Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat

KEPALA PERWAKILAN BUKA PELATIHAN PENGELOLA KEUANGAN DESA BERBASIS SISKEUDES VERSI 2.0 DI KETAPANG
13 Maret 2019 16:48:50 / kalbar / dibaca: 66 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Rabu, 13 Maret 2019, bertempat di Ballroom Hotel Borneo Emerald diselenggarakan pelatihan pengelola keuangan desa berbasis aplikasi Siskeudes Versi 2.0 bagi aparatur pemerintah desa kabupaten Ketapang tahun 2019. Kegiatan dapat terselenggara hasil kerjasama antara Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Ketapang.

Acara tersebut dihadiri oleh 253 desa di lingkup Kabupaten Ketapang yang dihadiri oleh Kepala Urusan Keuangan Desa serta beberapa Kepala Desa dan Sekretaris Desa. Selain itu hadir pula Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Ketapang, Heryandi, Perwakilan dari Inspektorat Kabupaten Ketapang, Perwakilan dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Ketapang serta perwakilan dari kecamatan di lingkup Kabupaten Ketapang.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat, Raden Suhartono membuka kegiatan tersebut. Dalam sambutannya Kepala Perwakilan menyampaikan bahwa pengawalan yang dilakukan oleh BPKP terhadap akuntabilitas keuangan desa sudah berlangsung sejak lama, dimulai dari arahan Presiden RI, Joko Widodo dalam kegiatan rapat koordinasi pengawasan nasional pada tanggal 13 Mei 2015 kemudian dilanjutkan dengan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi XI DPR RI hingga rekomendasi dari hasil kajian KPK terhadap pengelolaan keuangan desa. Untuk merespon segala keinginan stakeholders tersebut, BPKP mengembangkan sebuah aplikasi yang bertujuan untuk memudahkan pengelola keuangan desa dalam tata kelola keuangan desa dengan nama aplikasi Siskeudes yang sekarang telah tersaji aplikasi Siskeudes versi 2.0 sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018.

Selain pengembangan aplikasi siskeudes tersebut, peran BPKP dalam mengawal akuntabilitas pengelolaan keuangan desa dalam bentuk peningkatan kompetensi SDM Pemerintah Daerah dan Desa serta memberikan masukan kepada regulator terhadap aturan pengelolaan keuangan desa. Kepala Perwakilan menyampaikan bahwa tata kelola keuangan desa yang akuntabel sangatlah mutlak diperlukan karena setiap tahun anggaran untuk desa meningkat, untuk wilayah kabupaten Ketapang meningkat dari sekitar Rp 68 Milyar dari tahun 2015 meningkat menjadi sekitar Rp 255 Milyar di tahun 2019 ini, besarnya anggaran dana desa tersebut tentu menjadi risiko tersendiri jika tidak dikelola secara tertib administrasi dan akuntabel. Oleh karena itu Kepala Perwakilan berpandangan sangat penting kegiatan pelatihan pengelolaan keuangan desa yang sedang dilakukan saat ini dan berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi pengelola keuangan desa agar dapat mengelola keuangan desa dengan tertib, efisien, efektif dan akuntabel.



Share      

Berita Terkait:

19 Maret 2018 20:39:02 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
PEMKOT SINGKAWANG TERUS GANDENG BPKP KAWAL AKUNTABILITAS KEUANGAN DI KOTA SINGKAWANG
16 Maret 2018 15:04:35 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
PENINJAUAN LAPANGAN KE LOKASI PEMBANGUNAN PELABUHAN INTERNASIONAL KIJING
20 Pebruari 2018 16:53:14 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
KPK LAKUKAN KOORDINASI PENGUATAN KAPABILITAS APIP DENGAN BPKP
05 Pebruari 2018 05:09:09 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
SILAHTURAHMI PERWAKILAN DARI KPK KE BPKP KALBAR
05 Pebruari 2018 04:52:25 / kalbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Koordinasi Vice President Divisi Manajemen Risiko PT. Pelindo II ke Kantor BPKP Kalbar


KONTAK KAMI

 Alamat Kantor
Jalan Ahmad Yani, Pontianak 78124
Telepon (0561)712427, Faksimile (0561)712428
kalbar@bpkp.go.id