Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat

Diklat Pembentukan Auditor Terampil Bagi Aparat Pengawasan Internal Pemerintah
13 Juni 2012 12:46:05 / kalbar / dibaca: 1547 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Reformasi keuangan Negara dalam rangka peningkatan transparasi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan Negara telah membawa pemberlakuan peraturan perundang-undangan baru di bidang pengelolaan keuangan Negara, yaitu UU Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, UU Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, dan UU Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Tanggung Jawab dan Pengelolaan Keuangan Negara. Implikasi dari pemberlakuan UU di bidang keuangan tersebut adalah setiap Kepala Daerah berkewajiban untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD berupa Laporan keuangan yang setidak-tidaknya terdiri dari Laporan Realisasi APBD, Neraca, laporan Arus Kas, dan Catatan atas Laporan Keuangan  (CaLK).

Oleh karena itu, menjadi konsekuensi logis bagi setiap Pemerintah Daerah, menyiapkan tenaga handal baik di bidang pengawasan maupun pengelolaan keuangan daerah, untuk melaksanakan amanat peraturan perundang-undangan dimaksud. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat, Bapak Panijo, Ak., M.M. dalam memberikan sambutan dan arahan pada acara Pembukaan Diklat Sertifikasi JFA Tingkat Pembentukan Auditor Terampil, hari ini Senin 13 Juni 2012 di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat.

Sekaitan dengan hal tersebut, bekerja sama dengan Pusdiklat Pengawasan BPKP, Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat  menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Sertifikasi Auditor untuk mendukung terciptanya tenaga-tenaga auditor yang handal dan kompeten di bidang pengawasan keuangan daerah/Negara.

Diklat direncanakan dilaksanakan mulai tanggal 13 Juni 2012 sampai dengan 29 Juni 2012 atau selama 15 hari kerja bertempat di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat. Diklat yang diikuti oleh 18 peserta yang berasal dari pegawai inspektorat di 7 kabupaten/kota se-Kalimantan Barat dilaksanakan selama 145 jam latihan. Materi  yang diberikan terdiri dari Kode Etik dan Standar  Audit, Dasar-dasar Auditing, Pengantar Sistem Pengendalian Manajemen, Sistem Administrasi Keuangan Daerah I, Pedoman Pelaksanaan Anggaran I, Akuntabilitas Instansi Pemerintah, Teknik Komunikasi Audit, dan Penjelasan JFA dan Pola Diklat Auditor.

Tujuan dan sasaran diklat yang diharapkan adalah untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap dalam melaksanakan tugas di bidang pengawasan sehingga perserta diklat mampu untuk melaksanakan tugas audit sesuai perannya.  

 Terakhir, sebelum Kepala Perwakilan membuka secara resmi Diklat Sertifikasi JFA Pembentukan Auditor Terampil, Kepala Perwakilan berpesan kepada para peserta diklat untuk terus meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya, sehingga tidak berhenti di auditor terampil tetapi harus meningkat sampai ke jenjang ahli. Peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan keahlian tersebut sangat diperlukan bagi upaya untuk mewujudkan kualitas akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah yang lebih baik, sehingga akan mendukung tercapainya opini Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Semoga.



Share      

Berita Terkait:

24 Juni 2013 12:00:18 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pembukaan Diklat Pengelolaan Keuangan Daerah di Lingkungan Pemerintah Daerah se Kalimantan Barat
11 Pebruari 2013 12:14:14 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pembukaan Diklat Prosedur Pengadaan Barang/Jasa
25 Juni 2012 11:21:29 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Penutupan dan Serah Terima Mahasiswa D. III STAN Kerja Sama Pemkab.Ketapang, STAN dan BPKP Kalbar
12 Juni 2012 18:00:50 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat Pembentukan Auditor Ahli Bagi Pegawai di Inspektorat se-Kalimantan Barat
29 Juli 2011 04:40:58 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
SOSIALISASI IFRS DAN SAK ETAP DI PERWAKILAN BPKP PROV.KALIMANTAN BARAT


KONTAK KAMI

 Alamat Kantor
Jalan Ahmad Yani, Pontianak 78124
Telepon (0561)712427, Faksimile (0561)712428
kalbar@bpkp.go.id