Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan

Membudayakan SPIP melalui Kearifan Lokal di Kabupaten Banjar
10 April 2018 15:45:09 / kalsel / dibaca: 403 kali / Kat: Sosialisasi

Kepala Perwakilan menekankan pentingnya ber-SPIP di lingkungan pemerintah khususnya Kabupaten Banjar, karena SPIP merupakan alat preventif praktek korupsi. Mengingat maraknya kasus operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK terhadap Kepala Daerah maupun Eselon II, diharapkan dengan adanya komitmen bersama dalam mengimplementasi SPIP di masing-masing SOPD, merupakan wujud keseriusan Pemda Kab. Banjar dalam mendukung kegiatan ini.

(Banjar, 9 April 2018) Dari sabang sampai merauke urusan minum kopi sudah menjadi budaya. “Ngopi” pagi bagi orang Indonesia adalah sebuah kearifan lokal. Bahkan setiap daerah memiliki biji kopi khas yang dinamai dengan daerah asal kopi itu sendiri. Sebut saja kopi gayo dari Gayo Aceh, kopi sidikalang dari Sidikalang Sumatera Utara, sampai dengan kopi papua.

Seperti halnya dengan “ngopi” yang sudah membudaya, BPKP Kalsel membudayakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) melalui internalisasi SPIP bagi Kepala SOPD pada acara coffee morning di Aula Barakat Sekretariat Kab. Banjar, yang dihadiri Bupati Banjar KH. Khalilurahman, Wakil Bupati H. Saidi Mansyur, Sekda Kabupaten Banjar Ir. H. Nasrunsyah, jajaran Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dan Kepala Perwakilan BPKP Kalsel Salamat Simanullang beserta tim.

Agenda mingguan Bupati yang diselenggarakan senin pagi ini dibuka langsung oleh Bupati Banjar Kh. Khalilurahman. Dalam sambutannya beliau sangat mendukung implementasi SPIP pada seluruh SOPD demi terwujudnya pemerintahan yang baik, bersih, transparan dan akuntabel di Pemerintah Kabupaten Banjar

“Kebetulan pak Kaper, coffee morning ini diikuti seluruh kepala SOPD jadi bisa langsung didengar dan direspon dengan baik untuk implementasi pada masing-masing SOPDnya,”celetuk Bupati Banjar kepada Kepala Perwakilan BPKP Kalsel. Bupati Banjar juga mengharapkan implementasi SPIP yang merupakan proses integral ini dapat terus dikawal oleh Inspektorat.

Dalam paparannya Kepala Perwakilan menekankan pentingnya ber-SPIP di lingkungan pemerintah khususnya Kabupaten Banjar, karena SPIP merupakan alat preventif praktek korupsi. Mengingat maraknya kasus operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK terhadap Kepala Daerah maupun Eselon II, diharapkan dengan adanya komitmen bersama dalam mengimplementasi SPIP di masing-masing SOPD, merupakan wujud keseriusan Pemda Kab. Banjar dalam mendukung kegiatan ini.

“Tetapi sebaik apapun SPIP yang dibangun akan menjadi sia-sia dan tidak berdampak jika tidak didukung dengan komitmen dari sumber daya manusia (SDM),”tambah Salamat Simanullang.

Pada kesempatan itu dilakukan penandatanganan komitmen peningkatan kualitas implementasi SPIP yang diikuti oleh para Kepala SOPD yang berada di Kabupaten Banjar. Penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Kalsel, Bupati Banjar, Wakil Bupati Banjar, Sekretaris Daerah , dan Inspektur Kabupaten Banjar

Dalam jangka pendek ini sebagai rencana aksi dari komitmen Kabupaten Banjar, akan segera dibentuk Satuan Tugas (Satgas) percepatan implementasi SPIP yang bertujuan mengawal SPIP yang diinstruksikan kepada Inspektur,”tambah Sekda Kabupeten BanjarIr.H.Nasrunsyah. (sks/betriez)



Share      

Berita Terkait:

31 Mei 2018 13:12:10 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Studi Lapangan Latsar KEMENKUMHAM ke Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan
09 Mei 2018 09:47:59 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Apresiasi Anggota DPR RI atas Capaian Implementasi SISKEUDES di Kabupaten Balangan
08 Mei 2018 10:07:01 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Workshop Evaluasi Impelementasi Aplikasi Siskeudes di Kabupaten Tabalong
26 April 2018 09:45:43 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Tingkatkan Tata Kelola Keuangan Desa, BPKP Kalsel gelar workshop bersama Pemda HST
21 Pebruari 2018 15:41:09 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Kepala Perwakilan menghadiri Rapat Koordinasi APIP se Provinsi Kalimantan Selatan


PROFIL
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Tugas dan Fungsi
Sejarah
Produk & Layanan
RENSTRA
Wilayah Kerja
DOKUMEN PUBLIK
ATURAN PERILAKU PEGAWAI BPKP
LAPORAN KEUANGAN
KINERJA KANTOR PERWAKILAN
Laporan Kinerja Triwulanan
Laporan Kinerja (LKj)
PROGRAM DAN KEGIATAN
Perjanjian Kinerja (PERKIN)
Jadwal Kegiatan dan Anggaran
Target Program dan Kegiatan
 
KONTAK KAMI
Perwakilan BPKP Prov. Kalimantan Selatan

Alamat :
Jl. Jend. A. Yani Km. 32,5
Banjarbaru - 70711
Telp: (0511) 4781116
Fax. : (0511) 4774501

E-mail :

kalsel@bpkp.go.id

humas.kalsel@bpkp.go.id

----------------------------------------------------

Sosial Media BPKP Kalimantan Selatan

 

______________________________

Sosial Media BPKP Pusat

 

 

BANUA BAPADAH EDISI KE-6

SEPTEMBER 2016
 

UNDUH DI SINI

 

  Sejarah


 Galeri Foto


    

  Peta Wilayah