Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan

Tingkatkan Tata Kelola Keuangan Desa, BPKP Kalsel gelar workshop bersama Pemda HST
26 April 2018 09:45:43 / kalsel / dibaca: 419 kali / Kat: Sosialisasi

Dengan disahkannya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, desa diberikan peran yang besar dalam pelaksanaan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa melalui dana desa. Peran yang besar tentunya disertai dengan tanggung jawab yang besar pula. Untuk membantu desa dalam pengelolaan keuangan desa, serta melaksanakan Peran dan fungsi sebagai pengawas intern, BPKP mengembangkan aplikasi SISKEUDES bekerja sama Kementerian Dalam Negeri.

Barabai (25/4) Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) ProvinsiKalimantan Selatan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menyelenggarakan Workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes di Aula Murakata Barabai, Rabu siang.

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten HST, Akhmad Tamzil ini,  diikuti oleh Kepala desa se-HST, Camat, Kepala SOPD, Satgas Siskeudes Kabupaten, dan Satgas Siskeudes Kecamatan serta dihadiri oleh anggota Komisi XI DPR RI Ahmadi Noor Supit, Direktur Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah II BPKP Pusat Bea Rejeki Tirtadewi, Kepala Subauditorat Kalsel II BPK RI Provinsi Kalsel, dan Kasubdit III Tipidkor Ditreskrimsus POLDA Kalsel yang akan menjadi narasumber dalam kegiatan workshop tersebut.

Akhmad Tamzil menyampaikan apresiasinya kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Kepala desa, Satgas Siskeudes Kabupaten, dan Satgas Siskeudes Kecamatankarena tahun ini HST dapat menyelesaikan kompilasi laporan pertanggungjawaban keuangan desa tepat waktu. Hal tersebut berkat aplikasi SISKEUDES yang sangat memudahkan desa.

“Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat terwujud pengelolaan keuangan dan pembangunan desa yang partisipatif, transparan dan akuntabel di Kabupaten HST,”tambah beliau yang juga menjadi moderator workshop.

Dalam workshop tersebut, anggota DPR RI Ahmadi Noor Supit menjadi pembicara pertama yang berkesempatan menyampaikan paparannya mengenai implementasi UU Nomor 6 Tahun 2014 untuk kesejahteraan rakyat. “Komisi XI sudah meminta kementerian dan lembaga terkait agar tidak membuat petunjuk teknis yang aneh-aneh, jangan sampai juknis membatasi ruang gerak desa dan menyulitkan perangkat desa,”tegas pria yang sudah menjadi anggota DPR sejak tahun 1992 itu. Sontak gemuruh tepuk tangan dan sorak membahana dari para peserta merespon hal tersebut.

Bea Rejeki Tirtadewi, Direktur Pengawasan PKD Wilayah II BPKP Pusat selaku narasumber kedua menyatakan bahwa BPKP siap sedia memberikan bimbingan teknis dan konsultasi dalam penggunaan aplikasi SISKEUDES dan SIA BUMDes dan aplikasi kami berikan secara gratis.

Tidak ketinggalan BPK RI Provinsi Kalsel juga menyampaikan materinya mengenai kebijakan dan fokus pemeriksaan keuangan daerah dan desa kemudian dilanjutkan dengan Polda Kalsel dalam sudut pandang peran POLRI dalam mengawal pembangunan desa.

Workshop sore itu ditutup dengan penyerahan cenderamata dari Pemda HST kepada para narasumber dan penyerahan dokumen Kompilasi laporan pertanggungjawaban keuangan desa kepada BPKP. (Humas Kalsel - SKS, Betriez)



Share      

Berita Terkait:

31 Mei 2018 13:12:10 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Studi Lapangan Latsar KEMENKUMHAM ke Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan
09 Mei 2018 09:47:59 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Apresiasi Anggota DPR RI atas Capaian Implementasi SISKEUDES di Kabupaten Balangan
08 Mei 2018 10:07:01 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Workshop Evaluasi Impelementasi Aplikasi Siskeudes di Kabupaten Tabalong
10 April 2018 15:45:09 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Membudayakan SPIP melalui Kearifan Lokal di Kabupaten Banjar
21 Pebruari 2018 15:41:09 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Kepala Perwakilan menghadiri Rapat Koordinasi APIP se Provinsi Kalimantan Selatan


PROFIL
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Tugas dan Fungsi
Sejarah
Produk & Layanan
RENSTRA
Wilayah Kerja
DOKUMEN PUBLIK
ATURAN PERILAKU PEGAWAI BPKP
LAPORAN KEUANGAN
KINERJA KANTOR PERWAKILAN
Laporan Kinerja Triwulanan
Laporan Kinerja (LKj)
PROGRAM DAN KEGIATAN
Perjanjian Kinerja (PERKIN)
Jadwal Kegiatan dan Anggaran
Target Program dan Kegiatan
 
KONTAK KAMI
Perwakilan BPKP Prov. Kalimantan Selatan

Alamat :
Jl. Jend. A. Yani Km. 32,5
Banjarbaru - 70711
Telp: (0511) 4781116
Fax. : (0511) 4774501

E-mail :

kalsel@bpkp.go.id

humas.kalsel@bpkp.go.id

----------------------------------------------------

Sosial Media BPKP Kalimantan Selatan

 

______________________________

Sosial Media BPKP Pusat

 

 

BANUA BAPADAH EDISI KE-6

SEPTEMBER 2016
 

UNDUH DI SINI

 

  Sejarah


 Galeri Foto


    

  Peta Wilayah