Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat

UPACARA HARI KEBANGKITAN NASIONAL DI BPKP KALBAR
23 Mei 2019 08:45:37 / kalbar / dibaca: 1338 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Senin, 20 Mei 2019, Bertempat di halaman belakang Kantor BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat dilaksanakan upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-111. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat, Raden Suhartono bertindak sebagai pembina upacara.

Upacara Peringatan Kebangkitan Nasional ke-111 kali ini mengusung tema "Bangkit Untuk Bersatu". Bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia. Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat.

Pada saat amanat pembina upacara, Kepala Perwakilan menyampaikan sambutan Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara. Kepala Perwakilan menyampaikan bahwa telah lebih satu abad bangsa Indonesia menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan, serta bentang geografis yang merupakan salah satu yang paling ekstrem di dunia, bangsa Indonesia membuktikan mampu menjaga persatuan. Kepala Perwakilan menambahkan bahwa ketika Presiden Pertama Republik Indonesia, Bung Karno pada saar diminta merumuskan dasar negara Indonesia dalam pidato di hadapan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia, menawarkan Pancasila yang berintikan lima asas. Namun Proklamator Republik Indonesia tersebut juga memberikan pandangan bahwa jika nilai-nilai Pancasila tersebut diperas ke dalam tiga sila, bahkan satu “sila” tunggal, maka yang menjadi intinya inti adalah gotong-royong. Bukan hanya di tanah Jawa, semangat persatuan dan gotong-royong telah mengakar dan menyebar di seluruh Nusantara. Hal ini dibuktikan dengan berbagai ungkapan tentang kearifan mengutamakan persatuan yang terdapat di seluruh suku, adat, dan budaya yang ada di Indonesia. Kepala Perwakilan menyampaikan bahwa sampai kapan pun semangat gotong royong akan senantiasa relevan, bahkan semakin mendesak sebagai sebuah tuntutan zaman yang sarat dengan berbagai perubahan.

Kepala Perwakilan juga menyampaikan bahwa Indonesia dalam kurun waktu 10 hingga 30 tahun mendatang diproyeksikan akan menjadi salah satu dalam sepuluh atau bahkan lima besar perekonomian terbesar didunia bersama negara-negara besar lainnya seperti Tiongkok, Amerika Serikat dan India. Untuk mencapai itu semua kuncinya terletak pada hasrat untuk tetap menjaga momentum dan iklim yang tenang untuk bekerja serta menjaga agar suasana selalu kondusif penuh harmoni dan persatuan. 



Share      

Berita Terkait:

27 Mei 2020 13:49:15 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Halal Bihalal Virtual BPKP se-Nusantara
23 Mei 2020 12:07:02 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP Kalbar Peduli Berbagi Sembako Kepada Masyarakat Terdampak COVID-19
22 Mei 2020 22:23:34 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Gelora Bangkit dalam Optimisme Jaman New Normal
22 Mei 2020 22:18:58 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BAI BPKP Kalbar Sampaikan Santunan dan Infaq kepada Yayasan Yatim Piatu dan Masjid
17 Mei 2020 08:05:02 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Tebar Kebaikan Di Tengah Pandemi


KONTAK KAMI

 Alamat Kantor
Jalan Ahmad Yani, Pontianak 78124
Telepon (0561)712427, Faksimile (0561)712428
kalbar@bpkp.go.id