Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan

Kabupaten Tanah Bumbu Siap meningkatkan Maturitas SPIP
04 Januari 2017 17:36:49 / kalsel / dibaca: 1597 kali / Kat: SPIP

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Sekda Kabupaten Tanah Bumbu Said Assegaf dan Kepala Perwakilan BPKP Kalsel Muhammad Masykur pada acara pembukaan Persiapan Re-Assessment Maturitas Penyelenggaraan SPIP pada Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu bertempat di Ruang Rapat Setda(Rabu, 28/12/2016).

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Tanah Bumbu Said Assegaf  didampingiAsisten I dan Inspektur beserta Kepala SKPD dan pejabat eselon III Pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan beserta Tim Narasumber.

Acara dibuka oleh Said Assegaf dengan memaparkan betapa pentingnya kerjasama dengan BPKP dalam mengelola pemerintahan yang akuntabel khususnya terkait implementasi SPIP di wilayah Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, disampaikan pula bahwa pada bulan Juli 2016 telah dilakukan Penilaian atas  Maturitas Penyelenggaraan SPIP, namun hasilnya belum optimal. Kedatangan Tim BPKP Kalsel ini dalam rangka persiapan Re-Assessment Maturitas Penyelenggaraan SPIP pada Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Muhammad Masykur, yang dalam sambutannya memaparkan beberapa hal penting terkait dengan Target Level 3 atau “Terdefinisi” Maturitas Penyelenggaraan SPIP pada Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu. Untuk mendukung pencapaian target tersebut Bapak Masykur menyampaikan perlunya 3 T dalam penyelenggaraan pemerintahan di wilayah pemerintah kabupaten Tanah Bumbu. Perlunya 3 T menurut beliau yaitu: Tertib Administrasi, dengan pengertian kegiatan apa saja yang dilaksanakan harus terdokumentasi dengan baik, dicatat dan disimpan/diarsipkan dengan baik; Tertib Hukum, dengan pengertian segala sesuatu yang kita laksanakan harus sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku; dan Tertib Fisik, dengan pengertian Pengelolaan Barang Milik Daerah harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Muhammad Masykur menambahkan bahwa setiap Pemerintah Daerah yang ada di Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan pada umumnya sudah mempunyai Sistem Pengendalian Intern yang memadai, namun masih belum mengidentifikasi risiko dalam setiap kegiatan penyelenggaraan pemerintahan, untuk itu agar dilakukan identifikasi risiko dari masing-masing SKPD, kemudian menentukan langkah-langkah apa yang akan dilaksanakan dalam mengendalikan risiko tersebut.

Setelah SPIP mampu diimplementasikan dengan lebih baik, hasilnya Laporan Keuangan Pemerintah Daerah lebih akuntabel sehingga mendapat opini WTP untuk keempat kalinya, pengamanan aset terjaga, ketaatan kepada peraturan yang berlaku dapat dipenuhi sehinggatujuan dan sasaran SKPD pada khususnya dan tujuan pemda pada umumnya dapat tercapai secara efektif dan efisien.

Acara berakhir pada pukul 17.00 WITA yang ditutup oleh Bapak Sekretaris Daerahdan akan dilanjutkan dengan pertemuan persiapan Re-Assessment Maturitas Penyelenggaraan SPIP yang diikuti  Counterpart SKPD bertempat di Ruang Rapat Inspektorat Kabupaten Tanah Bumbu.MM/SKS/SH/As.humas Kalsel



Share      

Berita Terkait:

13 Pebruari 2017 10:47:31 / kalsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
Quality Assurance Penilaian Maturitas SPIP Level 3 pada Pemkab Banjar dan Pemkot Banjarmasin
01 Nopember 2016 08:08:32 / kalsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
Revisi Konsep Naskah Pemberitaan Kegiatan Workshop Maturitas SPIP di Pemkot Banjarmasin
15 Maret 2016 16:15:11 / kalsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
Kotabaru akan Jadi Daerah Unggulan di Bidang Agrobisnis dan Kepariwisataan
07 Agustus 2015 17:34:13 / kalsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
Sinergitas Pengawasan-Pembinaan Keuangan Desa dan Kapabilitas APIP Dibahas Saat Penyerahan LHP SEM-I
11 Juni 2015 08:26:03 / kalsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
Kabupaten Tapin Membutuhkan Pengawalan dan Bimbingan BPKP dalam Pengelolaan Keuangan Daerah


PROFIL
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Tugas dan Fungsi
Sejarah
Produk & Layanan
RENSTRA
Wilayah Kerja
DOKUMEN PUBLIK
ATURAN PERILAKU PEGAWAI BPKP
LAPORAN KEUANGAN
KINERJA KANTOR PERWAKILAN
Laporan Kinerja Triwulanan
Laporan Kinerja (LKj)
PROGRAM DAN KEGIATAN
Perjanjian Kinerja (PERKIN)
Jadwal Kegiatan dan Anggaran
Target Program dan Kegiatan
 
KONTAK KAMI
Perwakilan BPKP Prov. Kalimantan Selatan

Alamat :
Jl. Jend. A. Yani Km. 32,5
Banjarbaru - 70711
Telp: (0511) 4781116
Fax. : (0511) 4774501

E-mail :

kalsel@bpkp.go.id

humas.kalsel@bpkp.go.id

----------------------------------------------------

BANUA BAPADAH EDISI KE-6

SEPTEMBER 2016
 

UNDUH DI SINI

 

  Sejarah


 Galeri Foto


    

  Peta Wilayah