Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat

BPKP Kalbar Galakkan Tindakan Preventif #LAWANCOVID-19
25 Maret 2020 18:25:06 / kalbar / dibaca: 619 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Pontianak (23/3)-- Mewabahnya Covid-19 mendorong semua pihak untuk bersama mengamankan diri dan lingkungannya. Tidak terkecuali BPKP Kalbar. Inisiatif dilakukan BPKP Kalbar dengan melakukan penyemprotan disinfektan pada setiap ruangan dan halaman kantor BPKP Kalbar. Dengan menyemprot areal seluas 3000m persegi area pada bangunan yang berdiri sebanyak 3 tingkat di Jalan Ahmad Yani Pontianak itu, diharapkan seluruh pegawai BPKP Kalbar dapat tercegah dari gempuran virus yang masih satu keluarga dengan MERS tersebut.

Kepala BPKP Kalbar Dikdik Sadikin mengatakan bahwa upaya ini merupakan hal yang harus dilakukan mengingat virus Covid- 19 ini telah mewabah dan Pontianak menjadi tempat yang dianggap menjadi salah satu wilayah suspek. Walaupun Pontianak belum berada pada zona merah, pencegahan harus dilakukan agar tidak jatuh korban.

Walaupun Pontianak belum berada pada zona merah, Kalimantan Barat tidak berarti aman. Dalam catatan Dinas Kesehatan Kalimantan Barat, pasien positif Covid-19 di Kalbar teridentifikasi 3 orang. Yang berstatus Pasien Dalam Pemantauan  (PDP) sebanyak 38 orang, dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 1829 orang. Ditambah, ada satu pasien PDP didapati meninggal dunia dengan status masih menunggu hasil laboratorium terkait positif Covid-19 atau tidak.

Mengacu pada hal tersebut, Kaper BPKP Kalbar Dikdik Sadikin menugaskan Kepala Bagian Tata Usaha BPKP Kalbar Yudhi Adriansyah Saharudin mengerahkan jajarannya untuk melakukan tindakan preventif #LAWANCOVID-19, dengan penyemprotan desinfektan sehari penuh pada kantornya, Senin 23 Maret 2020 lalu.

"Pada saat itu, sebagian besar pegawai dalam tahap work from home (wfh). Kesempatan itu dimanfaatkan untuk menyemprotkan desinfektan di tempat-tempat yang berpotensi menjadi wahana penyebaran virus corona, seperti di gagang pintu, pegangan tangga dan sebagainya," ujar Dikdik Sadikin ketika disambangi setelah penyemprotan desinfektan pertama selesai di ruang kerjanya.

"Untuk penyemprotan ini, kita tidak menyewa pihak luar, tapi dilakukan secara mandiri.  Formulanya kita dapatkan dari Dinas Kesehatan, yaitu dengan mencampurkan  obat desinfektan bernama Rubysta yang ampuh membunuh virus dengan air. Sehingga diperoleh penghematan. Manfaatnya sama dengan apabila gunakan pihak luar, tapi hasilnya lebih efektif dan biayanya lebih efisien," tambah Dikdik kembali. Penyemprotan desinfektan tersebut direncanakan akan rutin dilakukan selama satu kali dalam seminggu.

Kaper BPKP Kalbar mengharapkan upaya ini dapat efektif mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Namun, pihaknya tetap mengharapkan dan memonitor kedisiplinan pengawai untuk mematuhi prosedur pencegahan yang telah ditetapkan di BPKP Kalbar yaitu sering mencuci tangan, senantiasa menggunakan masker, dan kerap membasuh tangan dengan handsanitizer.

"Selain penyemprotan desinfektan, kita juga  menyediakan masker dan handsanitizer di setiap bidang, serta memberikan vitamin c untuk seluruh pegawai yang berguna untuk meningkatkan sistem imun kita agar tubuh kita semakin sehat dan terjaga dari gempuran virus corona itu," pungkas Dikdik Sadikin.

Semoga upaya itu dapat menjaga keamanan para pegawai BPKP Kalbar dari wabah covid-19 untuk selalu sehat dan berkinerja.

 

Humas BPKP Kalbar/ Fajar Winarso



Share      

Berita Terkait:

17 Maret 2020 10:38:16 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Pengambilan Sumpah Menjadi PNS: Awal Memasuki Gerbang Pengabdian Kepada Negara
08 Maret 2020 21:52:38 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Anggota VI BPK Harapkan Pengolaan Keuangan Tidak Hanya Fokus kepada Opini
13 Pebruari 2020 09:29:39 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Sertijab Kepala Perwakilan BPKP Kalimantan Barat
02 Pebruari 2020 15:08:33 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Hari Pertama Pelaksanaan SKD CPNS 2019 Provinsi Kalimantan Barat
28 Januari 2020 17:03:44 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Kepala Perwakilan BPKP Kalbar Hadiri Upacara Ulang Tahun ke-63 Pemprov Kalbar


KONTAK KAMI

 Alamat Kantor
Jalan Ahmad Yani, Pontianak 78124
Telepon (0561)712427, Faksimile (0561)712428
kalbar@bpkp.go.id