Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat

Direktur PTPN XIII Ikhlas Terima Hasil Assessment BPKP
30 Juni 2020 12:28:27 / kalbar / dibaca: 85 kali / Kat: GCG

Pontianak (26/6)—Kaper BPKP Kalbar sampaikan hasilassesment atas penerapan Good Corporate Governance (GCG ) PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XIII Tahun 2019 dengan simpulan predikat “Cukup Baik”. Direktur PTPN XIII nyatakan ikhlas menerima hasil aseessment itu.  

Sekali dipercaya, Pandemi COVID-19 ternyata tidak menjadi halangan bagi Tim BPKP Kalbar selesaikan assessement GCG PTPN XIII. Dalam exitmeeting yang berlangsung Jumat 26 Juni lalu di Aula Kantor PTPN XIII, Kaper BPKP Kalimantan Barat paparkan hasilnya.

Di hadapan Direktur Alexander Maha dan jajaran Senior Executive Vice President (SEVP), yaitu Sosiawan dan Tuhu Bangun, selain juga tersambung secara daring dengan Komisaris Utama, Komisaris, dan Direktur Holding, Kaper BPKP Kalbar Dikdik Sadikin menyampaikan hasil assessment atas penerapan GCG PTPN XIII Tahun 2019 denganpredikat “Cukup Baik”, denganskor akhir sebesar 76,97.

Akan halnya skor 76,97 tersebut, karena di atas ambang 75, sebenarnya termasuk dalam kategori “Baik”. Hanya saja, GCG perusahaan plat merah itu tersandung salah satu aspek, yaitu “Aspek Pengungkapan Informasi dan Transparansi”yang masih dibawah 60. Maka, apa boleh buat,sesuai SK Menteri BUMN Nomor 16 Tahun 2012, predikat yang dapat diberikan masih belum bisa naik kelas, tetap di predikat“Cukup Baik”.

Toh, Direktur (sebelum restrukturisasi Mei 2020 lalu disebut Direktur Utama), menyatakan “ikhlas”. Hasil penilaian GCG oleh Tim BPKP yang dalam prosesnya didampingi oleh Tim Counterpart dari PTPN XIII itu, dapat diterima dengan lapang dada. “Kami ikhlas dengan skor penilaian itu,” ujar Alexander Maha. “Hasil penilaian GCG oleh BPKP ini justru menjadi cambuk bagi kami untuk bekerja lebih keras lagi membenahi perusahaan.” Meskipun hasil penilaian belum seperti diharapkan, namun apabila dibandingkan dengan skor tahun lalu, GCG PTPN XIII kali ini sebenarnya lumayan naik. Dari 75,86 menjadi 76,97.

Apresiasidisampaikan Dikdik Sadikin atasbeberapa beberapa indikator yang meningkat dan yang dapat terus dipertahankan. Namun, meski sebagian besar indikator terlihat naik, terdapat beberapa indikator yang merosot. Sebut saja dari sisi Dewan Komisaris antara lain belum terdapatnya rencana kerja terkait proses persetujuan RJPP tahun 2019-2023 dalam RKAP Dewan Komisaris Tahun 2019. Selain itu, administrasi Sekretaris Dewan Komisaris pun masih belum tertib, antara lain pelaksanaan dokumentasi hasil rapat yang masih belum memadai.

Sedangkan dari sisi Direksi, antara lain, struktur organisasi yang belum dilengkapi penetapan deskripsi dan spesifikasi jabatan serta uraian tugas untuk semua tingkat jabatan. Belum lagi dengan masih terdapatnya proses bisnis inti perusahaan yang belum dilengkapi SOP sebagai panduan. Selain itu, terdapat juga kebijakan manajemen risiko yang belum dimutakhirkan sejak pertama kali disusun tahun 2008. Juga, penerapan teknologi informasi yang belum sepenuhnya sesuai masterplan, dan sebagainya.

