Wabup Tapin Apresiasi Pengawalan Perwakilan BPKP Kalsel

Ekspose hasil evaluasi kinerja PDAM Tapin dilaksanakan dalam  rapat koordinasi pemerintah Kabupaten Tapin, pada Hari Senin, 10 Agustus 2015. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang rapat Pemerintah Kabupaten Tapin tersebut dihadiri Wakil Bupati Tapin, Ir Sufian Noor, Ketua dan anggota Komisi III DPRD Tapin, para Asisten dan Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Tapin, dan jajaran PDAM Tapin yang dipimpin oleh Direktur, Drs. Suriansyah, MS. Sedangkan Tim BPKP yang hadir adalah plt.Kepala Perwakilan, Edy Karim didampingi Kepala Bidang Akuntan Negara, Saryanto.

Mengawali paparan hasil evaluasi,plt.Kepala Perwakilan menyatakan bahwa seluruh kegiatan evaluasi kinerja PDAM Tapin  yang dilakukan oleh Perwakilan BPKP Kalimantan Selatan bertujuan untuk peningkatan kinerja PDAM. Sedangkan pendampingan pengelolaan  keuangan pada Kabupaten Tapin, yang menekankan pada proses,  bertujuan untuk meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Bahwa hasil akhirnya menghasilkan opini WTP, itu merupakan dampak dari proses pengelolaan keuangan yang baik dan komitmen seluruh SKPD di Kabupaten Tapin.

Evaluasi kinerja pada PDAM, bukan semata-mata mencari kekurangan dan kelemahan perusahaan melainkan meyakinkan bahwa sungguh-sungguh tidak ada permasalahan. Jikalau dijumpai beberapa hal yang perlu mendapat perhatian, maka perusahaan harus melakukan langkah perbaikan yang dapat dimulai secara bertahap. Hal ini memerlukan Action Plan/Rencana Aksi (Renaksi) penanganan permasalahan dan pemenuhan seluruh aspek, baik administrasi, operasi dan keuangan. Sehingga proses perbaikan dan peningkatan kinerja dapat dilakukan lebih terstruktur dan sistematis sehingga dapat diukur progres kemajuannya, tidak berkaitan pada hasil evaluasi.

Secara teknis hasil evaluasi disampaikan oleh Kepala Bidang Akuntan Negara. PDAM Tapin mencapai hasil kinerja baik berdasarkan Kepmendagri 47/1999. Sedangkan derajat kesehatan perusahaan, berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh BPPSPAM, mencapai predikat sehat.  Kinerja dan tingkat kesehatan perusahaan masih dapat ditingkatkan dengan  dukungan para pemangku kepentingan, terutama Pemerintah Kabupaten Tapin. Peningkatan kinerja/tingkat kesehatan dapat dicapai melalui peningkatan cakupan pelayanan yang membutuhkan dukungan infrastruktur, khususnya jaringan transmisi dan distribusi.  

Berkaitan dengan hasil evaluasi kinerja, Wakil Bupatimenyatakan berterima kasih dan dapat menerima hasil evaluasi kinerja dan segala hal yang perlu mendapatkan perhatian,baik oleh perusahaan maupun pemerintah daerah, akan dilakukan tindak lanjutnya.Lebih lanjut juga berharap BPKP dapat terus bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tapin dan PDAM Tapin, khususnya dalam meningkatkan tata kelola perusahaan daerah.

Melengkapi prosespembahasan, Wakil Bupati memberikan kesempatan  tanya jawab, pemberian masukan demi perbaikan kinerja yang disambut antusias oleh peserta rapat. Antusiasme tersebut ditunjukkan dengan berbagai pertanyaan dan masukan dari beberapa kepala SKPD yang bernada pemberian dukungan untuk peningkatan kinerja perusahaan.(ANkalsel).