anggota Komisi XI DPR RI Bapak Saiful Rasyid. Anggota DPR yang pernah menjabat Bupati Hulu Sungai Tengah selama dua periode tersebut menekankan pada pentingnya penyusunan RPJMDes yang tepat. Berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 2014, dengan pemilihan RPJMDes yang benar, kesuksesan pembangunan desa akan tercapai. Setelah penyusunan RPJMDes, langkah berikutnya adalah penyusunan RKPDes. Dengan susunan dan penganggaran yang rapi, baik dan transparan maka pencapaian pembangunan desa dan tersusunnya PRUKADes sebagai hasil olahan dan potensi desa yang dimiliki akan tercapai. Apresiasi disampaikan oleh Bapak Saiful Rasyid selaku anggota Komisi XI DPR RI kepada Kabupaten Balangan atas pencapaian implementasi aplikasi SISKEUDES secara menyeluruh. Apresiasi juga ditujukan kepada BPKP selaku auditor internal pemerintah dalam fungsinya melakukan Fungsi Pembinaan, khususnya terkait pengelolaan dana desa. Dalam kesempatan ini pula, anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Kalimantan Selatan I ini berjanji akan menaikkan anggaran bagi BPKP guna meningkatkan Fungsi Pembinaannya.

Narasumber kedua AKBP. M. Muchdori, SIK, CFra dari Kasubdit III Tipidkor
Ditreskrimsus yang mewakili Kepala POLDA Provinsi Kalimantan Selatan menyampaikan tugas POLRI terkait pembangunan desa ada dua yaitu terkait preventif oleh (Direktorat BIMAS) dan represif (oleh SUBDIT III Tipikor). Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak POLRI dalam pembangunan desa. Bhabinkamtibmas menugaskan satu anggota untuk satu desa dalam pengawalan hukum. POLRI menghimbau agar pengelolaan keuangan desa dilakukan secara transparan.

Workshop kemudian dilanjutkan oleh Narasumber dari Bapak Suherman selaku Kepala Sub Auditorat Kalsel III yang mewakili Kepala BPK-RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan memaparkan terkait fokus pemeriksaan BPK untuk desa yaitu pembangunan kewilayahan desa dan kawasan pedesaan. Dari hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD)yang telah dilakukan oleh BPK-RI terkaitpenyaluran dana desadisimpulkan adanya keterlambatan penyampaian laporan realisasi penggunaan dana desa tahap 1dan 2 oleh desa kepada pemerintah kabupaten. Dan hal ini akan berdampak pada keterlambatan penyampaian laporan konsolidasi realisasi dana desa ke pemerintah pusat,  tertundanya penerimaan dana di RKUD, dan tertundanya penyaluran dana desa ke desa.

Paparan dilanjutkan oleh narasumber terakhir Bapak Iskandar Novianto selaku Direktur Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah III BPKP Pusat. Dalam paparannya, BPKP yang diwakili oleh Bapak Iskandar memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas penyerahan hasil kompilasi dana desa melalui aplikasi SISKEUDES yang berhasil diselesaikan dengan baik oleh Kabupaten Balangan.

Aplikasi SISKEUDES akan selalu diperbaharui mengikuti perkembangan perubahan regulasi yang berlaku. Kemudahan-kemudahan yang didapat setelah pengimplementasian Aplikasi SISKEUDES diharapkan membuat para Kepala Desa dan Aparat Desa tidak hanya akan sibuk dalm hal penatausahaan keuangan desa saja sehingga tidak sempat menyusun perencanaan desa yang baik. Setelah proses penatausahaan, maka laporan-laporan yang dibutuhkan dalam rangka pertanggunggjawaban dana desa otomatis akan sudah tersedia oleh aplikasi. Dengan pengimplementasian aplikasi SISKEUDES proses monitoring dan evaluasi pun akan lebih mudah dilakukan tanpa penggunaan biaya yang tinggi. Dan berdasarkan hasil evaluasi implementasi Kabupaten Balangan telah mengimplementasi SISKEUDES 100% dan telah menghasilkan laporan hasil kompilasi dana desa.

Workshop dilanjutkan dengan dialog/sesi tanya jawab dari peserta kepada narasumber. Antusias peserta terlihat dari pernyataan-pernyataan para perangkat desa atas implementasi aplikasi SISKEUDES yang sangat membantu para kepala desa dalam penatausahaan dana desa. Pertanyaan yang diutarakan oleh peserta kepada narasumber pun sangat beragam,  salah satunya dari Desa Sumber Agung yang menanyakan terkait regulasi yang memperbolehkan penggunaan dana desa untuk membangun gedung bagi desa yang belum memiliki kantor desa. Atas pertanyaan tersebut, Bapak Saiful selaku anggoga DPR menyampaiakan akan membahasnya lebih lanjut kepada kementerian terkait. Acara workshop resmi ditutup pada pukul 13.10 WITA.(ST/MK/AS)



Share      

Berita Terkait:

08 Mei 2018 10:07:01 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Workshop Evaluasi Impelementasi Aplikasi Siskeudes di Kabupaten Tabalong
26 April 2018 09:45:43 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Tingkatkan Tata Kelola Keuangan Desa, BPKP Kalsel gelar workshop bersama Pemda HST
10 April 2018 15:45:09 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Membudayakan SPIP melalui Kearifan Lokal di Kabupaten Banjar
21 Pebruari 2018 15:41:09 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Kepala Perwakilan menghadiri Rapat Koordinasi APIP se Provinsi Kalimantan Selatan
08 Pebruari 2018 08:44:34 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Kejar Target Level 3 SPIP, BPKP Kalsel Selenggarakan Workshop Penilaian Risiko


PROFIL
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Tugas dan Fungsi
Sejarah
Produk & Layanan
RENSTRA
Wilayah Kerja
DOKUMEN PUBLIK
ATURAN PERILAKU PEGAWAI BPKP
LAPORAN KEUANGAN
KINERJA KANTOR PERWAKILAN
Laporan Kinerja Triwulanan
Laporan Kinerja (LKj)
PROGRAM DAN KEGIATAN
Perjanjian Kinerja (PERKIN)
Jadwal Kegiatan dan Anggaran
Target Program dan Kegiatan
 
KONTAK KAMI
Perwakilan BPKP Prov. Kalimantan Selatan

Alamat :
Jl. Jend. A. Yani Km. 32,5
Banjarbaru - 70711
Telp: (0511) 4781116
Fax. : (0511) 4774501

E-mail :

kalsel@bpkp.go.id

humas.kalsel@bpkp.go.id

----------------------------------------------------

Sosial Media BPKP Kalimantan Selatan

 

______________________________

Sosial Media BPKP Pusat

 

 

BANUA BAPADAH EDISI KE-6

SEPTEMBER 2016
 

UNDUH DI SINI

 

  Sejarah


 Galeri Foto


    

  Peta Wilayah