Kaper BPKP Kalbar,yang saat itu didampingi Korwas Bidang Akuntan Negara Anto Hendrarto, Ketua Tim Penilaian Penerapan GCG BPKP Kalbar Prima serta anggota tim lainnya, mengatakan bahwa semua hal yang ditemukan di lapangan telah dibuktikan secara optimal, dicek ulang oleh Tim Counterpart pihak perusahaan dan hasilnya telah disepakati kedua pihak. Namun, dikatakan Dikdik, “Hasil penilaian GCG itu bukan dalam rangka menghakimi. Justru kami ingin agar kita melihat realitas yang ada sebagai room of improvement (area yang harus dibenahi). Sehingga, menjadi jelas sasaran yang akan dibenahi, kemudian kita bereskan, dan ke depannya akan menjadi lebih baik. Meski sekarang kita harus berpahit-pahit dahulu, tapi kami yakin bahwa hal ini akan menjadi berkah dan menjadi pendorong guna perbaikan ke depan,” ungkap Dikdik di hadapan peserta Exit Meeting pagi itu.

Direktur PTPN XII Alexander Maha mengucapkan terima kasih atas hasil kerja tim BPKP Kalbar dalam rangka assesmen penerapan GCG PTPN XIII. Dikatakan bahwa dirinya dan jajaran pimpinan PTPN XIII ikhlas menerima hasil assessment tersebut. Disampaikan juga beberapa upaya yang telah dilakukan dan dengan berbagai kesulitan pemecahan permasalahannya. “Namun demikian, hal tersebut pantang menjadikan PTPN XIII berputus asa dalam menyelesaikan masalah yang ada,” tegas Alex Maha.

Melalui vidcon, Komut Jul Effendi juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas assessment tersebut. Menurutnya, untuk beberapa dokumen yang masih belum ditemukan akan dicari dan dibenahi pendokumentasiannya dengan pengarsipan yang lebih baik. Adapun Direktur Holding yang menjadi wakil pemegang saham, Mahmudi, yang juga mengikuti secara daring, menyatakan kelegaannya. “Kami gembira bahwa baik tim BPKP maupun direksi melihat hasil assesment ini sebagai sebuah konteks perbaikan atau koreksi, sebagai entry point pembenahan. Bukan sekadar saling menyalahkan. Tetapi merespon secara sehat hal tersebut dengan positif, dalam rangka memperbaiki kondisi,” ujar Mahmudi. Untuk itu, Mahmudi juga mengapresiasi keikhlasan Direktur yang juga siap untuk memperbaiki kondisi yang dialami PTPN XIII yang harus diselesaikan dan dibenahi.

Menindaklanjuti pembenahan hasil assessment GCG ke depan, Direktur Alexander Maha mengharapkan BPKP Kalbar dapat senantiasa membantu dan mengawal PTPN XIII. Bak gayung bersambut, Kaper Dikdik Sadikin menyatakan kesiapannya. “Selama komitmen dan integritas dipegang teguh jajaran pimpinan perusahaan, BPKP Kalbar siap memberikan konsultasi dan bantuan apabila diperlukan untuk mewujudkan tata kelola GCG perusahaan yang lebih baik,” pungkas Dikdik Sadikin siang itu.

Acara exit meeting ditutuP dengan penandatanganan hasil assesment antara Kaper BPKP Kalbar dengan Direktur PTPN XIII, dan pemberian cinderamata dari kedua belah pihak.

 

Humas BPKP Kalbar/Fajar Winarso



Share      

Berita Terkait:

16 Maret 2020 13:28:36 / kalbar / dibaca: kali / Kat: GCG
Direktur Utama PTPN XIII Komit Membenahi, Harapkan Bimbingan BPKP
04 Maret 2020 09:54:01 / kalbar / dibaca: kali / Kat: GCG
BPKP Kalbar Assesment GCG PTPN XIII
02 Oktober 2018 23:47:38 / kalbar / dibaca: kali / Kat: GCG
KOMITMEN BPKP KALBAR TINGKATKAN TATA KELOLA PERUSAHAAN PDAM DAN PENERAPAN BLUD RSUD DI PROV. KALBAR
16 April 2015 20:55:12 / kalbar / dibaca: kali / Kat: GCG
Untuk Peningkatan Tata Kelola, PDAM Se-Kalimantan Barat Ber-MoU dengan BPKP Kalbar


KONTAK KAMI

 Alamat Kantor
Jalan Ahmad Yani, Pontianak 78124
Telepon (0561)712427, Faksimile (0561)712428
kalbar@bpkp.go.id