Bentuk Komitmen BPKP Kalsel dan Perpamsi untuk Meningkatkan Kinerja PDAM di Kalsel

Acara dibuka dengan sambutan-sambutan dari Wakil Ketua DPP Perpamsi yang merupakan Direktur Utama PDAM Bandarmasih, Ir. H. Muslih; Ketua DPD Perpamsi Kalimantan Selatan, Syaiful Anwar, Sap., Map yang merupakan Direktur Utama PDAM Intan Banjar; serta Kepala Perwakilan BPKP Kalsel, Edy Karim.

Edy Karim dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan yang merupakan bentuk komitmen antara BPKP dan Perpamsi dalam mendukung perbaikan kinerja PDAM ini juga sebagai salah satu stimulan untuk lebih memandirikan PDAMdalam penyusunan laporan kinerja dan laporan keuangan. Sehingga pembinaan dari BPKPyangberkelanjutan dan semakin berkualitas dapat terwujud nyata dan dapat menunjang implementasi tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance)bagi PDAM di Kalimantan Selatan.

PDAM memiliki peran penting, selain sebagai perusahaan daerah yang mengelola dan menyediakan air berkualitas bagi penduduk, PDAM juga harus mampu menghasilkan laba sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD). Peran yang bisa dibilang bertolak belakang ini menuntut PDAM untuk selalu meningkatkan kinerjanya, apalagi di tahun 2015 ini PDAM dituntut untuk mencapai komitmen Milenium Development Goal’s (MDGS) dalam rangka tersedianya air minum untuk masyarakat.

Berdasar hasil audit kinerja dari BPKP Kalsel atas 12 PDAM di wilayah Kalimantan Selatan, didapatkan hasil yang belum maksimal. Hal itu mencakup antara lain aset yang dibiarkan idle, penyertaan pemerintah yang belum ditetapkan statusnya, dan juga pengendalian intern yang belum memadai. Mengingat kondisi ini, maka kita bersama-sama mendorong perusahaanmelakukan pembenahan-pembenahan secara internal baik dari aspek keuangan, operasional maupun administrasi. Dengan dorongan dan komitmen bersama antara jajaran legislatif sebagai manifestasi masyarakat, pemerintah daerah selaku pemilikdan jajaran manajemen PDAM,diharapkan perusahaan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dari waktu ke waktu.

Edy Karim juga menyatakan bahwa BPKP Kalsel dalam rencana kerja tahun 2015merencanakan akan melakukan kegiatanyang diharapkan bisa meningkatkan kualitas PDAM, yaitu Evaluasi Kinerja PDAM, Bimtek/Asistensi Manajemen Aset PDAM, Bimtek/Asistensi Penyusunan Corporate Plan PDAM, Bimtek/Asistensi Pengembangan Infrastruktur GCG PDAM, Bimtek/Asistensi SIA dan Billing System PDAM, serta Bimtek/Asistensi/Evaluasi SPI PDAM.

Menutup sambutannya, Edy Karim mengungkapkan bahwa kegiatan ini hendaknya bisa menjadi suatu momentun untuk menggali masukan dari berbagai pihak sebagai bahan dan acuan untuk dapat meningkatkan kinerja seluruh PDAM di Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan dalam peningkatan pelayanan penyediaan air minum bagi masyarakat Kalimantan Selatan. (Asr)