Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat

Doa Bersama Menyambut Tatanan New Normal
30 Juni 2020 16:13:20 / kalbar / dibaca: 88 kali / Kat: Sosialisasi/Workshop

Pontianak (29/6)—Setelah vakum selama empat bulan, BPKP Kalbar kembali menyelenggarakan doa bersama. Sebuah acara kebersamaan yang tidak sekadar doa. Kaper BPKP Kalbar mendorong kembali semangat para pegawai yang sebelumnya bekerja di rumah atau WFH dan selanjutnya berkantor seperti biasa (WFO). Kesempatan itu juga digunakan untuk menyampaikan paparan Surat Edaran Bapak Kepala BPKP Nomor Nomor 10 tahun 2020 tentang Sistem Kerja Pegawai dalam Adaptasi Tatanan Baru.

Setelah empat bulan vakum, dimana selama itu sebagian besar pegawai bekerja di rumah atau Work from Home (WFH), maka jelang era New Normal, para pegawai BPKP Kalbar kembali ke kantor atau Work from Office (WFO). Starting point-nya adalah doa bersama yang kembali dilaksanakan pada Senin pagi (29/6) di Aula Lantai III, Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat, Pontianak.

Dengan mengenakan masker, Kaper BPKP Kalbar Dikdik Sadikin pagi itu membangunkan kembali semangat para pegawainya. “Empat bulan Work From Home (WFH), meski tetap berkinerja, tetapi tinggal di rumah selama itu tentu akan menimbulkan kebosanan. Karena itu, marilah kita hidupkan kembali suasana kantor kita dengan Work From Office (WFO), dengan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19,” ujar Dikdik memecah keheningan pagi itu. Seperti diketahui, terkait pandemi Covid-19, Kalimantan Barat sudah dalam posisi zona hijau.

Dengan semangat yang diperbaharui, Kaper BPKP mendorong agar pegawai dapat senantiasa meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya, sehingga dibutuhkan oleh organisasi. Kebutuhan organisasi ini menjadikan para pegawai dapat dikategorikan ke dalam penggolongan analogi “wajib”, “sunnah”, “mubah” dan “makruh”.

“Pegawai wajib itu kategori pegawai yang sangat dibutuhkan. Dia wajib ada. Kalau dia tidak ada, kegiatan bisa tidak jalan. Adapun pegawai sunnah, bagus kalau dia ada. Tapi kalau tidak ada juga tidak pengaruh apa-apa. Ada juga pegawai mubah. Ada atau tidak ada dia, tidak pengaruhnya. Jangan sampai kita menjadi pegawai makruh. Yang akan lebih baik apabila dia ditinggalkan,” ujar Kaper memberikan analogi, disambut senyum para pegawai.

Untuk itu, Kaper Dikdik Sadikin mengajak semua pengawai untuk menjadi pegawai “wajib”. Pegawai yang benar-benar diperlukan organisasi. Sehingga organisasinya sendiri menjadi organisasi yang “wajib”. Yang kehadirannya dinanti, karena bermanfaat. Hal ini sesuai dengan tagline HUT ke-37 BPKP: “Hadir dan Bermanfaat!” 

Untuk menjadi pegawai kategori “wajib”, Kaper menghimbau adanya sikap pro aktif dan inovatif para pegawai. “Ada jargon ‘your wish is my command’. Keinginan Anda adalah perintah. Maka seorang pegawai yang baik sudah harus tahu apa yang menjadi keinginan pimpinan dalam koridor kepentingan organisasi, tanpa harus melulu disuruh. Sedangkan pegawai yang standar itu disuruh dulu baru bekerja. Ada pun pegawai yang kurang baik, jangankan inovasi, sampai sudah disuruh sekalipun tidak juga jalan. Karena itu, marilah kita menjadi pegawai dalam kategori ‘wajib’, dan pegawai yang dapat mengerti arah pimpinan dalam meningkatkan kinerja kantor," ajak Kaper BPKP Kalbar.

Dalam kesempatan tatap muka itu, Kabag Tata Usaha Yudhi Ardiansyah menyampaikan aturan baru mengenai kepegawaian terkait Work From Home (WFH) dan Work From Office (WFO) termasuk peraturan mengenai cuti pegawai yang tercantum dalam Surat Edaran Bapak Kepala BPKP Nomor Nomor 10 tahun 2020 tentang Sistem Kerja Pegawai dalam Adaptasi Tatanan Baru.

Kegiatan pagi itu ditutup dan disemarakkan dengan kuis yang disambut antusias para pegawai. Semoga saja kegiatan Doa Bersama pagi itu menjadi permulaan yang baik. Yang dapat meningkatkan semangat dan keceriaan kembali kantor yang selama empat bulan belakangan terasa sepi.

Humas BPKP Kalbar/Fajar Winarso



Share      

Berita Terkait:

03 Juli 2020 11:14:33 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Sampaikan Pengawasan dalam Bahasa Inggris, Kaper BPKP Kalbar : ASN Indonesia harus World Class
29 Maret 2020 18:45:07 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Menulis, Mendukung Pengembangan Karir
20 Maret 2020 11:13:52 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Cegah Pandemi Covid-19, Kaper BPKP Kalbar Himbau Terapkan Social Distancing Measure dan WFH
02 Pebruari 2020 13:31:24 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Diseminasi Desain Pengadaan CPNS 2019 Provinsi Kalimantan Barat
16 Oktober 2019 06:53:47 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
KAPER: “SUDAH MENJADI KEWAJIBAN APIP UNTUK TERUS MENINGKATKAN KOMPETENSI”


KONTAK KAMI

 Alamat Kantor
Jalan Ahmad Yani, Pontianak 78124
Telepon (0561)712427, Faksimile (0561)712428
kalbar@bpkp.go.id