Aplikasi yang Terintegrasi untuk Pengelolaan Keuangan Daerah yang Baik

Kunjungan dinasnya kali ini selain untuk mengucapkan selamat atas HUT BPKP yang ke-33, Mardani juga mengucapkan terima kasih atas pendampingan yang telah dilakukan BPKP Kalsel terhadap Pemkab Tanah Bumbu sehingga LKPD Tahun 2015 dapat memperoleh Opini WTP dalam 3 tahun berturut-turut.

Mardani yang juga selaku Ketua APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) didampingi Kepala BPKAD Kabupaten Tanah Bumbu, Roswandi Saleem, membicarakan tentang sebuah sistem pengelolaan keuangan daerah. Dari pengalaman di Kabupaten Tanah Bumbu yang menggunakan dua sistem yaitu SIMDA dane-planning, membuat para pengelola keuangan harus menginput data secara terpisah (dua kali) karena kedua sistem tersebut tidak terintegrasi.

Oleh karena itu, Mardani menginginkan adanya sebuah sistem yang merupakan integrasi antara SIMDA dane-planning yang akan membuat pengelolaan keuangan akan terintegrasi mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan dan pelaporan. Selain itu, Mardani juga menginginkan agar sistem tersebut nantinya dapat diakses secara mobile oleh para pengguna.

Bupati Tanah Bumbu juga akan mengundang BPKP dan BPK RI dalam waktu dekat ini untuk mempresentasikan semua hal terkait SIMDA yang terintegrasi dengan perencanaan dan penganggaran di depan anggota APKASI. Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu pun mengharapkan agar dapat menjadi tempat untuk piloting sistem baru tersebut.

Kepala BPKP Kalsel, Sumitro, menyambut semangat Bupati muda itu dengan senang hati. Karena memang harus ada sikap proaktif dari para stakeholder agar pengelolaan pemerintahan dapat dijalankan dengan baik. Sumitro akan menindaklanjuti permintaan-permintaan tersebut sesegera mungkin dengan meneruskannya ke Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP Pusat sehingga pengembangan sistem tersebut bisa segera diwujudkan dan memperlancar pengelolaan keuangan di kabupaten-kabupaten maupun Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota di seluruh Indonesia.  (Humas BPKP Kalsel – Pakde.as)