Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan

Kepala Perwakilan menghadiri Rapat Koordinasi APIP se Provinsi Kalimantan Selatan
21 Pebruari 2018 15:41:09 / kalsel / dibaca: 4133 kali / Kat: Sosialisasi

Kapabilitas APIP dan Maturitas SPIP bukan tanggung jawab BPKP melainkan tugas kita bersama sesuai dengan RPJMN 2015-2019. Hal tersebut diungkapkan Salamat Simanullang dalam paparannya saat rapat Koordinasi APIP se Kalsel ini.

Rabu (21/2), Kepala Perwakilan BPKP Prov Kalimantan Selatan, Salamat Simanullang menghadiri rapat Koordinasi APIP se Provinsi Kalimantan Selatan. Rapat Koordinasi ini membahas mengenai penguatan pengawasan keuangan daerah melalui empat langkah yaitu dengan Pengukuhan AAIPI, Maturitas SPIP, Kapabilitas APIP dan telaah sejawat. Acara yang dihadiri oleh para Inspektur dan jajarannya se Kalimantan Selatan ini diadakan di aula Inspektorat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru.

Acara dibuka oleh Inspektur Provinsi Kalimantan Selatan, Awi Sundari. Dalam sambutanya Awi menyatakan agar segera dibentuk kepengurusan AAIPI yang baru karena sudah vakum selama setahun, dimana kepengurusan yang lama telah usai pada bulan mei 2017 lalu. Kemudian Awi menambahkan bahwa dalam penilaian Reformasi Birokrasi nilai untuk unsur penguatan pengawasan cukup tinggi, 12 poin dari 60 poin, Awi menyarankan agar SPIP dapat dibenahi dan diperkuat untuk menunjang penilaian Reformasi Birokrasi dan Penilaian SAKIP. Awi juga mendorong agar inspektorat kabupaten dapat segera melakukan telaah sejawat untuk mendorong kapabilitas APIPnya dan APIP dapat menjalankan tugas sesuai dengan standar yang ada berdasarkan peraturan yang berlaku.

Kapabilitas APIP dan Maturitas SPIP bukan tanggung jawab BPKP melainkan tugas kita bersama sesuai dengan RPJMN 2015-2019. Hal tersebut diungkapkan Salamat Simanullang dalam paparannya saat rapat Koordinasi APIP se Kalsel ini. Selanjutnya Salamat menjelaskan proses Penilaian SPIP terhadap lima Kabupaten masih dalam proses Quality Assurance oleh BPKP Pusat dan dua APIP belum di QA dan sisanya 5 Pemda berada di level dua. Salamat berharap agar Pemda dapat berkoordinasi dengan BPKP Perwakilan Kalsel agar proses Quality Assurance ini dapat berjalan dengan baik, serta seluruh pemda di Kalsel ini dapat memperoleh level tiga semua pada semester I tahun ini.

Selanjutnya Salamat menjelaskan mengenai Kapabilitas APIP, dimana telah ada tujuh inspektorat yang telah mencapat level tiga dengan catatan dan masih ada tujuh inspektorat yang berada di level dua. Belum ada inspektorat yang level tiga penuh, serta masih separuh inspektorat di level dua sehingga inspektorat harus  dapat melengkapi dokumen yang membutuhkan effort yang tidak sedikit. Salah satu cara untuk menuju ke level tiga adalah dengan adanya telaah sejawat untuk menjaga mutu hasil audit APIP yang dapat dilakukan oleh pihak Internal maupun Eksternal dan dilakukan tiga tahun sekali.

Terakhir salamat mendorong untuk membentuk kepengurusan AAIPI yang baru untuk dapat merumuskan kegiatan AAIPI selanjutnya. (Humas Kalsel/ABK/AgusPB/Toni)



Share      

Berita Terkait:

10 April 2018 15:45:09 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Membudayakan SPIP melalui Kearifan Lokal di Kabupaten Banjar
08 Pebruari 2018 08:44:34 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Kejar Target Level 3 SPIP, BPKP Kalsel Selenggarakan Workshop Penilaian Risiko
27 Oktober 2017 08:36:53 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
BPKP Kalsel Kembali Mengudara “Membangun Puskesmas sebagai BLUD”
30 September 2017 10:58:39 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Sarasehan Dana Desa sebagai Upaya Percepatan Implementasi Aplikasi SISKEUDES
29 September 2017 13:51:55 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
BPKP Kalsel Sharing Edukasi melalui RRI Banjarmasin


PROFIL
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Tugas dan Fungsi
Sejarah
Produk & Layanan
RENSTRA
Wilayah Kerja
DOKUMEN PUBLIK
ATURAN PERILAKU PEGAWAI BPKP
LAPORAN KEUANGAN
KINERJA KANTOR PERWAKILAN
Laporan Kinerja Triwulanan
Laporan Kinerja (LKj)
PROGRAM DAN KEGIATAN
Perjanjian Kinerja (PERKIN)
Jadwal Kegiatan dan Anggaran
Target Program dan Kegiatan
 
KONTAK KAMI
Perwakilan BPKP Prov. Kalimantan Selatan

Alamat :
Jl. Jend. A. Yani Km. 32,5
Banjarbaru - 70711
Telp: (0511) 4781116
Fax. : (0511) 4774501

E-mail :

kalsel@bpkp.go.id

humas.kalsel@bpkp.go.id

----------------------------------------------------

Sosial Media BPKP Kalimantan Selatan

 

______________________________

Sosial Media BPKP Pusat

 

 

BANUA BAPADAH EDISI KE-6

SEPTEMBER 2016
 

UNDUH DI SINI

 

  Sejarah


 Galeri Foto


    

  Peta Wilayah