Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat

RAKORWASDA TAHUN 2019 DI INSPEKTORAT PROVINSI KALIMANTAN BARAT
07 Nopember 2019 08:15:26 / kalbar / dibaca: 76 kali / Kat: Reformasi Birokrasi

Rabu, 6 November 2019, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat, Raden Suhartono menjadi narasumber dalam kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Inspektorat Provinsi Kalimantan Barat di Aula Kantor Inspektorat Provinsi Kalimantan Barat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji sekaligus membuka kegiatan. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, A.L Leysandri, Inspektur Pembantu I Inspektorat Kemendagri, Bachtiar Sinaga; Inspektur Pengawasan Daerah Polda Kalimantan Barat, Kombes Pol Andi Musa; Kepala Sub Auditorat Kalimantan Barat 1 BPK Provinsi Kalimantan Barat, Lukman Rudianto Lumbantobing; Inspektur Provinsi Kalimantan Barat, Marlyna; Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat; Inspektur Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat dan Kapolres se-Kalimantan Barat

Kepala Perwakilan menyampaikan terkait dengan kebijakan pengawasan BPKP berdasarkan Peraturan Pemerintah No 60 Tahun 2008 dan Peraturan Presiden No 192 tahun 2014. Kepala Perwakilan menjelaskan bahwa BPKP diberikan mandat untuk melakukan pengawasan atas program/kegiatan lintas sektoral, yaitu program/kegiatan yang melibatkan lebih dari satu Kementerian/Lembaga selain itu BPKP diberikan mandat pengawasan atas fungsi Bendahara Umum Negara, contoh pengawasan yang telah dilakukan BPKP adalah monitoring atas alokasi Dana Alokasi Khusus (DAK). Kepala Perwakilan menambahkan BPKP juga diberikan mandat untuk melakukan pengawasan atas permintaan presiden, salah satu kegiatannya pengawasan atas proyek-proyek strategis atau program prioritas nasional.

Selain itu BPKP juga diberikan mandat dalam melakukan reviu atas laporan keuangan Pemerintah Pusat, pembinaan atas tingkat kematangan SPIP, Pembinaan kapabilitas APIP serta pengawasan atas hambatan kelancaran pembangunan dan keinvestigasian. Kepala Perwakilan menjelaskan bahwa dalam menjalankan mandat yang diberikan tersebut, fokus pengawasan BPKP terbagi menjadi 4 (empat) bagian yaitu Pengawalan akuntabilitas program pembangunan nasional, diantaranya melalui kegiatan pengawasan percepatan pelaksanaan PSN, pengawasan penyerapan anggaran dan pengawasan isu strategis nasional. Fokus pengawasan yang kedua adalah peningkatan ruang fiskal, diantaranya melalui kegiatan optimalisasi penerimaan asli daerah serta audit klaim dan eskalasi harga. Kepala Perwakilan menambahkan fokus pengawasan yang ketiga adalah pengamanan aset negara/daerah melalui kegiatan audit investigasi dan audit perhitungan kerugian negara dan fokus pengawasan yang keempat adalah peningkatan governance system yang arahnya adalah akuntabilitas pelaporan keuangan dan kinerja pada pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dapat meningkat. Diakhir paparannya, Kepala Perwakilan berpesan untuk memperkuat sistem pengendalian intern membangun manajemen risiko dan memperkuat peran APIP yang efektif. Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kalimantan Barat juga menyematkan pin saber pungli ke Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat.



Share      

Berita Terkait:

27 Pebruari 2019 16:33:08 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
KEPALA PERWAKILAN SAMPAIKAN LAPORAN HASIL PENGAWASAN BPKP KALBAR TAHUN 2018 KEPADA GUBERNUR
28 Januari 2019 16:49:46 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
PENGAMBILAN SUMPAH PNS DAN PENANDATANGANAN PAKTA INTEGRITAS DI LINGKUNGAN BPKP KALBAR
01 Agustus 2017 08:25:45 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
GROUND BREAKING PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG BARU UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK
24 Mei 2017 12:21:38 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
MEMBANGUN KUALITAS SDM DENGAN MENINGKATKAN KNOWLEDGE, SKILL DAN ATTITUDE
20 Mei 2017 12:15:48 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
RANGKAIAN HUT BPKP KE 34, CELEBRATION DAY


KONTAK KAMI

 Alamat Kantor
Jalan Ahmad Yani, Pontianak 78124
Telepon (0561)712427, Faksimile (0561)712428
kalbar@bpkp.go.id