Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan

Kaper BPKP Kalsel Ajak Mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin untuk Bersama-Sama Kawal Dana Desa
29 Agustus 2017 08:16:14 / kalsel / dibaca: 396 kali / Kat: Sosialisasi

Pada Hari Jumat, 25 Agustus 2017, tepat pukul 09.00WITA, bertempat di Aula Serbaguna Kampus Poliban Banjarmasin, dilangsungkan pembukaan acara kuliah umum bagi mahasiswa Poliban Jurusan Akuntansi semester 3, 5 dan 7. Pada kesempatan ini tema yang diangkat adalah” Peran Mahasiswa Dalam Pengelolaan Dana Desa untuk Kemajuan dan Kemaslahatan Masyarakat Desa”

Pembukaan acara dilakukan Ketua Jurusan Akuntansi Poliban yang dijabat oleh Andriyani, SE,MM, MSc. Beliau mengatakan bahwa mahasiswa mempunyai peran yang sangat diharapkan  untuk memberikan/melakukan pendampingan dan pemberdayaan kepada masyarakat desa sebagai wujud nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga yaitu pengabdian. Keterbatasan SDM yang ada di desa  dalam mengelola dana desa jangan sampai menjadi hambatan dari pelaksanaan pembangunan di desa guna mewujudkan desa yang makmur dan sejahtera dalam tatanan pemerintahan desa yang baik atau “Good Village Governance”. Pada akhir sambutannya Andriyani mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalsel atas kesediaannya untuk memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa dan kesediaannya untuk membekali para mahasiswa dengan penegtahuan Aplikasi Siskudes yang terbukti sangat membantu dalam pengelolaan keuangan desa.

Selanjutnya giliran Salamat Simanullang, MBA,AK,CA,CMA,QIA sebagai Kaper BPKP Kalsel menyampaikan paparannya. Salamat menyampaikan bahwa akhir-akhir ini ramai sekali pemberitaan di media sosial, media cetak dan elektronik tentang banyak terjadinya tindak pidana korupsi di desa. Hal ini tentunya sangat memprihatinkan, oleh karena itu peran mahasiswa sangat diharapkan guna mencegah semakin meningkatnya kasus korupsi di desa. Kehadiran mahasiswa sangat dibutuhkan dalam proses percepatan pembangunan di desa yang merupakan CITA ke Tiga dari program NAWACITA  yang dicanangkan Presiden JOKOWI yaitu Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah desa dalam kerangka Negara kesatuan.

Kaper BPKP Kalsel menyampaikan bahwa salah satu tujuan yang melatari pengucuran dana desa adalah untuk mengurangi kesenjangan antara desa dan kota serta meningkatkan perekonomian masyarakat desa guna mengurangi tingkat kemiskinan di desa. Sesuai data yang dirilis BPS pada Maret 2017 jumlah penduduk miskin di Indonesia sebesar 27,77 Juta dengan komposisi jumlah penduduk miskin di desa sebesar 17,10 Juta dan yang di kota sebesar 10,67 Juta. Melihat fakta ini sangatlah tepat jika pemerintah dari tahun ke tahun menaikkan alokasi dana desa, papar Salamat Simanullang. Dalam kesempatan ini Kaper menyampaikan materi secara lengkap mengenai pengelolaan dana desa yang terdiri latar belakang, tujuan, pengalokasian, penyaluran, penganggaran dan mekanisme pertanggungjawaban pengelolaan keuangan desa, tampak 207 mahasiswa/mahasiswi yang hadir sangat serius mengikuti jalannya pemaparan materi. Salamat juga menyampaikan pengawalan yang dilakukan BPKP Kalsel atas dana desa termasuk pengawalan progres penerapan Aplikasi Siskeudes di seluruh Kalsel.

Pada akhir paparannya, Salamat Simanullang berpesan agar mahasiswa meningkatkan perannya dalam pengawalan dana desa melalui kegiatan pengabdian dan penelitian mengenai dampak dana desa terhadap peningkatan infrastruktur dan perekonomian desa serta kesejahteraan masyarakat desa. Acara kemudian ditutup dengan pemberian penghargaan kepada Kepala Perwakilan BPKP Kalsel dan foto bersama dosen dan mahasiswa.

(rohmanS,humas)



Share      

Berita Terkait:

27 Oktober 2017 08:36:53 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
BPKP Kalsel Kembali Mengudara “Membangun Puskesmas sebagai BLUD”
30 September 2017 10:58:39 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Sarasehan Dana Desa sebagai Upaya Percepatan Implementasi Aplikasi SISKEUDES
29 September 2017 13:51:55 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
BPKP Kalsel Sharing Edukasi melalui RRI Banjarmasin
25 Agustus 2017 14:15:26 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
BPKP Kalsel Bahas Proyek Strategis Nasional di Siaran RRI Banjar Realita
01 Agustus 2017 07:51:12 / kalsel / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Perlu Peran Serius BPKP dan BPK Untuk Kawal Dana Desa


PROFIL
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Tugas dan Fungsi
Sejarah
Produk & Layanan
RENSTRA
Wilayah Kerja
DOKUMEN PUBLIK
ATURAN PERILAKU PEGAWAI BPKP
LAPORAN KEUANGAN
KINERJA KANTOR PERWAKILAN
Laporan Kinerja Triwulanan
Laporan Kinerja (LKj)
PROGRAM DAN KEGIATAN
Perjanjian Kinerja (PERKIN)
Jadwal Kegiatan dan Anggaran
Target Program dan Kegiatan
 
KONTAK KAMI
Perwakilan BPKP Prov. Kalimantan Selatan

Alamat :
Jl. Jend. A. Yani Km. 32,5
Banjarbaru - 70711
Telp: (0511) 4781116
Fax. : (0511) 4774501

E-mail :

kalsel@bpkp.go.id

humas.kalsel@bpkp.go.id

----------------------------------------------------

BANUA BAPADAH EDISI KE-6

SEPTEMBER 2016
 

UNDUH DI SINI

 

  Sejarah


 Galeri Foto


    

  Peta Wilayah