Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan

Bupati Tabalong : Kalsel Inginkan Implementasi SPIP Jangan Hanya Retorika
18 Mei 2013 13:30:22 / kalsel / dibaca: 1449 kali / Kat: SPIP

“Jangan sampai SPIP  hanya menjadi Retorika saja” Tegas  Ramsyi yang akan mengakhiri periode kedua  jabatannya pada april 2014, di akhir sambutannya. Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Edy Karim dan staf yang tidak bosan-bosannya selalu melakukan pembinaan, termasuk pembenahan terhadap pengelolaan aset. 

 

“Saat pertemuan penandatangan rencana aksi menuju WTP setahun yang lalu  yang dihadiri lengkap oleh seluruh kepala SKPD dan disaksikan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan, Saudara-saudara semua menyatakan tekad untuk mendukung bersama langkah-langkah tersebut. Tetapi apa yang terjadi  adalah sebaliknya, BPK mengeluarkan opini Tidak Memberikan Pendapat (TMP) atas LKPD 2012” Demikian disampaikan bupati Tabalong, H. Rachman Ramsyi  mengawali  sambutan  pembukaan Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah ( SPIP )  yang dihadiri oleh seluruh SKPD pada tanggal 8 Mei  2013 di Tanjung.

Lebih lanjut bupati  menyampaikan bahwa memahami SPIP adalah sangat penting, tetapi yang lebih penting adalah meresapinya, dan mengimplementasikannya secara baik sehingga kegiatan dapat dilaksanakan secara efektif danefisien,laporan keuangan menjadi andal, aset dapat terlindungi, dan semua aturan ditaati oleh pegawai. “Jangan sampai SPIP  hanya menjadi Retorika saja” Tegas  Ramsyi yang akan mengakhiri periode kedua  jabatannya pada april 2014, di akhir sambutannya. Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Edy Karim dan staf yang tidak bosan-bosannya selalu melakukan pembinaan, termasuk pembenahan terhadap pengelolaan aset.

Dalam paparan sosialisasinya, Edy Karim mengawali dengan menginformasikan beberapa kegiatan terkait dengan percepatan penerapan SPIP di lingkungan pemerintah daerah se wilayah Provinsi Kalimantan Selatan mulai dari penyelenggaraan Workshop SPIP pada tanggal 10 dan 11 Februari 2013 yang dibuka oleh Bapak Iman Bastari Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah,BPKP dan dihadiri Sekretaris Daerah Prov Kalsel mewakili Gubernur dengan peserta Inspektur dan anggota satgas masing masing pemerintah daerah, kemudian pada tanggal 21 Maret 2013 diselenggarakan rapat koordinasi percepatan penyelenggaraan SPIP yang diikuti oleh masing-masing pemerintah daerah yang dalam kesempatan itu juga  ditandatangani kesepakatan para inspektur untuk menyelenggarakan SPIP di masing-masing pemerintah daerah, lanjut pada tanggal 15 April sampai dengan 19 April 2013 penyelenggaraan diklat yang juga diikuti oleh utusan dari seluruh  inspektur provinsi/kab/kota se Kalimantan Selatan dan anggota satgas SPIP prov/kab/kota se Kalimantan Selatan.

Selanjutnya paparan terhadap materi SPIP, Edi karim menjelaskan konsep-konsep pengendalian sesuai PP.60 Tahun 2008 tentang SPIP dengan mengupas 5 unsur pengendalian dan 26 sub unsurnya. Paparan dilanjutkan oleh salah satu  pengendali teknis bidang  APD, Taufan Hidayat yang memberikan contoh-contoh konkret pengendalian, baik pengendalian sistemik yang harus dibangun dalam seluruh proses manajemen yaitu  manajeman puncak, manajemen menengah, dan level kegiatan. Contoh konkret kelemahan pengendalian non sistemik terhadap kelemahan pengendalian yang ditemukan dari hasil audit , baik hasil audit BPK maupun temuan-temuan kelemahan pengendalian dari hasil audit APIP.   

Setelah acara sosialisasi, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan yang didampingi oleh salah satu pengendali teknis, mengadakan pertemuan dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong, Fadel Abdullah yang didampingi oleh Asisten Administrasi dan Inspektur Kabupaten Tabalong membicarakan langkah langkah percepatan SPIP dengan mengefektifkan Satgas SPIP dan mematangkan rencana implementasi SIMDA Keungan dan SIMDA BMD sebagi upaya pembenahan terhadap pengelolaan keuangan dan pengelolaan aset yang menjadi penyebab opini TMP atas LKPD Tahun 2012.

 (Humas Kalsel/Taufan.H)



Share      

Berita Terkait:

01 Juli 2014 14:38:30 / kalsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
Penyelenggaraan SPIP Yang Baik Dilaksanakan Oleh Aparatur Yang Baik Pula
17 Pebruari 2014 14:43:31 / kalsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
KOMITMEN DATANGNYA HARUS DARI HATI
07 Januari 2014 08:52:04 / kalsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
Edy Karim: Pentingnya Pemahaman SPIP bagi Penyelenggara Pemerintahan
26 Nopember 2013 09:03:49 / kalsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
Implementasi SPIP akan Meningkatkan Akuntabilitas dan Transparansi Pertanggungjawaban Keuangan Pemda
25 Oktober 2013 15:49:09 / kalsel / dibaca: kali / Kat: SPIP
PROSES PENYUSUNAN LKPD TIDAK LEPAS DARI SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH (SPIP)


PROFIL
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Tugas dan Fungsi
Sejarah
Produk & Layanan
RENSTRA
Wilayah Kerja
DOKUMEN PUBLIK
ATURAN PERILAKU PEGAWAI BPKP
LAPORAN KEUANGAN
PENYERAPAN ANGGARAN
BULETIN/MAJALAH
BANUA BAPADAH EDISI 1
BANUA BAPADAH EDISI 2
KINERJA KANTOR PERWAKILAN
INFORMASI KINERJA
LAKIP
PROGRAM DAN KEGIATAN
Program dan Kegiatan
Jadwal Kegiatan dan Anggaran
Target Program dan Kegiatan
 
 
KONTAK KAMI
Perwakilan BPKP Prov. Kalimantan Selatan

Alamat :
Jl. Jend. A. Yani Km. 32,5
Banjarbaru - 70711
Telp: (0511) 4781116
Fax. : (0511) 4774501

E-mail :

kalsel@bpkp.go.id

humas.kalsel@bpkp.go.id

----------------------------------------------------

Lomba Kehumasan dan Website 2013

Juara II Keaktifan Pengiriman Daily News 

--------------------------------------------------

 

--------------------------------------------------

Klik di sini untuk mengunduh RUP 2014

  Sejarah


 Galeri Foto


    

  Peta Wilayah