Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan

Kaper BPKP Kalsel Berkoordinasi dengan Walikota Banjarbaru dan Bupati Banjar
25 September 2017 09:02:40 / kalsel / dibaca: 80 kali / Kat: SIMDA

Rabu (20/9) yang lalu,Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan,Salamat Simanullang melakukan koordinasi dengan Walikota Banjarbaru terkait Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP yang dilanjutkan dengan koordinasi dengan Bupati Banjar terkait Implementasi Siskeudes.

Saat berkoordinasi dengan Walikota Banjarbaru, Salamat Simanullang yang didampingi oleh Korwas APD,Ahmad Sujalma, menyampaikan salam perkenalan kepada Walikota Banjarbaru, Najmi Adhani. Dalam pertemuan tersebut disampaikan hal-hal yang perlu menjadi perhatian oleh walikota yaitu kapabilitas APIP, maturitas SPIP, Cash Management System (CSM) dan terkait pengelolaan aset daerah dengan adanya dengan Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Daerah dan PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

Walikota Banjarbaru Najmi Adhani yang didampingi Kepala BPKAD, Zainuddin, menanggapi hubungan PemkoBanjarbaru dan BPKP Kalsel yang telah terjalin sangat baik dan bantuan yang diberikan oleh BPKP berupa Asistensi Maturitas SPIP, Kapabilitas APIP, dan Sosialisasi Implementasi Permendagri 19 tahun 2016 terkait dengan PP 18 tahun 2016 telah dilakukan dengan baik, walaupun hasilnya masih perlu mendapatkan perhatian. Bidang lain yang telah mendapatkan bantuan dari BPKP yaitu LKPD yang telah mendapatkan Opini WTP karena telah diimplementasikannya Simda Keuangan dan Simda BMD, bantuan audit tujuan tertentu, Asistensi Reviu LKPD dll.

Koordinasi dilanjutkan ke Kabupaten Banjar. Kaper BPKP Kalselditerima oleh Sekda Kabupaten Banjar didampingi oleh Kepala BPKAD, Kepala Dinas PMD, Inspektur, Kepala Bidang Pengelolaan Dana Desa di Ruang Kerja Sekda Kabupaten Banjar.Dalam kesempatan ini Salamat Simanullang menjelaskan masih adanyaprogram yang perlu mendapat perhatian lebih dalam pelaksanaannya yaituImplementasi Siskeudes.BPKAD dan BPMD Kabupaten Banjar menyatakan bahwa persiapan implementasi terlah matangtermasuk anggaran untuk pelaksanaan bimteknya.

Tahun 2017 ini merupakan tahun pertama untuk Pemda Banjar mengimplementasikan Simda BMD.Implementasi Simda BMD merupakan momen yang tepat sekaligus mengimplementasikan Permendagri 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Daerah dan PP 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah. Kegiatan terkait implementasi Simda BMD yaitu telah dilakukan Sosialisasi dan Asistensi Simda BMD pada bulan Juni 2017 dan saat ini proses input saldo awal BMD sedang berjalan.

Salamat Simanullang berkesempatan juga menemuiBupati Banjar,Kholillurahman,di Pendopo Bupati Banjar. Diterima dengan sambutan hangat oleh Bupati Banjar, Salamat menyampaikan salam perkenalan dan dilanjutkan dengan menyampaikanmaksud kedatangannyauntuk berkoordinasi terkait program-program yang perlu mendapatkan perhatian dari pemda khususnya Pengelolaan Dana Desa. 

Bupati menyampaikan perlunyaasistensi/pendampingan terkait dengan dana desa, yang telah dilakukan Pemkab Banjar denganpendampingan oleh TP4D, dan hasilnya cukup baik karena bila ada permasalahan langsung ditangani oleh Inspektorat. Alangkah baiknya bila BPKP juga memberikan bantuannya sebagai upaya pencegahan terkait pengelolaan dana desa sebagai upaya preventif. Terkait dengan penjelasan Bupati Banjar, Sekda Nasrun Syah menyampaikan kesiapannya dalam implementasi Siskeudes, anggaran untuk implementasi telah disediakan dalam RAPBD Perubahan, diharapkan bulan Oktober 2017 sudah dapat dilaksanakan. (Humas BPKP Kalsel/Ahmad/Sukis/as.)



Share      

Berita Terkait:

09 Agustus 2017 13:28:24 / kalsel / dibaca: kali / Kat: SIMDA
“SIMDA BMD” Solusi Pengelolaan Aset Daerah
16 Mei 2017 16:00:06 / kalsel / dibaca: kali / Kat: SIMDA
Integrasi E-Planning dan E-Budgeting Solusi Ketidaksinkronan Perencanaan dan Penganggaran Pemda
16 Nopember 2016 08:08:42 / kalsel / dibaca: kali / Kat: SIMDA
KAPER BPKP KALSEL BERIKAN ARAHAN KEPADA SELURUH APARAT DESA PESERTA BIMTEK SISKEUDES KABUPATEN TAPIN
16 Nopember 2016 07:57:12 / kalsel / dibaca: kali / Kat: SIMDA
KABUPATEN BALANGAN MENDUKUNG PENGELOLAAN KEUANGAN DESA SESUAI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN
09 Nopember 2016 09:22:53 / kalsel / dibaca: kali / Kat: SIMDA
Meningkatkan Akuntabilitas Pengelolaan PAD Kabupaten Balangan dengan SIMDA Pendapatan


PROFIL
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Tugas dan Fungsi
Sejarah
Produk & Layanan
RENSTRA
Wilayah Kerja
DOKUMEN PUBLIK
ATURAN PERILAKU PEGAWAI BPKP
LAPORAN KEUANGAN
KINERJA KANTOR PERWAKILAN
Laporan Kinerja Triwulanan
Laporan Kinerja (LKj)
PROGRAM DAN KEGIATAN
Perjanjian Kinerja (PERKIN)
Jadwal Kegiatan dan Anggaran
Target Program dan Kegiatan
 
KONTAK KAMI
Perwakilan BPKP Prov. Kalimantan Selatan

Alamat :
Jl. Jend. A. Yani Km. 32,5
Banjarbaru - 70711
Telp: (0511) 4781116
Fax. : (0511) 4774501

E-mail :

kalsel@bpkp.go.id

humas.kalsel@bpkp.go.id

----------------------------------------------------

BANUA BAPADAH EDISI KE-6

SEPTEMBER 2016
 

UNDUH DI SINI

 

  Sejarah


 Galeri Foto


    

  Peta Wilayah