Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan

Sarasehan Dana Desa sebagai Upaya Percepatan Implementasi Aplikasi SISKEUDES
30 September 2017 10:58:39 / kalsel / dibaca: 286 kali / Kat: Sosialisasi

Kabupaten se-wilayah Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Inspektorat dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) serta Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakili oleh DPMD, mengikuti kegiatan Sarasehan Dana Desa Provinsi Kalimantan Selatan yang diselenggarakan di Aula Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, pada hari Kamis (28/09).  

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut atas Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait pelaksanaan koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi.  

Sarasehan diawali dengan sambutan dari KPK yang diwakili oleh Ketua Satgas Wilayah I Kedeputian Pencegahan, Tri Gamarefa. Dalam sambutannya dikatakan bahwa implementasi siskeudes sangat penting sebagai alat ukur Pemerintah Pusat untuk melihat apakah dandes telah memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat desa. “Seluruh desa harus menggunakan siskeudes agar kompilasi laporan secara nasional dapat dilakukan dengan baik dan transparansi, akuntabilitas pengelolaan dana desa, dan partisipasi masyarakat dapat terus ditingkatkan dan dikawal,” tegasnya.

Kegiatan sarasehan pada hari ini dibuka oleh Inspektur Provinsi Kalimantan Selatan, Awi Sundari. Peran serta dari DPMD dan Inspektorat Kabupaten harus lebih ditingkatkan dalam pembinaan dan pengawasan pengelolaan dana desa dengan mempertimbangkan tambahan alokasi  dana pembinaan dan pengawasan pada DPMD dan Inspektorat,” ungkap Inspektur Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala DPMD Provinsi Kalimantan Selatan, H. Gusti Syahyar selaku pembicara pertama dalam kegiatan Sarasehan menyampaikan bahwa pada tahun 2015 provinsi telah mengupayakan ketersediaan dana untuk pelatihan pengelolaan keuangan bagi desa, namun belum seluruhnya terealisasi karena sebagian dana anggaran ditarik pusat untuk disalurkan ke desa. Selain itu beliau menyampaikan bahwaprovinsi meminta masukan informasi atas kegiatan terkait pembinaan desa baik dari pemerintah kabupaten dan BPKP agar diperoleh data terupdate mengenai kondisi pengelolaan keuangan desa dan implementasi Aplikasi SISKEUDES di Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Perwakilan Kalimantan Selatan, Salamat Simanullang yang juga menjadi pembicara dalam kegiatan Sarasehan menjelaskan bahwa di Provinsi Kalimantan Selatan masih ada 383 desa dari 1.864 desa, yang belum mengimplementasikan siskeudes. Sebaiknya dibentuk satgas di kecamatan dan kabupaten, sehingga desa dapat meminta solusi masalah secara bertahap dari pihak terdekat yakni kecamatan kemudian kabupaten.

“Kami, BPKP selalu siap untuk menerima konsultasi dari desa secara langsung maupun tidak langsung. Kami juga siap mendukung dan mewujudkan target 100% implementasi siskeudes pada tahun 2017 di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan,” pungkas Salamat Simanullang selaku kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan.

Dan tak ketinggalan, empat Kepala Desa terpilih yakni dari Desa Hulu Pasar, Lokbangka, Anjir Pasar, dan Wana Raya; ikut unjuk gigi dan memberikan testimoni dalam implementasi Aplikasi SISKEUDES di desa mereka yang memberikan kemudahan dalam pengelolaan keuangan desa. 

Acara ditutup oleh Achmad Sujalma Korwas Bidang APD Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan yang menjadi moderator sesi diskusi kegiatan sarasehan dana desa Provinsi Kalimantan Selatan. Beliau menambahkan bahwa aplikasi yang dibangun oleh BPKP telah sesuai dengan regulasi dan mengkuti perkembangan regulasi, serta dilengkapi dengan pengendalian intern. (humaskalsel)



Share      

Berita Terkait:

27 Oktober 2017 08:36:53 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
BPKP Kalsel Kembali Mengudara “Membangun Puskesmas sebagai BLUD”
29 September 2017 13:51:55 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
BPKP Kalsel Sharing Edukasi melalui RRI Banjarmasin
29 Agustus 2017 08:16:14 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Kaper BPKP Kalsel Ajak Mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin untuk Bersama-Sama Kawal Dana Desa
25 Agustus 2017 14:15:26 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
BPKP Kalsel Bahas Proyek Strategis Nasional di Siaran RRI Banjar Realita
01 Agustus 2017 07:51:12 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Perlu Peran Serius BPKP dan BPK Untuk Kawal Dana Desa


PROFIL
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Tugas dan Fungsi
Sejarah
Produk & Layanan
RENSTRA
Wilayah Kerja
DOKUMEN PUBLIK
ATURAN PERILAKU PEGAWAI BPKP
LAPORAN KEUANGAN
KINERJA KANTOR PERWAKILAN
Laporan Kinerja Triwulanan
Laporan Kinerja (LKj)
PROGRAM DAN KEGIATAN
Perjanjian Kinerja (PERKIN)
Jadwal Kegiatan dan Anggaran
Target Program dan Kegiatan
 
KONTAK KAMI
Perwakilan BPKP Prov. Kalimantan Selatan

Alamat :
Jl. Jend. A. Yani Km. 32,5
Banjarbaru - 70711
Telp: (0511) 4781116
Fax. : (0511) 4774501

E-mail :

kalsel@bpkp.go.id

humas.kalsel@bpkp.go.id

----------------------------------------------------

BANUA BAPADAH EDISI KE-6

SEPTEMBER 2016
 

UNDUH DI SINI

 

  Sejarah


 Galeri Foto


    

  Peta Wilayah