Kalan BPK Kalsel Apresiasi kerjasama BPKP Kalsel dengan Pemda Batola untuk peningkatan kualitas LKPD

Dalam kesempatan itu, Suyatna juga mengharapkan kesepakatan bersama dan penandatangan komitmen ini kiranya dapat menjamin dan menjadi momentum bagi seluruh aparatur pemerintah di Kabupaten Barito Kuala untuk mewujudkan LKPD yang akuntabel dan berkualitas  karena pertanggungjawaban laporan keuangan dan optimalisasi pemanfaatan sumberdaya keuangan daerah dapat secara efektif dan akuntabel digunakan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat.

Kehadiran Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Selatan ini merupakan kehadiran yang kedua kalinya dalam acara penandatanganan kesepakatan bersama dan komitmen SKPD ini setelahKota Banjarbaru pada pertengahan Maret lalu.

Penandatanganan kesepakatan bersama dan komitmen seluruh kepala SKPD untuk melaksanakan Action Plan atas permasalahan hasil audit BPK tersebut dilaksanakan pada kegiatan apel Linmas pegawai Pemkab Barito Kuala di hari Senin pagi, yang diikuti oleh  pejabat eselon II, III, IV dan pejabat fungsional umum sebanyak 866 orang yang didahului dengan pembacaan revisi Action Plan oleh Inspektur, pembacaan kesepakatan bersama oleh Kepala BPKAD dan pembacaan Komitmen SKPD yang diwakili oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah.

Bupati Barito Kuala, H. Hasanuddin Murad menyatakan bahwa kegiatan yang dilakukan ini sebagai upaya konkrit dari seluruh jajaran pemerintah kabupaten untuk meningkatkan kualitas laporan keuangannya. “Insya Allah komitmen  ini tidak hanya catatan selembar kertas yg ditandatangani Kepala SKPD, tapi ada makna yg terdalam dibalik penandatanganan komitmen ini”.   “Apa yg kita lakukan hari ini betul betul sebagai upaya dan kemauan kita bersama dengan tulus dan ikhlas untuk terus meningkatkan kualitas LKPD Kabupaten Barito Kuala”, ujarnya menegaskan.

Secara khusus Bupati menyampaikan penghargaan dan  terimakasih yang setinggi-tingginya atas kehadiran Kepala Perwakilan BPK dan Kepala Perwakilan BPKP dalam acarapenandatangan kesepakatan dan komitmen ini serta memberikan arahan kepada seluruh SKPD sebagai bekal SKPD untuk terus menyempurnakan semua dokumen yang berkaitan dengan laporan keuangan pemerintah daerah.

Dilain pihak, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan, Edy Karim juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bupati, Sekretaris Daerah, dan seluruh Kepala SKPD beserta  staf  yang menghadiri dan menandatangani pernyataan komitmen untuk melaksanakan Action Plan  ini untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala. Penandatanganan kesepakatan dan komitmen tersebut sekaligus merupakan “exit meeting” tahapan awal pendampingan.percepatan peningkatan kualitas LK Pemda,   Selanjutnya Pemda menindaklanjuti dengan pemantauan intensif dan berkelanjutan oleh Kepala SKPD, Asisten, Kepala DPPKAD dan Inspektur Kabupaten Barito Kuala. “Pelaksanaan Action Plan perlu selalu dikoordinasikan dan dilakukan pemantauan“. pesan Edy Karim.     

(Humas Kalsel/Tom)