Koordinasi Kerja Kaper BPKP Kalsel di Tabalong dan Balangan

Rabu pagi (8/8), Bupati Tabalong Anang Syakhfiani didampingi Inspektur Kabupaten Tabalong menyambut hangat kedatangan Kepala BPKP Kalsel di rumah jabatan Bupati. Adapun topik yang dibahas adalah pengelolaan keuangan daerah, impelementasi Sitem Keuangan Desa (SISKEUDES), peningkatan level APIP dan level maturitas penyeleggaraan SPIP di Pemerintah Kabupaten Tabalong. Tidak ketinggalan juga pembahasan LPPD dimana saat ini Tim Gabungan Inspektorat Provinsi Kalimantan Selatan dan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan sedang turun melalukakan evaluasi LPPD. Kedua belah pihak berharap kerjasama keduanya dapat semakin erat kedepannya untuk meningkatkan tata kelola Pemerintah Daerah yang semakin baik.

Siang harinya, sebelum kembali bertolak ke Banjarbaru, giliran Kabupaten Balangan yang dikunjungi oleh Salamat Simanullang dan Achmad Sujalma. Kedatangan beliau langsung disambut oleh Bupati Balangan H. Ansharuddin. Tidak berbeda dengan kunjungan di Tabalong sebelumnya, poin-poin kerja sama yang dibahas masih seputar pengelolaan Keuangan Daerah, peningkatan level APIP dan SPIP, penerapan aplikasi SISKEUDES, serta kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah yang sedang dalam tahap evaluasi. Disela-sela diskusi yang berlangsung hangat tersebut, Salamat menuturkan bahwa pintu BPKP Kalsel akan selalu terbuka lebar untuk Pemkab Balangan apabila ada hal-hal yang perlu dibantu dan diselesaikan bersama terutama terkait tata kelola dan akuntabilitas Pemerintah Daerah.

Kunjungan di Tabalong dan Balangan ini merupakan rangkaian koordinasi kerja Kepala BPKP Kalsel yang akan menyasar seluruh Pemda di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan. Koordinasi kerja ini dimaksudkan untuk memantapkan peran BPKP dalam mendukung dan membantu peningkatan tata kelola dan akuntabilitas Pemerintah Daerah di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan sesuai yang tertuang dalam Perpres 192 Tahun 2014 Tentang BPKP. (Humas BPKP Kalsel – AS.AP.Rsolin.asr)