Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat

Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat
30 Maret 2012 17:13:22 / kalbar / dibaca: 1564 kali / Kat: MOU, Kerjasama

Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat telah dilaksanakan tanggal 30 Maret 2012tepatnya pada pukul 09.30 WIB bertempat di Balai Petitih Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Barat dari Bpk. Bambang Wahyudi B, kepada Bpk. Panijo yang disaksikan oleh Sekretaris Utama BPKP Bpk. Suwartomo dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Barat Bpk. Christiandi Sanjaya. Hadir pula pada acara tersebut pimpinan dari jajaran TNI dan Polri, Pimpinan Pemerintah Daerah dan Kepala SKPD, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat,  serta Pimpinan Instansi Vertikal dan wakil-wakil dari BUMN/BUMD.    

Pada sesi setelah serah terima jabatan, dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dengan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat  terkait dengan penanganan kasus penyimpangan pengelolaan keuangan daerah yang berindikasi tindak pidana korupsi khususnya kendala teknis pada pekerjaan konstruksi.

Pada acara tersebut, Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat menegaskan kembali fungsi penting BPKP Provinsi Kalimantan Barat dalam membantu instansi penyidik yaitu Kejaksaan dan Kepolisian dalam menghitung besarnya kerugian negara. Pada banyak kasus/perkara yang belum dapat dituntaskan, faktor utama kelambatan proses adalah belum dapat ditentukannya besarnya jumlah kerugian negara. Oleh karena itu peran BPKP dan Dinas PU Provinsi dalam hal audit teknis dan perhitungan kerugian negara sangat diperlukan.

Sementara itu dalam sambutannya, Sekretaris Utama BPKP menekankan dukungan dan apresiasi atas ditandatanganinya Nota Kesepahaman antara Gubernur Provinsi Kalimantan Barat dengan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat. BPKP juga mengapresiasi komitmen yang tinggi Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean governance). Untuk itu BPKP siap mendukung komitmen jajaran Pemerintah  Daerah Kalimantan Barat melalui pengawalan tidak saja pada saat pelaksanaan kegiatan, namun sinergitas dapat dimulai sejak saat perencanaan. Sekretaris Utama BPKP juga menekankan pentingnya bagi Kepala Perwakilan BPKP dan jajarannya untuk lebih terintegrasi dalam pelaksanaan tugas dan selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah maupun unit organisasi vertikal pusat yang ada di daerah, sehingga dapat menyelesaikan setiap penugasan dari para stakeholder maupun shareholder dengan cepat serta dengan kualitas proses dan output yang lebih baik.

Serah terima ditutup dengan arahan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Barat tentang tujuan mulia dalam pemerintahan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat melalui pemerintahan yang bersih, transparan, dan akuntabel. Tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih tidak saja menjadi keharusan Pemerintah Daerah, tetapi semua instansi harus bersinergi untuk mewujudkannya. Wakil Gubernur juga menjelaskan peran strategis BPKP dalam mengawal kualitas akuntabilitas pengelolaan keuangan utamanya dalam rangka meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK-RI.



Share      

Berita Terkait:

27 Maret 2014 09:40:07 / kalbar / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Koordinasi Pengawasan Triwulan I Tahun 2014
26 Pebruari 2014 15:33:07 / kalbar / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Koordinasi Membangun Sinergitas BPKP Provinsi Kalbar dengan Polda Kalimantan Barat
30 Januari 2014 08:57:36 / kalbar / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Koordinasi Kaper BPKP Provinsi Kalbar dengan Kajati Kalimantan Barat meningkatkan Sinergi
23 Oktober 2013 08:18:35 / kalbar / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Koordinasi Pengawasan Seleksi CPNS Kalbar
20 Pebruari 2013 09:58:23 / kalbar / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Penandatangan MoU antara BPKP dengan PTPN XIII


KONTAK KAMI

 Alamat Kantor
Jalan Ahmad Yani, Pontianak 78124
Telepon (0561)712427, Faksimile (0561)712428
kalbar@bpkp.go.id